5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

kesehatan kulit
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya kulit merupakan salah satu organ tubuh terbesar, di mana lapisannya dapat bekerja dengan keras untuk melindungi tubuh. Karena hal tersebut, kita perlu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus menjaganya agar bisa mempertahankan peran perlindungannya.

Berkat perannya yang cukup penting, berikut tips kesehatan kulit yang dapat membantumu memiliki kulit yang sehat dan ternutrisi dengan baik.

Peran Kulit dalam Tubuh

kesehatan kulit
Foto: www.pexels.com

Kulit merupakan bagian tubuh yang pertama kali akan terlihat, sehingga biasanya juga disebut sebagai jendela tubuh yang mengungkapkan segalanya. Mulai dari jerawat, bintik hitam, usia, kesehatan, semua tercermin pada kulit.

Peran dari kulit sendiri ternyata sangat banyak. Namun yang paling penting adalah menjadi garis pertahanan pertama antara tubuh dengan dunia luar, sehingga bisa melindungi kita dari bakteri, virus, polusi, dan kotoran lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ, kulit juga dapat mengatur suhu tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan mengontrol hilangnya kelembapan. Bahkan kulit juga melindungi tubuh dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit, mulai dari genetika, usia, dan hormon.

Selain itu, paparan sinar matahari, pola makan yang tidak sehat, kurang tidur, dehidrasi, jarang berolahraga, hal-hal ini dapat memengaruhi kemampuan kulit untuk berfungsi sebagai pelindung yang efektif.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

tips menjaga kesehatan kulit | | 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit
Foto: www.rawpixel.com

Ingin memiliki kulit yang sehat dan ternutrisi dengan baik, maka berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Makan makanan sehat

Apa pun makanan yang kamu konsumsi ternyata akan sama pentingnya dengan produk perawatan yang dikenakan pada kulit. Oleh karenanya pengaturan pola makan atau diet juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar.

Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu kulit agar lebih sehat. Salah satunya adalah mangga yang mengandung senyawa antioksidan, di mana dapat membantu melindungi kolagen dalam kulit.

Selain itu, beta karoten, lutein, dan likopen yang ada di dalam tomat ternyata telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Senyawa tersebut juga dapat membantu mencegah terjadinya kerutan.

Tak hanya itu, penggunaan minyak zaitun juga sering kali dikaitkan dengan risiko photoaging, kondisi di mana terjadinya kerusakan kumulatif pada kulit yang terdiri dari kerutan, bintik hitam, dan perubahan warna akibat sinar matahari.

Teh hijau juga dikaitkan dengan banyak manfaat bagi kulit. Senyawa polifenol yang ada di dalamnya dapat meremajakan sel-sel kulit dan membantu kulit untuk menyembuhkan luka.

Yang paling penting, teh hijau juga dapat meningkatkan kelembapan, ketebalan, dan elastisitas kulit ketika dikonsumsi secara rutin. 

Sayur kale juga menjadi salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik yang bisa membantu kulit agar tetap sehat. Soalnya, senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat cahaya, terutama dari sinar UV.

Hindari stres

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami di mana muncul jerawat secara tiba-tiba sebelum acara penting. Ternyata, para ilmuwan telah mengidentifikasi adanya kaitan antara tingkat stres dengan masalah kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa, mereka yang mengalami tingkat stres lebih mungkin akan mengalami masalah kulit, di antaranya:

  • Kulit gatal
  • Rambut rontok
  • Kulit yang berisisik
  • Ruam di area tangan
  • Jerawat yang parah

Para peneliti menduga bahwa ketika tubuh stres, maka hal ini dapat meningkatkan jumlah sebum atau zat berminyak yang menyumbat pori-pori. Sehingga disarankan untuk mengurangi tingkat stres untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Kamu bisa melakukan beberapa teknik untuk mengurangi stres, seperti melakukan yoga atau meditasi secara rutin.

Pastikan kulit selalu lembap

Menjaga kulit agar tetap lembap juga menjadi tips penting yang dapat dilakukan. Sebab kelembapan ini dapat menjaga lapisan atas sel kulit.

Berikut cara-cara yang tepat untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya agar tidak kering:

  • Mandi selama lima hingga 10 menit setiap harinya
  • Gunakan air hangat dan hindari menggunakan air panas
  • Meminimalkan penggunaan sabun yang keras dan pilih sabun yang lembut dan bebas pewangi
  • Jangan gunakan sikat scrub, spons mandi, dan waslap karena dapat merusak permukaan kulit
  • Keringkan kulit secara perlahan dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk
  • Oleskan beberapa pelembap mulai dari salep, losion, atau krim secara rutin
  • Gunakan krim atau salep untuk meminimalkan iritasi kulit
  • Hindari menggaruk kulit. Disarankan untuk mengompresnya menggunakan air dingin dan aplikasikan pelembap untuk membantu mengendalikan rasa gatal
  • Kenakan pakaian yang tidak mengiritasi
  • Gunakan deterjen jenis hypoallergenic
  • Jangan terlalu dekat dengan sumber panas yang dapat mengeringkan kulit
  • Di musim dingin, nyalakan pelembap udara untuk mengisi kembali kelembapan di lapisan kulit

Berhenti merokok

Untuk memiliki kulit yang sehat, disarankan agar berhenti merokok. Sebab merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua.

Selain itu, merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah pada lapisan luar kulit, dengan mengurangi aliran darah dan menguras nutrisi serta oksigen yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Tak berhenti sampai di situ, merokok juga dapat mengurangi elastisitas alami kulit dengan menyebabkan kerusakan kolagen dan mengurangi produksinya.

Ekspresi berulang yang dilakukan saat merokok seperti mengerucutkan bibir dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah.

Tidur cukup

Tidur dengan nyenyak dapat menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata sekaligus meningkatkan warna kulit dengan merata. Untuk orang dewasa, disarankan agar tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Jika kamu tidur di bawah jumlah waktu tersebut, maka hal itu dapat merusak kesehatan tubuh dan kulit. Sebab kurang tidur yang terjadi secara kronis dapat berdampak signifikan pada fungsi kulit dan penuaan dini.

Selama tidur dengan nyenyak dan cukup, tubuh akan memasuki mode perbaikan dan meregenerasi kulit, otot, dan sel darah serta otak. Tanpa tidur yang cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi kolagen baru.

Kesimpulan

menjaga kulit agar tetap sehat | | 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit
Foto: www.freepik.com

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda tidak selalu dilakukan dengan menguras kantong untuk membeli produk perawatan kulit yang mahal. Dengan melakukan tips-tips mudah di atas, kulit yang kusam akan lebih bercahaya dan ternutrisi dengan baik.

Namun tidak ada salahnya juga untuk menggunakan produk perawatan kulit yang dapat membuatnya menjadi lebih baik.

Selain itu ketika muncul masalah yang terjadi pada kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis agar nantinya masalah kulit bisa ditangani dengan baik.