Kayaknya kita pernah melakukan ini: memiliki masalah kulit, lalu berusaha mengatasinya di rumah. Sendiri. Dengan ramu-ramuan turun temurun keluarga. Berhasil? Selamat jika sukses. Namun, bagaimana jika kulitmu semakin mengenaskan? Haruskah langsung buru-buru angkat telepon atau pesan ojek online dan mengadu ke dokter kulit terdekat? Atau harus ke dokter kecantikan? Apa sebenarnya perbedaan dokter kulit dan dokter kecantikan? Berikut penjelasannya.
Pertanyaan ini mungkin tidak serumit 'bagaimana mencegah perang dunia ketiga'—tapi penting. Pilih mana antara tiga pembersih wajah ini: micellar water, cleansing oil dan makeup remover. Paling tidak bagi kita yang selama ini bingung memilih antar tiga produk itu. Salah satu atau pakai saja semuanya? Bagaimana dengan nasib kulit wajah?
Mengetahui latar belakang sainsnya mungkin tidak terlalu menarik dibandingkan mencobanya langsung ke atas kulit. Akan tetapi, dikarenakan sering kali melihat kata "acid" di berbagai produk kulit, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam empat huruf ini. Dan apa sih, sebenarnya manfaat acid!