Bocoran Cara Pakai Aloevera Yang Tepat dari Dokter Kulit

cara pakai aloevera yang aman menurut dokter
Foto: www.freepik.com

Lidah buaya merupakan tanaman serbaguna yang memiliki dampak baik bagi kesehatan kulit. Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, maka penting untuk mengetahui cara pakai aloevera yang tepat, agar nantinya tidak menimbulkan efek samping pada kulit.

Kabar baiknya, LIMONE telah menghubungi dr. Rahma Evasari, SpDV, seorang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic, yang akan memaparkan kandungan, manfaat, dan cara pakai aloevera yang benar.

Apa Itu Aloe Vera?

Foto: www.freepik.com

Aloe vera atau yang biasa dikenal dengan sebutan lidah buaya merupakan suatu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Menurut Dokter Rahma, banyak sekali komponen zat aktif yang terkandung di dalam tanaman yang satu ini.

“Mulai dari vitamin, mineral, kemudian asam amino, asam lemak, serta berbagai enzim dan hormon. Untuk bahan aktif pada aloe vera yang bermanfaat bagi kesehatan kulit adalah glukomanan dan giberelin, yang mana kedua bahan ini dapat menstimulasi sintesis kolagen,” paparnya.

Apa Saja Manfaat Aloe Vera?

cara pakai aloevera yang aman menurut dokter
Foto: www.canva.com

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin ini menjelaskan bahwa aloe vera sangat kaya akan antioksidan, yang mana memiliki peran untuk meregenerasi sel kulit.

“Penggunaannya yang diaplikasikan secara topikal atau dioleskan, dapat memperbaiki sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Yang mana bisa disebabkan karena sinar ultraviolet dari paparan matahari, serta polusi yang banyak dialami di kota-kota besar,” ujarnya.

Selain itu, aloe vera juga memiliki efek antiseptik yang dapat menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus.

Amankah Menggunakan Aloe Vera pada Wajah?

Foto: www.canva.com

Sebetulnya, untuk penggunaan lidah buaya sendiri pada wajah, itu akan tergantung dari jenis yang digunakan, apakah bentuk asli atau bentuk yang sudah diesktrak.

“Ada beberapa penelitian yang mendukung terkait penggunaan aloe vera pada kulit wajah. Misalnya penggunaan ekstrak lidah buaya sebanyak 15% pada aloe vera mask, itu akan memberikan hasil optimal pada kulit yang membuatnya terasa lebih segar, lembut, dan terkesan bersih,” terangnya.

“Kemudian untuk hidrasi kulit atau melembapkan kulit, didapatkan bahwa penggunaan ekstrak aloe vera sebanyak 0.25-0.50% akan meningkatkan kandungan air dalam lapisan stratum korneum kulit, lapisan kulit terluar yang dapat menyerap air dan melindungi lapisan kulit yang lebih dalam,” lanjutnya.

Selain itu, Dokter Rahma juga menambahkan bahwa aloe vera dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka atau pada kasus herpes genetalis.

Bisakah Bahan Alami Ini Diaplikasikan pada Semua Jenis Kulit?

cara pakai aloevera yang aman menurut dokter
Foto: www.canva.com

Meski mengandung vitamin, mineral, kemudian asam amino, asam lemak, dan berbagai zat aktif yang bermanfaat, namun penggunaan lidah buaya ternyata perlu diperhatikan lebih lanjut pada beberapa jenis kulit.

Baca Juga :  Bagaimana Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar? Ini Tips dari Dokter Anak

“Sebab bagi sebagian orang, aloevera memiliki sifat gatal dan panas sehingga bisa memberikan efek samping,” ungkapnya.

Oleh karenanya, saat kita menggunakan aloe vera pada kulit maka harus dipantau untuk mengetahui apakah timbul efek samping yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Pakai Aloevera pada Kulit?

Foto: www.pexels.com

Untuk cara pakai aloevera sendiri sebetulnya bisa dilakukan dalam berbagai cara, seperti menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak lidah buaya atau mengoleskan tanaman tersebut secara langsung di kulit.

“Jika memang ingin menggunakan aloe vera secara langsung, hal ini juga bisa dicoba. Namun yang pertama harus dilakukan adalah mencuci bersih tanaman terlebih dahulu, selanjutnya masukkan lidah buaya ke dalam kulkas supaya menjadi dingin,” sarannya.

Dengan lidah buaya yang dingin, saat digunakan dijamin akan memberikan sensasi yang segar pada kulit. Juga bisa memberikan rasa rileks pada kulit.

“Namun perlu diingat, bahwa cara pakai aloevera yang langsung diaplikasikan secara topikal harus dilakukan dengan hati-hati. Serta dianjurkan untuk terus memantau efek samping yang mungkin saja bisa terjadi pada kulit,” tuturnya.

Sebab, kita pastinya tidak ingin memiliki kondisi kulit yang rusak dan teriritasi karena penggunaan bahan yang kurang tepat. Kita juga tidak ingin mendapatkan efek samping dari bahan yang memiliki sifat gatal dan panas bagi sebagian orang ini.

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Lidah Buaya pada Kulit?

Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, aloe vera sendiri merupakan tanaman yang memiliki sifat gatal dan panas. Akan tetapi ini bisa dialami oleh sebagian orang, terutama pada pemilik kulit sensitif.

Oleh karenanya penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mengoleskannya dalam jumlah yang banyak.

“Jika memang sudah terjadi efek samping pada penggunaan aloe vera di kulit, maka yang pertama harus dilakukan adalah menghentikan penggunaannya. Lalu kamu bisa melakukan kompres dingin dan menambahkan pelembap yang tidak mengandung bahan aktif sama sekali,” anjur Dokter Rahma.

Akan tetapi, “jika muncul sensasi panas, gatal, dan rasa terbakar secara terus-menerus, sebaiknya langsung datang ke dokter spesialis kulit terdekat. Ini bertujuan untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat,” tambahnya.

Kesimpulan

cara pakai aloevera yang aman menurut dokter
Foto: www.canva.com

Sebenarnya, aloe vera mengandung berbagai nutrisi vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, berbagai enzim, hormon, dan bahan aktif lainnya. Pastinya kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kulit.

Meski begitu, tanaman yang satu ini memiliki sifat gatal dan panas, sehingga bisa menimbulkan efek samping pada sebagian orang.

Oleh karenanya, jika mengalami beberapa gejala akibat memakai aloe vera pada kulit, disarankan agar menghentikan penggunaannya. Kemudian segera periksakan diri ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.