Penasaran Setengah Mati: Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata?

cara menghilangkan kantung mata
Foto: www.pexels.com

Tidur delapan jam? √. Minum air putih delapan gelas?√. Tidak lupa memakai krim mata? √√. Namun tetap saja ada sesuatu lekukan kecil tepat di bawah mata, terkadang dipenuhi kerutan-kerutan kecil. Perkenalkan, kantong mata. Jadi, mengapa segala jerih payang kamu lakukan tersebut tidak berhasil melenyapkan kantong mata? Adakah sebanarnya cara menghilangkan kantung mata? Baca penjelasan lengkapnya dari dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, seorang dermatovenereologist, di FitSkinClinic, dan Wakil Sekretaris Umum Pengurus Pusat Perdoski.

Apa Sebenarnya Kantung Mata?

Foto: www.freepik.com

"Kantung mata, yaitu pembengkakan ringan atau bengkak di bawah mata, dianggap sebagai tanda penuaan, meskipun sering muncul sebelum waktunya, karena berbagai penyebab," jelas Dokter Fitri.

Kantung mata pada bagian bawah kelopak mata merupakan masalah estetika kompleks yang melibatkan beberapa perubahan anatomis, seperti prolaps lemak orbital, elastisitas kulit kelopak mata bawah, deformitas aliran air mata dan penumpukan cairan kelopak mata. Meskipun kadang kantung mata digambarkan dengan warna yang lebih gelap pada area bawah mata (lingkar hitam di bawah mata/infraorbital dark circles).

"Pemahaman tentang anatomi wajah sangat penting untuk mendiagnosis penyebab kantung dengan tepat. Berbagai faktor anatomi dapat berkontribusi pada munculnya kantung mata," tambahnya. Hal ini termasuk ligamen wajah terutama area sekitar bawah mata, struktur tulang, jaringan lunak midface. Selain itu, menonjolnya otot orbicularis oculi dan pembuluh darah, serta kulit kelopak mata yang tipis dengan jaringan subkutan minimal atau tidak ada.

cara menghilangkan kantung mata
Gambar 1. Anatomi infraorbital J Cutan Aesthet Surg. 2016
Apr-Jun; 9(2): 65–72.

Bagaimana Kantung Mata Terbentuk?

Foto: www.unsplash.com

Faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata/ infraorbital dark circles dan kantung mata terdiri dari faktor eksogen dan endogen, seperti perbedaan anatomi, jenis kelamin, predisposisi genetik, penuaan, kondisi fisik umum, dermatitis atopik, dan kekeringan kulit.

Baca Juga :  Panduan Mengatasi Pigmentasi Kulit, dan 13 Produk Rekomendasi yang Wajib Dicoba

Terjadinya infraorbital dark circles (lingkaran hitam infraorbital) dan kantung mata karena pigmentasi berlebihan, tear through (bayangan yang terbentuk karena herniasi lemak infraorbital), kulit tipis dan trasluscent yang menutupi otot orbicularis oculi, vena infraorbital. Dan bayangan yang terbentuk juga karena berkurangnya elastisitas dan kerutan kulit infraorbital.

Lingkaran hitam infraorbital lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi alergi seperti dermatitis atopik atau dermatitis kontak alergik (lihat gambar no.2). Pada kondisi ini, dapat terjadi pigmentasi yang berlebihan karena kebiasaan menggosok yang disebabkan gatal menyebabkan hiperpigmentasi postinflamasi di sekitar mata.

cara menghilangkan kantung mata
Gambar 2. Lingkaran hitam infraorbital
(Ann Dermatol Vol. 30, No. 5, 2018)

Lebih lanjut Dokter Fitria menerangkan bahwa tear through dikenal juga dengan istilah nasojugal groove, merupakan alur yang terlihat cekung dan memanjang ke arah inferolateral dari kantus medial. Palpebromalar groove memanjang ke arah lateral dari nasojugal groove (lihat gambar no.3).

"Alur cekung ini seringkali menghasilkan gambaran kulit terlihat lebih gelap atau kantung mata sehingga wajah terlihat menua dan lelah," tegasnya.

cara menghilangkan kantung mata
Gambar 3. Kantung mata karena Tear Through yang cukup dalam.
(Ann Dermatol Vol. 30, No. 5, 2018)

Herniasi lemak infraorbital akan menyebabkan lemak infraorbital menonjol, tear through mata menjadi lebih dalam, dan kantung mata terlihat lebih jelas (lihat gambar no. 4).

cara menghilangkan kantung mata
Gambar 4. Kantung mata karena herniasi lemak.
(Ann Dermatol Vol. 30, No. 5, 2018)

Kerutan dan berkurangnya elastisitas kulit di area infraorbital adalah penyebab lain dari kantung mata, dan umumnya memburuk seiring bertambahnya usia (lihat gambar no. 5).

cara menghilangkan kantung mata
Gambar 5. Kantung mata karena elastisitas kulit yang menurun dan kerutan kulit infraorbital. (Ann Dermatol Vol. 30, No. 5, 2018)

Sementara kantung mata juga bisa terjadi mendadak. Konsisi karena retensi cairan pada beberapa kondisi penyakit tertentu, misalnya pada keadaan alergi yang menyebabkan angioedema (biasanya kelopak mata atas ikut membengkak), hipertensi, dan gangguan elektrolit tubuh.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata?

Foto: www.pexels.com

Seandainya kamu perlu diingatkan: kantung mata tidak berbahaya. Seseorang ingin mengetahui cara menghilangkan kantung mata biasanya karena mengganggu penampilan dan membuat seseorang terlihat lebih tua.

Baca Juga :  Apa Sebenarnya Fungsi SPF dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Dengan kata lain, kantung mata tidak harus dihilangkan.

"Tidak ada kata 'harus’ untuk dihilangkan selama tidak mengganggu fungsi dari mata. Keinginan untuk menghilangkan kantung mata lebih banyak karena alasan estetik dan penampilan untuk terlihat lebih muda," ujarnya.

Namun di sisi lain, jika seseorang memilih untuk menghilangkan kantung mata, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, di antaranya:

Concealers dan Kosmetikal

Concealers dan foundation dapat digunakan untuk kamuflase lingkaran hitam infraorbital dan kantung mata.

"Untuk kosmetika dapat digunakan krim yang bertujuan untuk mengurangi lingkaran hitam infraorbital dan kantung mata misalnya yang mengandung retinol, kafein, dan peptide. Krim dalam kategori obat, misalnya yang mengandung hydroquinone masih dapat dipakai untuk mengurangi lingkar hitam infraorbital," terangnya.

Non-Invasive Treatments

Di antaranya intense pulsed light, radiofrequency, dan Q-switched lasers, dan pulsed dye lasers.

Invasive Superficial Treatments

Di antaranya chemical peel, ablative laser resurfacing, hyaluronic acid gel soft tissue fillers.

Invasive Deep Treatments

Di antaranya fat transfer, surgical (pembedahan), dan surgical implants (implant bedah)

Bagaimana produk biasa yang bisa didapatkan di toko?

"Bergantung pada penyebab yang mendasari terbentuknya kantung mata atau lingkaran hitam infraorbital. Untuk kosmetik tentunya dapat dibeli di toko yang akan bekerja mengatasi kantung mata atau lingkar hitam infraorbital dengan cara kamuflase bukan menghilangkannya," jawab Dokter Fitria.

Ada yang bilang, 'mencegah lebih baik dari mengobati'—bagaimana cara mencegah kantung mata?

"Pengurangan faktor predisposisi seperti tidur yang cukup, meminimalkan konsumsi garam dan alkohol, serta menghindari alergen (penyebab kekambuhan dermatitis atopik, misalnya) dapat mengurangi terbentuknya kantung mata dan lingkaran hitam infraorbital," ujarnya.

Selanjutnya: Apakah Produk Paraben Free Lebih Baik?

Baca Juga :  Terungkap: Penyebab Utama Jerawat dan Cara Membuatnya Jarang Muncul