Bagaimana Cara Menghilangkan Noda-Noda Hitam Menyebalkan di Wajah

cara menghilangkan noda hitam di wajah
Foto: www.freepik.com

Warna hitam jika dipakai dalam bentuk little black dress atau blazer akan membuat penampilan kita terlihat chic dan keren. Namun, beda ceritanya jika warna ini menempel dalam bentuk noda hitam kulit wajah. Dan super menyebalkannya lagi, bintik-bintik hitam ini tidak kunjung hilang, bahkan ketika sudah kamu memakai berbagai produk dari berbagai belahan dunia. Benarkah tidak ada cara menghilangkan noda hitam di wajah ini?

Bagi kamu sudah hampir hilang kesabaran dan frustrasi mencari caranya, coba baca penjelasan dari dr. Venny Veronica, Msc, seorang dokter estetik dan anti-aging dari bmderma clinic dan Project Skin by bmderma clinic.

Apa Sebenarnya Noda dan Bintik Hitam yang Ada di Kulit Wajah dan Apa Penyebabnya?

cara menghilangkan noda hitam di wajah
Foto: www.gettyimages.com

Dokter Venny menjelaskan bahwa secara umum, bercak pada kulit yang berwarna lebih gelap di area kulit dan sekitarnya biasa disebut dengan hiperpigmentasi. “Ada beberapa jenis hiperpigmentasi, seperti freckles, melasma, dan hiperpigmentasi pasca inflamasi,” jelasnya.

Hiperpigmentasi terjadi ketika kulit menghasilkan lebih banyak melanin, yang merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit, sehingga warna kulit tampak lebih gelap. Dan penyebab hiperpigmentasi ini tergantung pada jenisnya.

Ada tiga penyebab paling umum kondisi hiperpigmentasi. Yakni:

  1. Paparan sinar matahari. “Tubuh memproduksi lebih banyak melanin untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Hal ini dapat menyebabkan bintik hitam atau bercak pada kulit yang disebut age spots atau sun spots,” terang Dokter Venny.
  2. Penuaan/perubahan hormonal. Saat seseorang mengalami perubahan hormonal, dapat terbentuk bercak gelap pada kulit, seperti melasma. “Jenis hiperpigmentasi ini juga umum terjadi selama kehamilan,” imbuhnya.
  3. Peradangan pada kulit. Area kulit bisa menjadi gelap setelah seseorang mengalami peradangan pada kulit, termasuk jerawat, eksem, atau cedera pada kulit. “Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap, cenderung lebih mudah meninggalkan bekas yang berwarna gelap setelah sembuh dari peradangan kulit, atau biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi,” tambahnya.

Dan jika kamu butuh sebuah berita yang meringankan hidup: “Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum dan dapat terjadi pada semua orang dari berbagai jenis kulit,” tegasnya. Jadi, kamu tidak sendirian dalam usaha mencari cara menghilangkan noda hitam di wajah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghilangkan Hiperpigmentasi?

Foto: www.freepik.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan noda hitam di wajah, ada satu hal yang wajib kamu ingat. Yakni: “Hiperpigmentasi bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, namun kebanyakan orang terganggu dengan keadaan tersebut dan ingin menghilangkannya,” tegas Dokter Venny.

Dan berita baiknya, noda-noda hitam tak diundang di wajah ini bisa dilhilangkan.

“Ada beberapa kemungkinan cara yang dapat dilakukan di rumah maupun di klinik untuk memudarkan bercak atau bintik hitam. Prosedur yang dapat dilakukan di klinik untuk memperbaiki tampilan hiperpigmentasi adalah chemical peels, mikrodermabrasi, terapi IPL dan  terapi laser,” terangnya.

“Jika ingin mencoba prosedur di klinik seperti terapi laser atau chemical peels, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mendiskusikan proses dan kemungkinan efek samping dari tindakan tersebut,” dirinya mengingatkan.

Atau kamu bisa mencoba metode picosure laser untuk hasil yang lebih cepat dan permanen. “Picosure laser adalah laser dengan teknologi terkini untuk mengatasi masalah pigmentasi dengan cepat dan tanpa down-time,” jelasnya.

Bagaimana dengan produk skincare yang dijual di toko dan supermarket? Dokter Venny membocorkan bahwa
produk skincare yang mengandung bahan-bahan pencerah kulit dapat membantu memudarkan noda hitam pada kulit, seperti vitamin C, kojic acid, azelaic acid, dan retinoid.

Jika kamu masih ingat (masa pandemi ini membuat kita lupa banyak hal), ada pepatah yang bilang: lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagaimana cara mengaplikasikan prinsip yang sama untuk bintik dan noda hitam di wajah ini?

“Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya noda hitam atau mencegah hiperpigmentasi menjadi lebih gelap,” Dokter Venny memaparkan.

Oh, yeah!

Begini beberapa cara pencegahannya.

  • Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit kita.
  • Hindari mengorek-ngorek luka, koreng, atau jerawat pada kulit agar tidak meninggalkan bekas noda berwarna gelap setelah lukanya sembuh.

Selanjutnya: Apakah kamu perlu khawatir pada efek blue light terhadap kulit? Ini kata penjelasan seorang dermatolog.

podcast button