Wajah Belang Karena Sinar Matahari? Ini 9 Cara Pakai Sunscreen yang Tepat

cara pakai sunscreen
Foto: www.freepik.com

Kebanyakan dari kamu umumnya telah mengetahui bahwa menggunakan tabir surya merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Semua rangkaian perawatan wajah yang telah kita lakukan, rasanya akan menjadi sia-sia jika kulit tidak terlindungi dari paparan sinar matahari. Namun pertanyaannya, bagaimana cara pakai sunscreen yang benar?

Seperti penggunaan skincare lainnya, tabir surya juga memiliki aturan pakainya agar bisa bekerja dengan efektif untuk melindungi kulit. Apalagi jika kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Berikut 9 cara pakai sunscreen yang bisa kamu terapkan.

9 Cara Pakai Sunscreen yang Tepat

Foto: www.canva.com

Perhatikan jenis kulit

Sebelum menggunakan tabir surya, memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit tentunya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka sebaiknya gunakan tabir surya berbasis mineral yang tidak menyebabkan iritasi.

Sementara jika kamu memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat, cobalah untuk mencari produk yang diformulasikan dengan non-komedogenik.

Selalu gunakan SPF 30 atau lebih tinggi

Semakin tinggi SPF yang digunakan, sesungguhnya akan semakin baik. Namun, agar lebih aman maka gunakanlah SPF 30 ke atas agar dapat memberikan perlindungan yang cukup untuk mengurangi atau meminimalkan efek buruk dari sinar matahari.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protector Factor yang terkandung di dalam tabir surya dan berfungsi untuk memberi tahu sebaik apa produk tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Angka yang terkandung dalam SPF juga menjadi penentu seberapa lama kulitmu dapat menyerap sinar matahari dan menangkal sunburn.

Aplikasikan sebanyak dua jari

Mungkin kebanyakan orang hanya mengaplikasikan sedikit sunscreen ke seluruh area wajah. Padahal sesungguhnya tabir surya harus digunakan sebanyak minimal dua jari.

Karena jika kurang dari itu, maka proteksinya tidak akan optimal dan cukup rendah rendah.

Meski di awal pemakaian tekstur sunscreen akan terasa tebal, greasy, dan membuatmu tidak nyaman, namun lama-kelamaan kamu akan terbiasa. Selain itu, kondisi kulit pun akan jauh lebih membaik dan semakin sehat.

Oleskan ke seluruh area yang terbuka

Cara pakai sunscreen selanjutnya adalah harus dioleskan ke seluruh area wajah dan area lain yang berpotensi terkena sinar matahari. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan benar pada seluruh bagian wajah, leher, telinga, dan tangan.

Untuk memastikan tidak adanya area yang terlewat, maka kamu bisa mengaplikasikannya dari tengah wajah yang kemudian mengoleskan ke luar garis rambut. Karena biasanya area ini sering kali terlewat.

Jika kamu merupakan tipe orang yang tidak banyak berkeringat, maka cara pakai sunscreen yang tepat adalah mengaplikasikannya di pagi hari.

Tunggu selama 30 menit

Setelah memakai sunscreen, tentu kamu perlu menunggu selama 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Karena, tabir surya—termasuk chemical sunscreen—membutuhkan waktu sekitar setengah jam agar dapat bekerja dengan efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Aplikasikan secara berkala

Idealnya, tabir surya harus kamu aplikasikan kembali setiap dua jam. Atau jika kamu lebih sering berkeringat atau sedang berenang, maka bisa dioleskan secara lebih sering.

Meski akan merepotkan, namun berapa pun tinggi SPF yang kamu gunakan, namun mengaplikasikan kembali sunscreen merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Gunakan setiap hari

Baik berada di luar atau di dalam ruangan, ternyata kulitmu wajib untuk diberikan perlindungan.

Sebab terkadang beberapa orang merasa tidak perlu menggunakan sunscreen ketika hanya berada di dalam rumah, atau ketika cuaca sedang tidak cerah. Padahal kenyataannya kamu tetap bisa terpapar sinar matahari.

Dengan menggunakan tabir surya setiap hari secara rutin, maka hal ini dapat menurunkan tingkat penuaan dini pada kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak.

Jangan lupakan area bibir

Terkadang, bibir menjadi area yang terlupakan untuk diberikan perlindungan. Untuk itu, kamu bisa menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar mampu melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Lakukan double cleansing

Setelah seharian menggunakan sunscreen, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan double cleansing. Karena sebagian orang sering mengeluhkan kondisi kulitnya yang berjerawat setelah menggunakan tabir surya.

Padahal sebenarnya, mereka hanya lupa membersihkan wajah dengan teknik yang benar.

Penggunaan sabun wajah saja tidak cukup untuk menghapus dan membersihkan tabir surya dari wajah. Sehingga perlu dilakukan double cleansing dengan membersihkan wajah menggunakan cleansing oil. Lalu, dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun.  

Rekomendasi Produk

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++

Sunscreen yang satu ini dapat melindungi wajah dan tubuh dari efek buruk sinar matahari. Berkat kandungan aqua micro capsule, kulit akan terasa sejuk dan lebih lembap.

Kandungan hyaluronic acid dan citrus essence yang ada di dalamnya, membuat tabir surya ini dapat mudah menyerap ke dalam kulit.

Supergoop! 100% Mineral Sunscreen Mist SPF30

Tabir surya yang satu ini dapat digunakan pada wajah sekaligus seluruh bagian tubuh.

Diformulasikan dengan non-aerosol, tahan, air, dan sentuhan akhir yang sempurna, tentu memudahkanmu untuk mendapatkan perlindungan kulit yang sempurna.

Ketika disemprotkan pada kulit, sunscreen ini akan memberikan butiran putih yang kemudian berubah menjadi tipis dan halus. Lalu menyerap dan dapat melindungi kulit selama 80 menit.

Lacoco Daily UV Counter SPF50 PA++

Pelindung kulit ini diformulasikan dengan tekstur yang ringan dan nyaman untuk digunakan. Kabar baiknya, produk ini tidak meninggalkan noda putih pada kulit dan membuat kulit berminyak.

Dilengkapi dengan squalane, sunscreen ini mampu melembapkan kulit dan menjaga kelembutan serta kekenyalannya.

Tak hanya itu, kandungan niacinamide di dalamnya juga mampu mencerahkan wajah secara alami dan membantu mengatasi jerawat.

Bioderma Photoderm MAX Fluide

Produk yang satu ini menawarkan perlindungan UVA dan UVB yang optimal. Pasalnya produk ini memang dibuat khusus untukmu yang tinggal di negara tropis atau pegunungan.

Dengan tekstur yang ringan dan halus, tentu sunscreen ini tidak akan menyisakan noda putih dan meninggalkan bekas minyak pada wajah.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen SPF 50 PA+++

Sedang mencari tabir surya berbasis mineral? Cobalah gunakan Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen SPF 50 PA+++.

Produk ini memiliki formula yang ringan dan mudah untuk diserap, sehingga menghasilkan tampilan akhir yang matte.

Kabar baiknya, produk ini dirancang dengan non-komedogenik, sehingga cocok untuk kulit berminyak, sensitif, dan mudah berjerawat.

Dear Dahlia Skin Paradise Pure Moisture Sun Lotion

Selain digunakan pada wajah, tabir surya yang satu ini juga dapat kamu aplikasikan ke seluruh tubuh baik itu kulit sensitif, kombinasi, kering, normal, atau berminyak.

Sunscreen non-kimiawi ini mampu memberikan perlindungan langsung dari sinar matahari.

Dengan formula penghidrasi ultra-ringan, menjadikan produk ini dapat menyerap dengan cepat dan memberikan hasil akhir yang segar dan tipis.

Mengandung ekstrak bunga dahlia yang terbukti memiliki sifat antioksidan, tentunya kulit akan lebih terlindungi dan mencegah penuaan dini.