7 Skincare Routine Untuk Mendapatkan Kulit Yang Sehat

skincare routine
Foto: www.canva.com

Berapa banyak produk perawatan wajah yang kamu gunakan setiap harinya? Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari skincare routine tersebut, kamu harus memulainya dengan tiga langkah sederhana, yakni membersihkan, merawat, dan melembapkan.

Melakukan perawatan wajah di antara komponen pembersih dan pelembap merupakan hal yang sangat penting. Karena ini dapat membuat perbedaan yang besar dari waktu ke waktu, baik dalam kesehatan, penampilan, atau penuaan kulit.

Oleh karena itu, skincare routine ini harus dilakukan pada pagi dan malam hari yang pastinya disesuaikan dengan kondisi kulit.

Skincare Routine di Pagi Hari

Foto: www.canva.com

Berikut skincare routine yang bisa dilakukan pada pagi hari:

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah harus menjadi langkah pertama dalam setiap rutinitas perawatan kulit. Hal ini bertujuan untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan kulit kusam. Disarankan untuk mencuci wajah dengan lembut.

Karena, masih banyak orang yang mencucinya terlalu sering dan menggunakan produk yang terlalu keras hingga akhirnya merusak pelindung kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang kering atau sensitif, cobalah untuk membersihkan wajah di malam hari, dan bilas wajah dengan air biasa di pagi harinya.

Toner

Mengoleskan toner pada kulit setelah dibersihkan bisa menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan kulit, menghilangkan sisa kotoran, sekaligus menyeimbangkan pH kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, cobalah untuk mencari toner dengan bahan-bahan yang khusus diformulasikan  untuk memerangi masalah tersebut, seperti kandungan asam salisilat misalnya.

Untuk kulit kering atau sensitif, gunakanlah toner yang dapat menghidrasi kulit, seperti mengandung gliserin dan asam hialuronat.

Serum

Skincare routine selanjutnya adalah serum yang dapat disesuaikan dengan masalah kulit. Produk ini berfungsi untuk merawat sekaligus melindungi.

Baca Juga :  Perlu Dicoba: 8 Cara Mudah Membuat Masker Tomat

Carilah serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, misalnya. Karena bahan tersebut dapat membantu mengembalikan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Menggunakan serum yang mengandung vitamin C di pagi hari dapat membantu melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan, serta mengurangi bintik hitam pada wajah dan membuatnya menjadi lebih cerah.

Krim mata

Krim mata menjadi salah satu produk yang dapat membantu merawat kulit dan cenderung lebih ringan dan tipis dibanding pelembap wajah.

Untuk mengaplikasikannya, kamu perlu mengoleskannya menggunakan jari manis pada area mata. Hal ini bertujuan untuk menghindari kulit yang tertarik dan menyebabkan masalah kulit baru.

Pelembap

Pelembap menjadi skincare routine yang benar-benar penting. Karena produk ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik, serta membantu memperkuat lapisan kulit.

Untukmu pemilik kulit berminyak, pilihlah pelembap yang ringan untuk digunakan pada pagi hari, seperti yang memiliki tekstur losion atau gel. Sebab keduanya akan cepat meresap dan tidak menumpuk di bawah riasan.

Sedangkan pemilik kulit kering, cobalah formula yang lebih kental seperti produk dengan tekstur krim. Carilah produk yang mengandung ceramide atau asam hialuronat, karena bahan-bahan tersebut dapat melembapkan kulit dengan baik.

Tabir surya

Ini merupakan langkah yang tidak boleh terlewatkan dalam rutinitas perawatan kulit apa pun. Sebab matahari adalah alasan nomor satu yang dapat membuat kulit menjadi lebih tua sebelum waktunya.

Oleh karena itu kamu perlu mengaplikasikan tabir surya. Soalnya produk ini mampu melindungi wajah terhadap paparan sinar matahari atau polusi.

Cobalah untuk memilih tabir surya yang mengandung SPF30. Perlu diingat, meski beberapa produk riasanmu telah terdapat kandungan SPF di dalamnya, namun kamu tetap perlu menggunakan tabir surya dalam skincare routine.

Skincare Routine di Malam Hari

Foto: www.freepik.com

Di malam hari, ini adalah waktu yang tepat untuk memastikan bahwa kulitmu telah mendapatkan nutrisi sebanyak mungkin. Sebab ketika sedang tertidur, kulit akan beregenerasi dan memperbaikinya sendiiri.

Baca Juga :  Ini Panduan Lengkap Memilih dan Memakai Serum dari Dua Ahli Kulit

Berikut skincare routine malam yang bisa kamu tiru.

Mencuci wajah

Perawatan wajah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan riasan, minyak, debu, dan polusi. Kamu bisa menggunakan metode double cleansing untuk menghilangkan seluruh kotoran pada wajah.

Aplikasikan pembersih riasan kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Toner

Setelahnya, lanjutkan perawatan wajah dengan mengaplikasikan toner. Gunakan produk penyegar wajah ini seperti di pagi hari.

Karena berbentuk cair dan muda meresap, kamu harus menggunakan produk ini sebelum melanjutkannya dengan produk yang lebih berat seperti serum atau pelembap.

Kamu bisa menepuk-nepuk toner secara perlahan pada seluruh area wajah, atau dengan menggunakan kapas.

Jika kamu memiliki kulit berjerawat, maka cobalah untuk memakai produk yang mengandung AHA/BHA. Sebab bahan tersebut dapat membuka pori-pori, mencegah jerawat, dan mengangkat komedo

.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, cobalah untuk menggunakan AHA. Namun jika kamu merupakan pemilik kulit berminyak, tetap gunakan BHA. Selain itu, kamu juga bisa memilih toner yang diformulasikan untuk menghidrasi kulit dengan baik.

Serum

Di malam hari, ini merupakan waktu yang ideal untuk menggunakan produk dengan bahan-bahan yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati atau merangsang pergantian sel kulit.

Kamu juga bisa memilih serum yang mengandung bahan aktif yang dapat memudarkan noda pada wajah.

Cobalah untuk menggunakan produk yang diisi dengan asam hialuronat yang dapat membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Krim mata

Oleskan sedikit krim mata di malam hari. Kebanyakan orang mengira bahwa krim mata malam harus mengandung retinol untuk mengatasi garis-garis halus.

Padahal kenyataannya, mata merupakan area yang sensitif, sehingga kamu memerlukan bahan yang lembut.

Baca Juga :  Ingin Wajah Lebih Glowing? Ini 8 Cream Terbaik Untuk Kamu

Perawatan untuk area tertentu

Waktu paling ideal untuk menerapkan perawatan spot, baik untuk jerawat, bekas luka, atau bintik hitam adalah di malam hari. Sebab ini merupakan waktu di mana tubuh bekerja dengan maksimal untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Sangat disarankan untuk mengaplikasikan produk ini sebelum pelembap, supaya nantinya produk dapat meresap dengan baik ke dalam kulit.

Untuk flek hitam dan bekas jerawat, cobalah untuk menggunakan bahan hydroquinone yang atau niacinamide yang dapat mencerahkan bekas luka.

Sementara untuk jerawat dan breakout, kamu bisa menggunakan benzoil peroksida atau asam salisilat yang telah terbukti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat.

Oleskan produk ini secara tipis pada masalah kulit yang dimiliki, kemudian tunggu hingga mengering.

Pelembap

Kamu juga tetap disarankan untuk menggunakan pelembap di malam hari, karena produk ini dapat melawan hilangnya kelembapan yang terjadi ketika kamu tidur.

Gunakanlah pelembap non-SPF atau produk khusus yang memang diformulasikan khusus untuk dipakai pada malam hari.

Face oil

Jika kulitmu masih terasa kering, maka mengoleskan face oil menjadi tahapan skincare routine yang tidak boleh terlewat. Soalnya produk ini dapat membantu mengunci kelembapan sepanjang malam.

Untuk membuatnya bisa terserap dengan baik, maka tepuk-tepuk minyak wajah secara perlahan-lahan, dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Kesimpulan

skincare routine
Foto: www.pexels.com

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu perlu melakukan perawatan wajah dengan mengaplikasikan skincare routine di setiap pagi dan malam hari. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Jika sulit untuk menentukannya, jangan sungkan untuk meminta bantuan ahli seperti berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.