Apa Penyebab Clogged Pores dan Bagaimana Mengatasinya?

clogged pores
Foto: www.gettyimages.com

Ketika bercermin hal yang paling sering kamu lihat tentunya adalah area wajah. Kamu pasti memperhatikan bagaimana kondisi wajahmu, apakah masih mulus (Thank God!), atau muncul jerawat baru, atau bahkan semakin banyaknya komedo. Untuk dua hal terakhir perlu kamu waspadai, karena jerawat dan komedo merupakan salah satu tanda bahwa wajahmu memiliki pori-pori yang tersumbat atau yang dikenal clogged pores.

Untuk membahas secara tuntas tentang pori-pori kulit yang tersumbat, LIMONE kemudian menghubungi salah seorang dermatovenereologist, dr.Ida Ayu Diah Purnama Sari,Sp.KK

Apa Itu Clogged Pores (Pori-pori Tersumbat)?

clogged pores
Foto: www.freepik.com

“Istilah clogged pores sendiri, pada bidang estetik umumnya mengarah ke pori-pori wajah yang mengalami sumbatan. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh sel kulit mati, minyak berlebih, debu, sisa kosmetik yang tidak dibersihkan secara maksimal, maupun karena bakteri. Clogged pores lebih sering dialami oleh tipe kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat,” jelasnya

Sebelum membahas lebih lanjut terkait clogged pores, Dokter Ida juga menjelaskan terkait pori-pori yang ada di kulit. Jika dilihat sekilas, pori-pori tidak akan terlihat pada kulit, namun tempat keluarnya keringat dan minyak ini akan terlihat lebih besar pada keadaan tertentu.

“Pori-pori merupakan bukaan atau jalan kecil pada kulit yang dapat mengeluarkan minyak dan juga keringat ke permukaan kulit. Pori-pori umumnya sekilas tidak terlihat pada kulit, kecuali pada keadaan tertentu maka pori-pori kulit akan terlihat lebih besar. Adapun pori-pori pada kulit manusia berfungsi untuk jalan keluarnya keringat dan sebasea,” tambahnya.

Munculnya komedo dan jerawat merupakan salah satu tanda bahwa terdapat clogged pores di kulit wajahmu. Untuk itu kamu harus segera membersihkannya supaya pori-porimu tidak lagi tersumbat.

“Pada individu dengan clogged pores, pori-pori wajah akan tampak lebih besar, tetapi bukan membesar dalam artian sebenarnya. Ukuran pori-pori kulit akan tetap sama, tetapi hanya terlihatnya saja lebih besar saat adanya sumbatan. Clogged pores akan menimbulkan munculnya komedo baik komedo tertutup (whiteheads) ataupun terbuka (blackheads), dan jerawat,” tuturnya.

Baca Juga :  Apakah Urutan Skincare Korea Pasti Membuat Kulitmu Glowing?

Bagaimana Clogged Pores Terjadi?

Foto: www.freepik.com

Semakin kamu malas membersihkan dan membiarkan komedo bersarang di kulit wajah, hal tersebut akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajahmu. Pastinya membuatmu akan semakin sulit menangani masalah, misalnya munculnya jerawat baru. 

“Jika dibiarkan maka clogged pores akan menimbulkan berbagai masalah pada wajah, yaitu wajah akan terlihat lebih kusam, komedo akan semakin banyak dan akhirnya akan timbul jerawat yang jika dibiarkan, akan semakin berat dan lebih sulit untuk menanganinya,” ujarnya.

Terdapat beragam faktor penyebab terjadinya clogged pores, di antaranya adalah:

Tidak disiplin membersihkan wajah

Sebagian orang menganggap membersihkan wajah merupakan hal yang tidak penting sehingga dengan sengaja melewatkan tahapan membersihkan wajah. Namun ternyata, membersihkan wajah merupakan hal utama yang wajib dilakukan. Hal tersebut untuk memastikan bahwa debu, kotoran, dan kosmetik terangkat dari kulit wajah sehingga tidak mengakibatkan clogged pores

“Jika seseorang memakai makeup ataupun kosmetik yang cukup berat, membersihkan wajah dapat dilakukan dengan metode double cleansing. Hal ini untuk memastikan bahwa kosmetik yang dipakai benar-benar hilang dan kulit wajah siap dengan penggunaan skincare selanjutnya. Tidak hanya kosmetik, tetapi minyak, debu maupun kotoran yang menempel pada wajah juga harus dibersihkan,” paparnya.

Memakai kosmetik atau makeup yang tebal

Terdapat beragam alasan ketika kamu mengenakan makeup. Terlebih ketika ingin tampil all out dalam menghadiri sebuah acara, kamu pasti akan memakai riasan tebal. Namun ternyata memakai makeup tebal dan dengan durasi yang lama secara langsung akan menjadi penyebab terjadinya clogged pores.

“Minyak pada wajah secara alami akan terus menerus dihasilkan oleh kulit, jika ditambah dengan penggunaan kosmetik atau makeup yang tebal maka akan semakin menyumbat pori kulit wajah,” terangnya

Tidak melakukan eksfoliasi

Sel kulit mati yang dibiarkan berada pada kulit wajah juga dapat menyebabkan clogged pores. Untuk itu penting melakukan eksfoliasi, selain dapat mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga akan mengurangi masalah yang timbul pada kulit wajahmu.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Menghilangkan Kerutan di Wajah

“Normalnya, kulit akan beregenerasi selama alami setiap 28 hari. Tetapi, seiring bertambahnya usia maka proses regenerasi ini akan lebih lambat. Maka dari itu jika tidak dilakukan eksfoliasi atau perawatan khusus, maka akan terjadi clogged pores dan kulit akan tampak kusam serta timbul masalah kulit lainnya,” jelas Dokter Ida.

Bagaimana Cara Mengatasi Pori-Pori Kulit yang Tersumbat?

Foto: www.freepik.com

Jika kulit wajahmu memiliki clogged pores, lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Selalu cuci wajah 2 kali sehari

Dengan rutin membersihkan wajah dapat membantu pori-porimu bernapas lega sehingga tidak menimbulkan clogged pores. Pasalnya minyak, debu maupun kotoran, dan makeup akan terangkat. Kamu bisa menerapkan metode double cleansing yang dilanjutkan dengan pemakaian produk perawatan wajah.

“Ingat selalu menerapkan double cleansing untuk yang memakai makeup ataupun kosmetik. Tahapannya adalah dengan memakai oil/balm/milk cleanser, lalu dilanjutkkan dengan sabun wajah sesuai tipe kulit. Selanjutnya dapat diaplikasikan toner, essence, serum, moisturizer, dan krim malam, yang tentu saja yang sesuai dengan tipe kulit wajah atau yang tidak menyumbat pori,” anjurnya

2. Hindari memakai kosmetik atau makeup yang tebal

Seperti yang telah diketahui, penggunaan makeup yang tebal dapat menjadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah. Untuk itu kamu perlu meminimalisir bahkan menghindari pemakaian makeup yang tebal. 

Sebaiknya hindari penggunaan kosmetik yang tebal, atau jika memang tidak bisa dihindari, kembali lagi pada pembersihan kulit wajah secara maksimal dan tepat,” ungkapnya.

3. Gunakan skin care yang non-comedogenic dan oil free

Menggunakan perawatan wajah memang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Namun jika ingin menghindari clogged pores, kamu perlu memperhatikan kandungan produk perawatan wajahmu.

“Perhatikan kandungan skin care yang dipakai. Comedogenic rating scale dari kandungan skin care yang dipakai usahakan 0 atau maksimal 1, dan ingat selalu untuk memilih skin care yang oil free atau bebas minyak,” jelas Dokter Ida.

4. Gunakan sunscreen setiap keluar rumah atau saat terpapar sinar matahari

Pengaplikasian sunscreen pada kulit wajah sangat penting. Ketika kulitmu harus terkena sinar matahari atau sinar UV, kamu harus berhati-hati karena sinar UV dapat menyebabkan masalah kulit seperti clogged pores, kulit terbakar, bahkan kanker kulit. Maka kamu perlu menggunakan sunscreen untuk mencegah terjadinya hal tersebut. 

Baca Juga :  Tanya Dermatolog: Apa Beda Sunscreen dan Sunblock?

5. Lakukan eksfoliasi secara teratur tetapi tidak berlebihan

Clogged pores atau pori-pori yang tersumbat juga dapat disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk, untuk itu kita perlu melakukan eksfoliasi pada kulit wajah. Dokter Ida menyampaikan bahwa eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara mechanical atau physical dan chemical.

“Eksfoliasi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara mechanical/physical yaitu dengan alat. Di rumah bisa dengan menggunakan brush, sponge atau scrub. Di klinik bisa dengan mikrodermabrasi,” ungkapnya.

Sedangkan cara kedua adalah chemical yakni dengan menggunakan bahan oles. Beberapa produk yang mengandung bahan-bahan exfoliant yakni Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA) dan Poly Hydroxy Acid (PHA). Namun penggunaan produk dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan risiko iritasi.

Selain itu, jangka waktu terbaik untuk melakukan eksfoliasi secara mechanical atau physical yang dilakukan di rumah adalah dua minggu sekali.

6. Konsultasi dan perawatan dengan spesialis kulit

Untuk menghilangkan clogged pores memerlukan waktu yang bervariasi. Selain disesuaikan dengan seberapa berat clogged pores yang ada pada kulit wajah, kesabaran serta kedisiplinan juga akan memengaruhi. 

“Jika clogged pores sudah menimbulkan komedo yang banyak, bahkan hingga timbul jerawat, segera berkonsultasi dan melakukan perawatan dengan spesialis kulit,” ujarnya.

Kamu pastinya tidak ingin memiliki clogged pores, untuk itu kamu permu menghindari beragam hal untuk meminimalisir terjadinya clogged pores di wajahmu. “Penting untuk menghindari stress, istirahat yang cukup, dan hindari kebiasaan seperti merokok dan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Faktor-faktor ini secara tidak langsung juga berperan pada timbulnya clogged pores,” tegasnya.

Selanjutnya: Ini Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi.