15 Novel Persahabatan Terbaik Wajib Baca untuk Membuat Hidupmu Semakin Bermakna

Apa agendamu akhir pekan ini? Menonton Netflix bersama keluarga? Bersih-bersih dan mendesain ulang dekorasi rumah? Atau sekadar rebahan? Bagaimana jika membaca buku? Butuh inspirasi buku yang bagus? Berikut ini 15 novel persahabatan yang akan membuatmu semakin menghargai teman-teman baik yang kamu miliki.

I’ll Push You | Patrick Gray

Foto: www.amazon.com

Ini adalah novel wajib yang mesti dibaca oleh kamu yang menjunjung tinggi arti persahabatan. Ceritanya tentang Justin Skeesuck, seorang pengguna kursi roda yang memiliki penyakit saraf otot, dan Patrick Gray yang berjalan kaki dan menulusuri trek Camino de Santiago selama 34 hari.

Buku ini menggambarkan definisi teman sejati: Ketika senang, mereka ikut merayakan; ketika sulit, mereka tetap memberikan dukungan. 

Sula | Toni Morrison 

Foto: www.amazon.com

Setelah mengalami sebuah kejadian masa kecil yang tidak menyenangkan, dua teman baik—Nel dan Sula—mengambil jalan yang berbeda. Nel menjadi ibu rumah tangga dan ibu, sementara Sula menjadi nomad berjiwa bebas. Ketika Sula pulang kampung, kedua perempuan ini kembali diingatkan atas masa kecil mereka. 

Ohya, sebagai informasi, ketika karya kedua Morrison ini diterbitkan, novel ini mendobrak topik tabu. Yakni, bahwa perempuan juga bisa saling menghancurkan. 

Swing Time | Zadie Smith

Foto: www.amazon.com

Dua orang berteman dan dua-duanya bermimpi menjadi penari. Satu orang harus bekerja keras, sementara yang satunyalah yang benar-benar memiliki bakat. 

Swing Time menceritakan tentang hubungan pertemanan masa kecil yang rumit yang berakhir setelah mereka dewasa. Meski begitu, kedua orang ini tidak pernah saling melupakan, sehingga ketika bertemu lagi semua perasaan lama muncul ke permukaan. 

The Kite Runner | Khaled Hosseini

Foto: www.amazon.com

The Kite Runner menceritakan pertemanan masa kecil yang tidak pernah pudar, bahkan di masa paling sulit. Berlatar belakang Kabul, Afganistan, novel ini mengisahkan trauma orang dewasa yang sering kali terjadi di masa perang. 

Tips saat membaca buku ini: sediakan tisu yang banyak, karena ceritanya sangat mengharu biru. 

Cat’s Eye | Margaret Atwood

Foto: www.amazon.com

Di dalam novel Atwood yang terbit pada 1988 ini, seorang pelukis bernostalgia tentang teman masa kecil dan remajanya. Plus, tiga perempuan muda yang berteman dan merundunginya. 

Ketika buku ini diterbitkan, Atwood mendapatkan cukup banyak kritikan atas caranya menggambarkan perempuan. Bahwa alih-alih saling mendukung, di novel ini perempuan memperlakukan perempuan lain dengan sangat kejam. 

Pachinko | Min Jin Lee

Foto: www.amazon.com

Cerita berawal ketika seorang perempuan remaja di awal 1900an jatuh pada seorang pria asing dan kaya. Ketika dia hamil dan menolak menjadi simpanannya, perempuan ini memutuskan untuk menikahi seorang pria yang sakit-sakitan yang sedang perjalanan menuju Jepang. Dan keputusannya meninggalkan rumah ini mengubah seluruh keluarganya dari generasi ke generasi.

Cerita novel saga tentang empat generasi keluarga imigran Korea di Jepang ini bikin ketagihan dan membuatmu ingin membacanya sampai habis dalam satu hari. 

In the Time of the Butterflies | Julia Alvarez

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Siapa di sini juga suka dengan novel fiksi sejarah? Berarti kamu wajib membaca buku ini. 

Cerita tentang tiga saudara perempuan yang dibunuh oleh diktator ini adalah berdasarkan kisah nyata. Mirabal bersaudara menentang Rafel Trujillo, pemimpin kejam Republik Dominika selama 31 tahun, dan mengorbankan hidup mereka untuk misi mereka. Novel yang terbit tahun 1994 ini menghidupkan kembali ketiganya lewat memori, surat dan diari yang pernah ditulis. 

A Little Life by Hanya Yanagihara

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Willem, Jude, JB dan Malcolm menjadi teman baik saat kuliah dan setelah lulus, pindah ke New York untuk mengejar karier mereka. Meski mereka hampir selalu bisa meraih apa yang mereka impikan, tetap saja mereka tidak bahagia.

Meski ini bukan sebuah novel persahabatan yang mudah dibaca, tapi akan membuatmu memiliki pengertian baru tentang pertemanan. 

A Thousand Splendid Suns | Khaled Hosseini

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Setelah sukses dengan The Kite Runner, Khaled Hosseini kembali dengan cerita yang tidak kalah menarik dan mengharukan. 

Mariam dan Laila, yang menikah dengan satu pria kejam yang sama di Afganistan, menjadi teman baik dan saling melindungi. Ketika Laila memutuskan untuk melarikan, Mariam setuju ikut. Dan seperti yang bisa diprediksi, perjalanan mereka mencari kebebasan ini menemui banyak kesulitan, tapi keduanya tetap saling setia. 

My Brilliant Friend | Elena Ferrante

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang novel persahabatan ini—dan sekarang adalah saat yang tepat untuk mencari tahu mengapa buku ini menjadi sebuah karya legendaris. 

Berlatang belakang Naples di masa 1950an, buku ini menceritakan tentang hubungan pertemanan antara Elena dan Lila yang rumit dan penuh dengan konflik. Buku ini terdiri dari empat volume yang berlangsung selama 60 tahun kehidupan tokoh-tokohnya. 

Eleanor Oliphant is Completely Fine | Gail Honeyman

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Eleanor adalah seorang social misfit yang hidup sendiri hingga Raymond menjadi karyawan baru di kantornya. Seiring hubungan keduanya semakin akrab, Eleanor mulai berani menghadapi permasalahan pribadi dan trauma yang sudah menghantuinya selama bertahun-tahun. 

Little Women | Louisa May Alcott

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Memang sih, buku ini terkenal sebagai bacaan tentang persaudaraan. Namun, sebenarnya juga tentang persahabatan dari empat saudara yang memiliki karakter yang super berbeda—Jo, Meg, Amy dan Beth. Plus, ada hubungan pertemanan yang rumit antara Jo dengan tetangganya, Laurie, yang sering kali menjadi sumber konflik di dalam persaudaraan tersebut. 

The Amazing Adventures of Kavalier and Clay | Michael Chabon

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Seperti judulnya, buku ini penuh dengan petualangan yang melibatkan golem, mahluk jahat dan pertempuran di Arktik. Namun, sebenarnya ini adalah cerita persahabatan antara Kavalier dan Clay. Dua sepupu ini terlantar di New York pada tahun 1940an dan menciptakan The Escapist, superhero yang berhasil membebaskan dunia dari Hitler. Cocok banget untuk kamu yang suka dengan cerita aksi dan mengharu biru.

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban | J.K. Rowling

novel persahabatan
Foto: www.amazon.com

Well, seluruh buku Harry Potter sebenarnya tentang persahabatan, mulai dari generasi muda sampai yang sudah senior. Namun, volume ketiga ini menjadi spesial karena memperlihatkan persahabatan yang tidak pudar dan saling percaya antara Sirius dan Lupin. 

The Lido | Libby Page

Foto: www.amazon.com

Pertemanan seorang jurnalis muda bernama Kate, dan Rosemary, janda berusia 80an, adalah sesuatu yang sama sekali tidak disengaja. Keduanya semakin dekat ketika sama-sama memperjuangkan sebuah kolam renang publik agar tidak dirobohkan. Novel persahabatan ini menceritakan pertemanan yang bisa terjadi saat yang paling tidak diharapkan. 

Selanjutnya: Ini buku terbaik untuk dibacakan sebagai dongeng sebelum tidur dengan anak.

podcast button