Ingin Punya Kulit yang Lembut? Ini 12 Rekomendasi Sabun Mandi yang Pas

sabun mandi
Foto: www.rawpixel.com

Salah satu produk yang tidak boleh terlewatkan untuk digunakan dalam sehari-hari adalah sabun mandi. Akan tetapi, terdapat beberapa body soap yang dijual di pasaran, dengan berbagai bentuk dan kandungan. Dengan banyaknya varian yang ada, maka berikut hal-hal yang bisa kamu perhatikan ketika akan memilih sabun mandi.

Cara Memilih Sabun Mandi

sabun mandi
Foto: www.unsplash.com

Sabun mandi merupakan produk yang digunakan untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel pada kulit. Karena hal tersebut, kamu perlu memilih produk yang tepat dan benar.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sejatinya, setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda-beda. Untuk itu, ketika memilih sabun mandi maka kamu perlu menyesuaikannya dengan kulit yang kamu miliki.

Kulit kering

Walau memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel, namun sebagian sabun mandi juga mengangkat minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh tubuh. Sehingga dapat menimbulkan kulit menjadi kering.

Jika kamu memiliki jenis kulit kering, maka sebaiknya menghindari produk dengan kandungan detergen, antibakteri, pewangi, dan alkohol. Karena bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi dan semakin kering. Untuk itu kamu perlu memilih sabun yang mengandung pelembap alami seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau cocoa butter.

Kulit berminyak

Untukmu yang memiliki kulit berminyak, maka selamat karena artinya kamu mempunyai kulit yang kenyal dan lembap.

Akan tetapi kulit yang terlalu berminyak dapat memudahkan bakteri untuk berkembang biak. Sehingga, kamu bisa memilih menggunakan sabun berbahan kimia lembut yang bebas detergen.

Selain itu, kamu juga bisa memilih sabun yang mengandung bahan-bahan khusus, seperti gliserin, madu, atau oatmeal. Nantinya jenis sabun mandi ini dapat membersihkan kulit berminyak tanpa menimbulkan iritasi.

Kulit sensitif

Kulit sensitif merupakan jenis yang mudah mengalami iritasi dan alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan sabun tanpa pewangi dan kandungan pH yang seimbang. Hindari produk yang mengandung antibakteri, karena hal tersebut dapat mengiritasi kulit.

Perhatikan kualitas busa

Dari banyaknya sabun mandi yang beredar di pasaran, jangan lupa untuk memilih body soap yang dapat dibilas dengan mudah serta menghasilkan busa yang berkualitas tinggi. Disarankan untuk menggunakan produk berjenis foam dengan kemasan pump karena biasanya busa yang dihasilkan akan banyak meski hanya sekali menekannya. 

Jenis-jenis Sabun Mandi

sabun mandi
Foto: www.freepik.com

Berikut tiga jenis sabun mandi yang beredar di pasaran:

Sabun batang

Biasanya sabun batang mengandung sodium hidroksida yang berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran. Akan tetapi, kandungan ini juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Jika kamu ingin menggunakan jenis sabun mandi yang satu ini, pastikan produk tersebut tidak mengandung zat basa yang tinggi. Karena kandungan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Sabun cair

Umumnya, sabun cair mengandung banyak pelembap yang dapat menjaga kulit untuk tetap lembut. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, jangan lupa untuk memilih produk dengan kandungan pelembap di dalamnya.

Sementara untukmu dengan tipe kulit sensitif, maka sabun cair tanpa pengharum dan pH yang normal merupakan pilihan yang tepat.

Shower gel

Meski sama-sama berbentuk cair, namun biasanya jenis sabun mandi shower gel memiliki tekstur yang lebih kental dan mengandung lebih banyak pewangi. Sehingga sabun ini akan sangat cocok untuk digunakan olehmu dengan tipe kulit berminyak.

Rekomendasi Sabun Mandi

Kiehl’s Made for All Gentle Body Cleanser

Sabun yang aman untuk digunakan pada semua jenis kulit ini mengandung bahan-bahan alami termasuk lidah buaya yang akan membuat tubuh terasa lebih bersih, segar, dan lembut. Untukmu yang memiliki buah hati di atas usia tiga tahun, produk ini juga sangat aman untuk digunakan.

Aveeno Skin Relief Body Wash

Meski direkomendasikan untuk kulit kering dan sensitif, namun pemilik kulit berminyak juga bisa menggunakan produk yang satu ini. Apalagi dengan aromanya yang lembut dan menenangkan, dijamin kamu akan terasa rileks setelah menggunakan sabun mandi yang satu ini.

Sensatia Botanicals Hydrating Body Wash

Pemilik kulit kering rasanya tidak boleh melewatkan penggunaan produk yang satu ini. Karena Sensatia Botanicals Hydrating Body Wash dilengkapi dengan lavender, petitgrain, dan belimbing yang dapat melembutkan sekaligus melembapkan kulit. Kandungan alami ini mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas.

OUAI Body Cleanser

Pembersih tubuh ini mengandung minyak jojoba dan mawar sehingga dapat memberikan hidrasi yang baik pada kulit. Dengan aromanya yang harum, dijamin produk ini bisa meningkatkan suasana hatimu agar semakin menyenangkan. Apalagi dengan tambahan busa yang dapat membersihkan tubuh dengan lembut.

Ailia Naturals Vegan Castile Soap

Sabun yang satu ini tidak mengandung deterjen, bahan pengental, pewarna, pengawet, serta tanpa lemak hewani. Selain itu,  Ailia Naturals Vegan Castile Soap juga merupakan produk multifungsi. Karena bisa digunakan sebagai sabun mandi, pembersih wajah, pembersih kuas dan riasan wajah, atau dibuat sebagai pasta gigi.

Jika kamu tidak ingin repot untuk memilih beberapa produk untuk berbagai kegiatan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan produk yang satu ini.

Dr Bronners Pure Castile Bar Soap

Produk ini termasuk ke dalam jenis sabun batang serbaguna yang dapat membersihkan wajah, tubuh, dan rambut. Menawarkan delapan varian, maka kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Karena sejatinya seluruh sabun ini diformulasikan untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Menariknya, produk ini juga dibuat dari bahan-bahan organi alami seperti minyak kelapa, jojoba oil, dan palm kernel oil.

The Goat Skincare Soap Bar with Manuka Honey

Tidak hanya dapat memberikan nutrisi pada tubuh, madu manuka juga dapat ditambahkan ke dalam sabun mandi yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Sehingga sangat cocok untuk digunakan bagi pemilik kulit sensitif, kering, dan gatal.

Kelebihan lainnya, produk ini dibuat tanpa bahan berbahaya dan tidak dilakukan uji coba pada hewan.

Sensatia Botanicals Nine Ultimate Natural Soap Minis

Ditujukan untuk semua jenis kulit, sabun ini dibuat dari bahan-bahan natural, seperti shea butter dan minyak esensial yang berasal dari buah segar dan rempah-rempah. Berkat hal tersebut, produk ini mampu menutrisi kulit agar lebih sehat, lembut, dan bercahaya.

Mario Badescu Rose Body Soap

Berkat kandungan air mawar dan minyak mawar yang ada di dalamnya, menjadikan sabun ini kaya akan busa sehingga bisa membersihkan sekaligus mengangkat kotoran dengan mudah. Shower gel ini akan menghidrasi kulit dan membuatnya terasa lembut dan harum ketika digunakan.

Petal Fresh Pure Bath & Shower Gel Seawed & Argan Oil

Perpaduan ekstrak rumput laut dan argan oil ini sangat kaya akan vitamin dan mineral. Karena kandungan tersebut, kulit pun menjadi lebih bersih dan lembut. Menariknya, sabun mandi ini dapat memberikan hidrasi secara intens untuk kulit.

OC Naturals Body Wash Moisturising Aroma Vanilla Ylang Ylang

Berkat perpaduan minyak biji bunga matahari, kacang brazil, dan ekstrak vanilla, menjadikan body wash ini akan membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu, permukaan kulit juga akan terasa lebih bersih dan sehat ketika digunakan secara rutin.

Erha Acneact Acne Body Wash BHA & Mugworth

Sabun mandi cari berbentuk gel ini mengandung formula pH seimbang dan dengan busa yang lembut. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada kulit yang berjerawat. Karena nantinya bahan-bahan yang ada di dalamnya dapat menenangkan kulit yang meradang sekaligus menjaga kelembapannya.