Ini Panduan Lengkap Memilih dan Memakai Serum dari Dua Ahli Kulit

Foto: www.gettyimages.com

Semua merek produk favoritmu sudah meluncurkan serum, dan kamu ingin mencobanya. Akan tetapi, biasanya nih, serum dirilis dengan price tag yang lumayan mengisap tabungan. Jadi agar uang hasil kerjamu itu tidak sia-sia dan tidak hanya menjadi korban tren, ada baiknya untuk mencari tahu apa sebenarnya manfaat serum dan produk seperti apa yang kamu butuhkan. Berikut panduan memilih serum dari dua ahli kepada LIMONE.

Ini Kandungan Wajib Ada dalam Serum

panduan memilih serum
Foto: www.gettyimages.com

Jonathan Raharjo Surbekti, SpKK, BMedSc dari Poise Clinic mengatakan hal terpenting yang harus dicari ketika memilih serum yaitu memilih bahan aktif yang sesuai kulit dan telah terbukti. “Pilih bahan aktif yang sudah terbukti bermanfaat dan aman untuk digunakan di kulit. Dan, pilih bahan aktif yang cocok untuk kulit,” tegasnya. Pasalnya, “setiap bahan aktif mempunyai manfaatnya masing-masing, yang penting cocok dengan kulit kita dan sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Panduan memilih serum yang senada juga disampaikan oleh Novita Ing, M.Biomed.AAM, seorang dokter kecantikan dari Le Beaute ini. Yakni, sebelum memilih serum wajah terbaik, kamu perlu untuk membaca komposisinya. “Pastikan komposisinya sesuai dengan kebutuhan kulit, dan kandungan yang harus ada yaitu antioksidan, amino acid, dan vitamin,” ungkapnya.

Seberapa Penting Memakai Serum?

Foto: www.gettyimages.com

Jonathan menambahkan, serum pada umumnya memiliki kandungan zat aktif yang lebih tinggi dan karena teksturnya yang cair mudah diserap dan masuk ke dalam kulit. “Sehingga diharapkan dengan memakai serum dapat memberikan efek yang lebih optimal dibandingkan skincare lainnya seperti krim atau losion,” kata Jonathan. ” Dan untuk manfaat serum, tergantung zat aktif yang dimilikinya. Bisa melembabkan, mencerahkan, dan menghaluskan.”

Kedua ahli ini berpendapat meskipun penting menggunakan serum, akan tetapi serum belum tentu menjadi produk perawatan yang tepat untuk kulit wajah.

Novita berpendapat bahwa serum, “tidak selalu menjadi perawatan yang tepat, tergantung jenis kulit dan jenis serumnya.” Menurutnya, seringkali kita hanya termakan iklan.

Jonathan pun menyampaikan bahwa serum, “umumnya hanya sebagai tambahan, yang terpenting adalah cleanser, moisturizer, dan sunscreen.”

Serum Efektif Harus Mahal?

Foto: www.gettyimages.com

Mampir deh, ke salah satu toko di mal atau online. Coba cek harga serum—kemungkinan kamu akan geleng-geleng kepala saking banyaknya angka dan nolnya. Apakah serum memang harus mahal?

Kedua dokter ini menyetujui bahwa meski harga serum biasanya memang tidak murah. “Ada harga ada barang. Yah, tapi nggak harus  selalu membeli yang mahal. Ada juga [serum dengan] harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik,” pesan Novita.

“Harga tidak selalu berbanding lurus dengan hasil, yang lebih penting adalah penggunaannya yang rutin agar hasilnya maksimal,” tambah Jonathan melengkapi. Jadi, paling penting adalah bahan-bahan aktif di dalamnya agar manfaat serum terasa. Oleh karenanya, pastikan membaca dengan seksama label produk sebelum dibeli untuk memastikan bahan-bahan tersebut cocok untuk kebutuhanmu.  

Ini Jenis Kandungan Serum yang Tepat untuk Kulitmu

panduan memilih serum
Foto: www.gettyimages.com

Dari tadi kedua ahli ini menyebut-nyebut tentang bahan aktif dan jenis kulit. Minta tolong dijelaskan lebih lanjut ya, Dok.

“Kamu bisa gunakan serum hyaluronic acid untuk kulit kering, vitamin C untuk mencerahkan wajah, kandungan AHA bisa untuk melembapkan, dan niasinamid bisa untuk kulit berminyak,” jelas Jonathan. “Akan tetapi, pemilik kulit sensitif harus hati-hati dalam memilih dan menggunakan serum.”

Novita menambahkan untuk memilih serum dengan kandungan air dan ceramide untuk kulit kering karena bisa memperbaiki skin barrier. Sementara kalian pemilik kulit normal—bersyukurlah! Pasalnya, ada banyak pilihan serum untuk jenis kulit ini.

Bagaimana dengan kulit berjerawat? Pilihlah serum tanpa minyak dan non-comedogenic. Terakhir, bagi kulit sensitif, “pilihlah bahan yang mengandung soothing agent, banyak kandungan air, serta tidak membuat iritasi kulit,” sambungnya melengkapi.

Masih ragu karena kulitmu terlalu sensitif dan memiliki masalah? Novita menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit.

Ikuti Panduan Pemakaian Serum Ini

manfaat serum
Foto: www.gettyimages.com

Akhirnya serum yang kamu pesan datang. Adakah aturan penggunaan tertentu agar manfaat serum terasa maksimal? Kedua ahli ini menekankan bahwa sebaiknya wajah berada dalam kondisi bersih dan lembap sebelum memakai serum. Jadi, cuci wajahmu. Lalu, “oleskan secara merata dan diamkan hingga menyerap di kulit. Kurang lebih 15 menit,” papar Novita.

Jadi, sebaiknya kamu memakai serum setelah pembersih wajah dan sebelum pelembap. Seandainya, serum yang kamu gunakan tepat dan rutin, mestinya “kamu bisa melihat hasilnya dalam empat sampai 12 minggu,” terang Jonathan.

Dan jika kamu bertanya-tanya kapan sebaiknya mulai memakai serum, Jonathan menyarankan untuk melakukannya dari usia 20an tahun. “Meski memang tergantung genetik, lifestyle dan lingkungan,” tegasnya.

Adakah Efek Samping Menggunakan Serum?

manfaat serum
Foto: www.gettyimages.com

Kedua ahli ini menyatakan pemakaian serum bisa berbahaya apabila tidak sesuai dengan jenis kulitnya. “Bisa, jika tidak cocok atau sensitif, bahkan alergi terhadap ingredients tertentu,” ujar Novita.

Bagaimana mengatasinya? “Pilih produk yang konsistensinya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Konsultasi pada ahlinya sebelum membeli. Jangan hanya tertarik pada iklan. Dan ingat, tidak ada sesuatu yang instant, semua perlu proses,” pesan Novita.

Jonathan menambahkan, sebaiknya menghentikan penggunaan serum jika menimbulkan masalah kulit. Dan apabila permasalahan tersebut tidak mereda, “sebaiknya konsultasi ke dokter,” sarannya.

Itu dia manfaat serum dan panduan memilihnya. Dan ini panduan lengkap tentang asam amino yang dibutuhkan oleh kulitmu. Lalu ini segala sesuatu yang kamu tahu sebelum membeli produk anti-aging.

podcast button