Amankah Pakai Masker Putih Telur Buatan Sendiri? Ini Kata Dermatolog

masker putih telur
Foto: www.freepik.com

Selain menggunakan produk perawatan yang dibeli di toko, tidak jarang kita juga mencoba resep skincare buatan sendiri yang menggunakan bahan-bahan rumahan. Salah satunya adalah masker putih telur, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah. Benarkah?

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan dari dr. Sherly Birawati, Sp.DV, seorang Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dari Azizah Aesthetic Clinic by dr. Sherly Birawati, Sp.DV Kota Metro Lampung, terkait manfaat dan cara membuat masker putih telur dengan tepat.

Apa Saja Kandungan yang Ada Dalam Telur?

masker putih telur
Foto: www.pexels.com

Menurut Dokter Sherly, terdapat kandungan nutrisi yang lengkap di dalam telur. Sebab, “telur memiliki hampir semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalori, protein, lemak, dan karbohidrat. Tidak hanya itu, ada juga kandungan kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B di dalamnya,” paparnya.

Perlu diketahui, telur terdiri dari tiga bagian yakni cangkang, putih telur, dan kuning telur. “Perbedaan antara putih telur dan kuning telur yaitu terletak pada lemak dan kolesterol. Kedua kandungan tersebut hanya terdapat pada kuning telur, sedangkan pada putih telur tidak ada kandungan kolesterol dan lemak,” jelasnya.

Tak hanya itu, kuning telur juga memiliki kandungan air dan protein yang lebih sedikit dibandingkan dengan putih telur. “Di mana umumnya air tersebut dapat bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Sementara protein ini memiliki fungsi untuk mengencangkan sekaligus mengangkat sel kulit mati,” tambahnya.

Bolehkah Mengoleskan Putih Telur pada Kulit Wajah?

Foto: www.canva.com

Tidak jarang, kita mendapatkan resep untuk membuat masker wajah dengan menggunakan bahan alami, salah satunya adalah putih telur. Namun apakah kandungan ini aman untuk digunakan?

Dermatologis yang satu ini menerangkan bahwa “mengoleskan putih telur pada orang dengan kondisi kulit normal mungkin tidak bermasalah. Akan tetapi kita perlu berhati-hati dengan orang yang memiliki kulit sensitif atau individu yang alergi terhadap telur,” ungkapnya.

Sebab, saat menggunakan masker wajah ini pada kondisi kulit yang sensitif atau seseorang yang alergi telur, maka bisa menimbulkan dampak yang buruk, seperti memicu timbulnya masalah kulit baru.

Meski begitu, terdapat manfaat dari mengoleskan putih telur pada wajah. “Di antaranya adalah untuk mengencangkan kulit, membantu menyerap minyak berlebih, dan membantu menghilangkan komedo,” lanjut Dokter Sherly.

Bagaimana Cara Aman Menggunakan Masker Putih Telur?

masker putih telur
Foto: www.canva.com

Hingga saat ini, tren menggunakan masker putih telur dan membuatnya sendiri di rumah pun masih dilakukan oleh banyak orang. Spesialis dermatologi dan venereologi ini memberikan tips untuk membuat masker putih telur dengan mudah dan agar tetap aman, yakni:

  1. Pecahkan satu buah telur di atas mangkuk.
  2. Pisahkan antara putih telur dan kuning telur
  3. Gunakan hanya putih telurnya saja, kemudian kocok hingga mengembang.
  4. Oleskan secara langsung putih telur ke wajah secara merata dan perlahan dengan menggunakan kuas, dan pastikan tidak ada bagian yang terlewat.
  5. Lalu kamu bisa mendiamkannya selama 10-15 menit.
  6. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih.

Namun, apakah bahan alami ini cocok untuk diaplikasikan pada semua jenis kulit?

Dokter Sherly menambahkan bahwa “masker putih telur sebenarnya dapat digunakan secara tunggal. Namun terdapat beberapa orang yang mengombinasikan bahan alami ini dengan madu atau perasan jeruk lemon. Untuk hal tersebut, akan kembali lagi pada kondisi kulit masing-masing, apakah kulitmu termasuk jenis yang normal atau sensitif,” ujarnya. 

Adakah Ketentuan Menggunakan Masker Putih Telur?

Foto: www.freepik.com

Meski aman untuk digunakan, namun pastinya kamu tetap perlu memerhatikan kondisi kulit yang dimiliki.

“Pada orang dengan kulit normal, masker putih telur ini bisa digunakan sebanyak satu minggu sekali. Namun pada individu dengan kulit wajah yang sensitif atau alergi dengan bahan dasar telur, maka lebih baik dihentikan penggunaannya,” saran Dokter Sherly.

Sebab, terdapat beberapa efek samping yang akan muncul ketika menggunakan masker putih telur pada wajah yang sensitif. Di antaranya adalah “kemerahan pada kulit, munculnya bentol pada kulit, adanya rasa gatal, hingga reaksi alergi,” tambahnya.

Untuk itu, ketika kamu mengalami dampak buruk dari penggunaan masker wajah yang satu ini, maka sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Kesimpulan

masker putih telur
Foto: www.canva.com

Menggunakan masker merupakan salah satu cara untuk merawat kulit agar lebih sehat. Untuk itu, tren memakai masker putih telur pun digemari oleh banyak orang karena sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Sebab bahan-bahan yang digunakan pun sudah sering kamu temui di dapur.

Akan tetapi, satu hal: tetap perlu hati-hati.

Menurut Dokter Sherly, “boleh-boleh saja untuk menggunakan masker putih telur yang dibuat sendiri di rumah. Soalnya lebih efektif, nyaman, murah, dan mudah untuk dibuat. Namun sekali lagi, pastikan kamu memerhatikan jenis kulit yang dimiliki. Sebab jika tidak berhati-hati, masker ini bisa menimbulkan masalah kulit baru,” tutupnya.