13 Film Horor Komedi yang Akan Membuatmu Ketakutan dan Tertawa Heboh

film horor komedi
Foto: Istimewa

Ketika mendengar kata horor, pasti kamu langsung membayangkan hantu dengan tampilan yang seram. Namun lain halnya dengan film horor komedi. Selain menyajikan sosok hantu yang sesuai bayanganmu, film ini juga akan mengundang gelak tawa akibat tingkah laku hantu atau pun pemeran utamanya.

Ingin tertawa sekaligus ketakutan hari ini atau akhir pekan ini? Jika kamu sedang ingin menonton film horor yang dikemas dengan balutan humor, berikut 13 rekomendasi film horor komedi. 

Zombieland (2009)

Foto: www.imdb.com

Zombieland menceritakan petualangan Colombus untuk bertahan hidup di tengah wabah zombie yang menyerang masyarakat Amerika Serikat. Ia bisa bertahan hidup dengan mengikuti peraturan-peraturan unik yang dibuatnya sendiri. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan tiga manusia yang berhasil selamat. 

Keempat orang ini kemudian mencari tempat tujuan yang aman agar bisa bertahan hidup dan terhindar dari wabah zombie. Meski menegangkan, sang sutradara tak lupa untuk menyelipkan adegan-adegan lucu yang berasal dari tingkah aneh para pemain ketika berusaha mematuhi peraturan yang dibuat Colombus saat menghadapi zombie.

Midnight University (2016)

Foto: www.imdb.com

Setiap universitas pasti memiliki cerita yang misterius di masa lalu, begitu pun dengan film Midnight University. Film horor komedi ini menceritakan seorang mahasiswi bernama Star yang harus mengulang sebuah mata kuliah yang hanya diselenggarakan pada malam hari. Ia akhirnya mengajak teman-temannya untuk mengikuti kelas tersebut.

Sialnya, Star dan kelima temannya justru masuk ke kelas yang penuh dengan hantu mahasiswa yang meninggal sebelum mengikuti ujian. Mereka pun akhirnya mendapatkan teror secara terus-menerus dari hantu-hantu yang dulunya adalah mahasiswa di kampus tersebut.

Baca Juga :  12 Film Anak-Anak yang Wajib Ditonton Akhir Tahun 2020

Shaun of the Dead (2004)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Menceritakan tentang seorang pria yang bernama Shaun yang ingin merebut kembali hati kekasihnya. Sayangnya, keadaan kota sedang genting karena adanya wabah zombie. Shaun of the Dead menyajikan komedi dengan berbagai aksi kocak Shaun bersama orang-orang yang selamat saat melawan para zombi yang kelaparan.

Ghost Writer (2019)

film horor komedi
Foto: www.pinterest.com

Ghost Writer bercerita tentang Naya, seorang penulis yang menemukan buku di rumah kosong yang ia sewa. Setelah membaca isi keseluruhan buku, Naya akhirnya mendapatkan ide cerita untuk ia tulis demi membiayai kehidupannya dan sang adik.

Ternyata buku ini merupakan milik seorang pria bernama Galih yang telah meninggal karena bunuh diri. Namun sayangnya Galih tidak setuju dengan ide Naya yang ingin menggunakan cerita hidupnya sebagai bahan materi untuk dijadikan buku. Sang sutradara, Bene Dion, menyelipkan humor ke dalam film ini melalui tingkah-tingkah lucu dari para pemain.

Pee Nak (2019)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Film komedi horor asal Thailand ini menceritakan kisah hantu yang bergentayangan akibat tidak bisa menjadi biksu. Kisah dimulai dari tiga sekawan yang terdiri dari Nhong, First, dan Balloon yang pergi ke sebuah kuil di pedalaman untuk menjadi seorang biksu. Namun mereka mengalami gangguan-gangguan aneh ketika tiba di kamar masing-masing. Akhirnya mereka ditempatkan di sebuah kamar tempat bersemayamnya seorang biksu yang mati secara tak wajar. 

Warm Bodies (2013)

Foto: www.imdb.com

Bergenre horor, komedi, dan romantis ini menceritakan R, seorang zombie yang jatuh hati pada manusia. Kisah dimulai ketika Julie, Perry,  dan beberapa orang lain harus pergi ke sarang zombie karena mendapatkan tugas untuk memulihkan persediaan medis. Namun tiba-tiba R dan sekelompok zombie lainnya menyerang dan berhasil membunuh Perry yang merupakan kekasih Julie.

R mendapatkan memori indah tentang Julie ketika memakan bagian otak Perry. Ia kemudian menyelamatkan Julie dan membawanya masuk ke bangkai pesawat. Sayangnya, lama-kelamaan Julie mengetahui bahwa R telah membunuh pacarnya.

Baca Juga :  14 Film Romantis Indonesia yang Dijamin Membuat Hatimu Meleleh

Hello Ghost (2010)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Film horor komedi asal Korea Selatan ini mengisahkan seorang pemuda bernama Sang-man yang hidup sebatang kara dan kesepian. Ia selalu mencoba untuk bunuh diri, namun usahanya tidak pernah berhasil. Karena kegagalannya, ia pun akhirnya diikuti oleh satu keluarga hantu. Tingkah para hantu ini membuat film Hello Ghost menjadi lucu dan membuat kamu pasti tertawa. Plot twist-nya adalah akhirnya Sang-man mengetahui siapa sebenarnya hantu-hantu ini.

John Dies at the End (2013)

Foto: www.imdb.com

John Dies at the End menceritakan kisah seorang pria bernama David yang memiliki kekuatan khusus setelah mengonsumsi kecap asin yang diberikan oleh seorang pria misterius. Pria ini dapat meramalkan masa depan dan menceritakan isi pikiran seseorang. Setelah pertemuan itu, cerita berlanjut hingga David dan temannya, John, menjadi satu-satunya harapan untuk menyelamatkan manusia dari serangan makhluk yang bukan berasal dari bumi. 

They Live (1988)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Film horor komedi karya sutradara John Carpenter ini mengangkat tema tentang alien-alien yang melakukan teror pada manusia bumi. Kisah dimulai ketika John Nada menemukan kacamata misterius dan ketika memakainya ia menyadari bahwa bumi yang ditinggalinya telah dikuasai oleh alien. Di samping memberikan teror kepada manusia bumi, alien-alien ini memberikan hiburan lewat tingkah lucunya ketika harus menyamar dan beradaptasi dengan kehidupan bumi. 

The Evil Dead (1981)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Rilis pada tahun 1981, The Evil Dead merupakan film pembuka dari triloginya. Menceritakan tentang kelima sahabat yang terjebak dalam hutan rimba. Awalnya mereka pergi ke hutan rimba untuk berlibur, namun tanpa sengaja mereka menemukan mantra yang merupakan kunci utama untuk menghidupkan kembali roh jahat yang bisa mengendalikan manusia. Roh jahat ini pun merasuki mereka secara satu persatu hingga akhirnya menyisakan dua orang yang bertahan. Meski menegangkan, unsur komedi juga menjadi salah satu keunggulan dalam film ini.

Baca Juga :  13 Film Romantis Korea yang Akan Membuat Hati Tercabik dan Mata Sembap

The Frighteners  (1996)

Foto: www.imdb.com

Berkisah tentang Frank Bannister yang diperankan oleh Michael J. Fox, seorang detekif yang mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib setelah mengalami kecelakaan. Berkat kemampuannya, ia dapat mengungkap kasus yang selama ini masih menjadi misteri.

Kasus ini tidak mudah diselesaikan karena Frank dan seorang dokter  bernama Dr. Lucy harus menghadapi orang gila yang selalu mengganggu mereka. Namun orang gila ini merupakan seorang wanita yang terlibat pembunuhan berantai. The Frighteners merupakan film terakhir dari Michael J. Fox sebelum ia harus pensiun dari dunia perfilman. 

Tremors (1990)

Foto: www.imdb.com

Tremors merupakan cerita perjalanan dari sekelompok orang yang harus menghadapi monster bawah tanah yang sedang mencari mangsa. Monster itu dapat keluar secara tiba-tiba dan memangsa manusia secara satu-per satu. Sekelompok orang yang tersisa pun harus melakukan berbagai cara untuk melindungi diri dari sang monster yang menakutkan ini. Film ini menambahkan unsur komedi melalui sentilan-sentilan lucu yang dilontarkan para pemain ketika menghadapi monster.

The Monster Squad (1987)

film horor komedi
Foto: www.imdb.com

Bercerita tentang drakula yang memiliki ambisi untuk menguasai dunia dengan dibantu oleh teman-teman monsternya, yakni mummy dan werewolf. Sayangnya, usaha mereka gagal karena adanya sekelompok remaja yang terbiasa hidup hura-hura namun memiliki niat untuk menjaga bumi. 

Monster-monster ini muncul karena di kota tempat sekelompok remaja ini tinggal, menyimpan sebuah amulet kuno yang memiliki kekuatan jahat. Sekelompok remaja akhirnya harus saling bahu-membahu untuk merebut amulet dan menyingkirkan drakula serta monster lainnya. Film ini merupakan usaha dari sang sutradara untuk membangkitkan kembali ingatan horror legendaris dan menjadi salah satu film horror terbaik di era 1980an.

Selanjutnya: Film Indonesia Terbaik Wajib Tonton.