6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit yang Wajib Kamu Tahu

manfaat minyak zaitun
Foto: www.pexels.com

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar minyak zaitun? Yup, dapur! Diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun, minyak yang dikenal dengan nama olive oil ini menjadi minyak yang serbaguna karena dapat digunakan sebagai minyak sayur, mentega, atau penambah bahan masakan. Selain berdampak baik bagi kesehatan, manfaat minyak zaitun juga dapat kamu rasakan pada kulitmu. Dengan memiliki kandungan yang beragam, minyak zaitun dapat menutrisi kulitmu sekaligus dapat kamu gunakan untuk mempercantik kulit. 

Apa yang Terkandung dalam Minyak Zaitun?

manfaat minyak zaitun
Foto: www.freepik.com

Tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, minyak zaitun juga memiliki kandungan yang dapat bermanfaat pada bagi kulit, seperti:

Kaya akan nutrisi

Minyak yang satu ini memiliki beragam manfaat untuk kulit dengan kandungan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, zat besi, vitamin D, vitamin K, kalsium, serta vitamin E. Selain dapat menutrisi kulit, kandungan-kandungan ini dapat membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit. 

Antioksidan

Buah zaitun memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi ultraviolet penyebab kanker. Minyak zaitun memiliki konsentrasi bahan squalene yang sangat tinggi dibanding dengan jenis lemak lainnya. Kandungan squalene ini yang memberikan ekstra antioksidan pada minyak zaitun,

Melawan bakteri 

Pemilik kulit berjerawat dapat menggunakan sabun yang memiliki kandungan minyak zaitun, karena minyak yang satu ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Melembapkan kulit

Selain itu, minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk menjaga kelembapan bibir sehingga mencegah bibirmu menjadi kering. Tak hanya bibir, kulit yang kering juga dapat diolesi minyak zaitun pada bagian siku dan tumit. 

Apa Manfaat Minyak Zaitun bagi Kulit?

manfaat minyak zaitun
Foto: www.pexels.com

Minyak zaitun sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk pembersih wajah dan beberapa produk kosmetik. Selain itu, minyak yang satu ini juga sering ditemui dalam rangkaian perawatan tubuh seperti sabun mandi dan losion. Berikut enam manfaat minyak zaitun dan cara penggunaannya di wajah. Pssst, hati-hati untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga :  Butuh Pencerahan: Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam?

Pelembap

Minyak ini juga dapat kamu gunakan langsung sebagai pelembap tanpa mencampurkannya dengan bahan lain. Kamu cukup mengambil beberapa tetes minyak zaitun kemudian mengoleskannya ke kulitmu. Untuk menghilangkan sisa minyak, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan handuk. Penggunaan minyak zaitun sebagai pelembap akan sangat membantu terlebih pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Eksfoliator

Untuk pengelupasan kulit pada wajah maupun tubuh dan merawat bagian kulit yang kering, kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut dan membuatnya menjadi scrub. Namun, untuk pemakaian di wajah dan area yang sensitif, kamu perlu menggunakan garam dengan butiran yang halus. Sementara pada tubuh, kamu dapat menggunakan garam dengan butiran yang kasar. 

Menghapus riasan

Minyak zaitun dapat memecah zat tahan air yang terdapat pada riasan, sehingga membuat riasan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Untuk menghapus riasan terutama pada bagian mata, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun pada kapas, kemudian mengusapkannya secara lembut ke area mata.

Masker

Pemilik kulit kering pastinya tergiur ketika mengetahui manfaat dari olive oil yang dapat melembapkan kulit wajah. Jangan khawatir, karena kamu dapat membuat masker dengan berbahan dasar minyak zaitun yang dicampur dengan putih telur, madu, atau oat yang dapat melembutkan sekaligus menjaga kelembapan wajahmu.

Menyamarkan kerutan

Dengan memiliki kandungan antioksidan, minyak zaitun dapat membantu menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Kamu dapat mencobanya dengan mengoleskan minyak di sekitar area mata ketika malam hari atau setelah terkena paparan sinar matahari.

Memudarkan bekas luka

Kandungan vitamin dan antioksidan yang ada dalam minyak ini ternyata dapat memudarkan bekas luka dengan membantu regenerasi sel kulit. Kamu dapat mengoleskan minyak di area bekas luka atau mencampurkannya dengan perasan jus lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati stretch marks

Baca Juga :  16 Rekomendasi Toner Terbaik Untuk Beragam Jenis Kulit

Meski memiliki manfaat yang beragam, penggunaan minyak zaitun pada kulit juga perlu kamu perhatikan lebih jauh, terlebih ketika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif.  Untuk itu kamu perlu melakukan tes alergi sebelum mengaplikasikannya pada seluruh bagian wajah. Gosokkan sedikit minyak pada lenganmu dan biarkan selama 24 hingga 48 jam, jika tidak menimbulkan reaksi maka minyak zaitun akan aman digunakan pada kulit. 

Minyak zaitun juga memiliki tekstur yang berat dan tidak mudah diserap ke dalam kulit. Maka penting untuk membersihkan sisa-sisa minyak supaya mencegah pori-pori tersumbat atau bakteri yang terperangkap. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam memilih minyak zaitun yang dicampur dengan bahan lainnya.

Belanja Produk Rekomendasi dengan Minyak Zaitun

Wardah Pure Olive Oil 

Produk yang satu ini mengandung minyak alami zaitun sehingga aman digunakan setiap hari. Minyak ini cocok untuk segala jenis kulit dan tidak memberikan efek samping setelah penggunaannya. Selain itu, minyak ini juga dapat menyamarkan kantung mata yang hitam jika digunakan secara rutin dengan mengoleskan pada bagian bawah mata sebelum tidur. Produk ini juga bisa kamu gunakan sebagai body lotion, krim mata, hingga mengurangi stretch marks.

Sariayu Minyak Zaitun

Sariayu juga mengeluarkan produk dengan mengandung minyak zaitun asli tanpa bahan kimia lainnya. Kandungan minyak zaitun ini diklaim dapat mencegah penuaan dini dan melembapkan kulit yang sangat kering dan kasar. Kamu hanya perlu mengambil beberapa tetes minyak lalu mengoleskannya ke seluruh bagian wajah, dan jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan.

Benton Shea Butter dan Coconut Body Lotion

Eminence Facial Recovery

Eminence Facial Recovery Oil dapat mengencangkan dan melembapkan kulit dengan kandungan minyak zaitun yang ada di dalamnya. Selain itu, minyak ini juga dapat menenangkan, menutrisi, serta mencegah penuaan dini dengan menambahkan dua hingga tiga tetes ke wajah dan leher, kemudian mengoleskannya dengan gerakan melingkar.

DHC Olive Virgin Oil Essential Cream

manfaat minyak zaitun

Produk dari DHC ini memiliki kandungan minyak zaitun alami yang dapat menyerap dengan cepat pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi lembap dan halus tanpa membuat pori-pori wajah tersumbat. Krim ini juga mengandung tumbuhan alami seperti squalane yang dapat memberikan perlindungan antioksidan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Julep Love Your Bare Face Hydrating Cleansing

Produk yang satu ini kaya akan antioksidan yang dapat mengangkat riasan serta kotoran yang ada di wajahmu. Dengan memiliki kandungan minyak biji rosehip, minyak zaitun, dan minyak biji anggur, produk ini dapat memberikan nutrisi bagi wajah sekaligus melembapkan dan memperbaiki tekstur wajah.

Innisfree Real Olive Oil Cleansing Foam

Pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur creamy dengan busa yang lembut, sehingga cocok digunakan sebagai pembersih kedua setelah penggunaan milk cleanser. Produk dengan bahan dasar minyak zaitun ini sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kering.

Selanjutnya: Panduan Mengatasi Pigmentasi Kulit.