Serius: Sebenarnya Berapa Banyak Air Putih yang Harus Diminum Tiap Hari?

minum air putih
Foto: www.istockphoto.com

Mencuci tangan dengan teratur? √. Social distancing? Sedang mencoba dan berusaha menikmatinya. Bekerja dari rumah? √, tapi jujur masih sering tergoda dengan kasur. Minum jahe? Masih sering lupa. Dan masih ada satu hal lagi yang tidak boleh lupa: minum air putih yang cukup. Namun, sebenarnya apa definisi “cukup” minum air putih?

Mengapa Minum Air Putih Penting?

Sebelumnya, mari menyegarkan ingatan mengapa mengonsumsi air putih penting.

“Menjaga sistem air kemih sehat, memastikan makanan tetap bergerak di sistem pencernaan, membantu meregulasi tekanan darah dan temperatur badan dan bekerja untuk melindungi sendi, organ, dan jaringan lain,” tulis Harvard Medical Publishing, baru-baru ini.

Malah, sebuah penelitian dari November 2019 yang dilakukan European Journal of Nutrition menemukan bahwa kurang minum air bisa mengganggu sistem kognitif pada perempuan.

Meski Dr. Andrew Budson, seorang dosen neurologi di Harvard Medical School mengatakan bahwa studi 2019 tadi memiliki banyak batasan dan penemuan tersebut harus dipertimbangkan dengan penuh kehati-hatian.

Berapa Banyak Air Putih Harus Diminum Setiap Hari?

Namun, Budson tetap menegaskan bahwa minum air putih itu penting. Tidak hanya karena COVID-19, tapi hari ini dan seterusnya. Akan tetapi, tidak perlu mengubah gaya hidup drastis terutama, “untuk mereka yang tidak memiliki masalah hidrasi,” katanya kepada Harvard Health Publishing. “Sebagian besar orang sudah baik dalam mengikuti sinyal yang dikirim tubuh tentang kapan harus minum, dan ginjal dan organ tubuh lain bekerja dengan baik.”

Menurutnya, individu yang memiliki masalah dengan hidrasi merupakan orang yang harus minum lebih banyak. Masalah ini bisa berupa mengalami gejala-gejala dehidrasi, seperti urine berwarna gelap, tekanan darah rendah, lemas, pusing atau mengalami kebingungan.

Nah, untuk orang yang mengalami hal ini, Budson menyarankan untuk minum air putih yang cukup agar bisa kencing setiap dua jam sekali. “Jika kamu tidak kencing dalam dua jam, mungkin kamu tidak minum air putih yang cukup.”

Dan terkhusus untuk perempuan, “butuh mengonsumsi air putih lebih banyak jika secara regular mengonsumsi minuman lain yang bisa merilis ar lebih banyak,” katanya. Contohnya, kopi, teh, dan alkohol yang merupakan jenis minuman diuretik, yakni bisa meningkatkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan air putih yang cukup.

Dengan kata lain, untuk mengetahui berapa banyak air putih yang kamu butuhkan adalah dengan mendengarkan tubuhmu. Periode setiap-dua-jam-ke-toilet untuk buang air kecil, mungkin bisa kamu jadikan patokan. Dan pastikan minum lebih banyak, saat mengonsumsi kopi, teh, alkohol dan berolahraga serta pada hari panas.

Selanjutnya: Hanya menambahkan setengah sendok makan cairan ini, jantungmu bisa lebih sehat.

podcast button