7 Cara Mudah Pakai Henna Agar Terlihat Lebih Cantik

cara pakai hena
Foto: www.unsplash.com

Ketika berbicara tentang henna, biasanya tato temporer ini identik digunakan pada acara pernikahan. Dengan mengetahui cara pakai hena, maka penampilan akan terlihat lebih cantik berkat adanya lukisan tersebut.

Kebanyakan henna memang akan kita temukan di film-film India. Namun jika kamu tertarik menggunakannya karena ingin menambah gaya penampilan ketika menghadiri acara khusus, maka simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara pakai hena.

7 Cara Pakai Hena dengan Mudah

cara pakai hena
Foto: www.freepik.com

Berikut cara menggunakan henna yang benar.

Menentukan bagian tubuh

Tips pertama untukmu yang ingin menggunakan henna adalah menentukan bagian tubuh mana yang ingin dilukis. Mulai dari bagian punggung tangan, lengan, kaki, atau pada bagian kuku.

Jika ini pertama kalinya kamu akan memakai henna, maka biasanya bagian yang paling aman adalah pada area lengan dan kaki.

Memilih desain

Langkah selanjutnya adalah menentukan desain yang akan kamu lukis. Sebab, terdapat berbagai model yang bisa kamu tiru.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencari referensi lukisan terlebih dahulu dengan berselancar di internet. Setelahnya cobalah untuk memodifikasi desainnya sendiri.

Biasanya pola yang sering digunakan oleh banyak orang adalah motif bunga, paisley, dan batik. Ini bisa disesuaikan dengan seleramu.

Racik henna

Setelahnya, kamu bisa meracik henna yang akan diaplikasikan langsung pada kulit. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Saring henna menggunakan saringan atau kain nilon untuk menghilangkan gumpalan yang dapat menyumbat ujung kantongnya. Jika menggunakan daun henna segar, maka hancurkan terlebih dahulu dan buatlah hingga menjadi bubuk
  • Tuang bubuk henna ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan ¼ cangkir perasan lemon. Kemudian aduk hingga rata
  • Tutup henna dengan kantong plastik selama 24 jam
  • Masukkan henna ke dalam kantong plastik kerucut

Namun saat ini, telah hadir henna kemasan yang bisa dengan mudah kamu aplikasikan langsung pada kulit. Sehingga tidak perlu repot untuk meraciknya.

Siapkan bagian tubuh yang akan dilukis

Sebelum membubuhkan henna, ada baiknya kamu membersihkan bagian tubuh dengan air dan sabun. Kenakan pakaian yang tidak menutupi area tersebut.

Jika kulit cenderung berminyak, kamu pergi menggosokkan kapas dengan sedikit alkohol untuk menghilangkan minyak tersebut. Supaya nantinya henna bisa menempel dengan mudah.

Mulai lukis dengan hati-hati

Cobalah untuk mulai menekan dengan lembut bagian atas kantong plastik, agar nantinya henna bisa keluar melalui ujung kantong tersebut. Setelahnya mulai bubuhkan henna sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Perlu diingat bahwa henna pada bagian tangan dan kaki biasanya akan berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bagian lainnya. Ini disebabkan karena kulit area ini biasanya lebih tebal.

Baca Juga :  Adakah Skincare Khusus Untuk Mencerahkan Wajah? Ini Kata Dermatolog

Semprotkan gel

Setelah selesai membuat pola henna, maka kamu bisa menggunakan gel semprot pada seluruh bagian yang dilukis. Ini bertujuan untuk membuat hasilnya terlihat lebih cantik.

Namun perlu diingat bahwa penyemprotan gel bersifat opsional. Sehingga bukan menjadi masalah yang besar jika kamu tidak menggunakannya.

Biarkan henna mengering

Selanjutnya, tutuplah bagian tubuh yang telah dibubuhi henna, dan biarkan selama kurang lebih 12 jam. Setelah kering, kamu bisa membuka bungkusan tersebut dan hilangkan serpihan henna yang telah kering.

Gunakanlah air dan sabun untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk bubuhkan lip balm atau minyak kelapa pada permukaan lapisan kulit agar bisa bertahan lama.

Tips Menghapus Henna

Foto: www.freepik.com

Meski henna akan pudar dengan sendirinya, namun kamu bisa mencoba enam cara ini untuk menghilangkannya:

Rendam dengan air garam

Jika kamu ingin menghilangkan henna, maka cobalah untuk merendam bagian tubuh tersebut menggunakan garam laut. Nantinya natrium klorida yang ada dalam garam dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Tuangkan sekitar setengah cangkir garam ke dalam air hangat. Kemudian rendam bagian tubuh yang dibubuhkan henna selama 20 menit.

Gunakan scrub

Cobalah untuk menggunakan pembersih wajah atau tubuh yang mengandung butiran-butiran scrub atau produk peeling. Hal tersebut dapat membantu untuk mengelupaskan henna dengan cepat.

Pastikan kamu menambahkan pelembap atau mengoleskan minyak kelapa setelah melakukan pengelupasan henna. Ini bertujuan untuk meminimalisir iritasi pada kulit.

Kombinasikan minyak zaitun dan garam

Mencampur satu cangkir minyak zaitun dengan tiga sendok makan garam laut dapat menciptakan larutan yang bisa menghilangkan henna dengan sempurna. Cara melakukannya juga terbilang sangat mudah.

Gunakan kapas untuk melapisi kulit, dan tuangkan minyak zaitun di atasnya dan biarkan meresap dengan sempurna. Setelahnya kamu bisa menggosokkannya secara perlahan.

Pakai sabun antibakteri

Kandungan alkohol yang tinggi dan butiran scrub dalam sabun antibakteri dapat membantumu untuk menghilangkan henna dengan mudah. Gosokkan tangan menggunakan sabun tersebut secara rutin selama beberapa kali dalam sehari.

Akan tetapi kamu perlu berhati-hati karena nantinya kulit akan terasa sangat kering. Oleh karena itu, oleskan krim pelembap setelah menggunakan sabun antibakteri.

Kondisioner rambut

Produk kondisioner rambut juga bisa menjadi salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan henna. Oleskanlah kondisioner pada area tubuh yang dilukis, dan pastikan menyerap dengan baik.

Setelahnya kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat. Dan keringkan bagian tubuh dengan menggunakan handuk.

Manfaatkan micellar water

Micellar water juga dapat membantu mengikat pewarna henna dan mengangkatnya dari kulit. Opsi yang satu ini menjadi pilihan terbaik karena akan terasa sangat lembut di kulit.

Pastikan kamu merendam bagian tubuh yang dilukis oleh henna dengan menggunakan micellar water, dan biarkan selama beberapa menit agar bisa menyerap. Kemudian gosokkan henna secara perlahan dan bilas dengan bersih.

Baca Juga :  Benarkah Makanan Yang Mengandung Lemak Itu Buruk? Ini Kata Dokter Gizi