11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna

make up brush

Selain beauty blender, terdapat perlengkapan riasan lain yang wajib kamu ketahui. Salah satunya adalah make up brush yang terdiri dari beberapa jenis.

Penggunaan make up brush ini akan membantumu untuk mengaplikasikan riasan tanpa menggunakan jari. Tak hanya itu, kuas ini juga akan memberikan hasil akhir yang lebih halus dan menempel pada kulit.

Oleh karena itu, LIMONE telah merangkum 11 kuas make up yang wajib dimiliki, dan cara memilihnya dengan tepat.  

Cara Memilih Make Up Brush

make up brush

Sangat disarankan untuk memilih brush make up set yang memiliki berbagai jenis kuas di dalamnya.

Pilih berdasarkan bahan bulu

Bahan utama untuk membuat kuas make up biasanya terdiri dari dua macam yakni bulu alami dan serat sintetis. Pemilihan bahan ini dapat menentukan hasil riasan.

Kuas yang terbuat dari bahan alami biasanya berasal dari bulu binatang yang lembut. Kelebihan dari jenis kuas yang satu ini adalah dapat membuat riasan lebih menempel pada kulit.

Sedangkan kuas yang terbuat dari bahan sintetis, biasanya akan berasal dari nilon, taklon, atau serat polyester. Jenis kuas ini akan lebih baik untuk digunakan pada produk yang bertekstur cair atau krim.

Sesuaikan jenis kuas

Pastikan kamu memiliki kuas make up yang sesuai dengan kebutuhan. Namun jika kamu akan membeli kuas set, maka perhatikan terlebih dahulu kelengkapan kuas yang terdapat dalam produk tersebut.

Sangat disarankan untuk memilih set brush yang memang terisi lengkap, mulai dari powder brush hingga lip brush. Hal ini dapat memudahkanmu untuk mengaplikasikan riasan.

Jangan lupakan wadah penyimpanan

Pilihlah kuas set yang telah dilengkapi dengan wadah penyimpanan. Hal ini untuk memastikan bahwa set brush yang kamu miliki telah tersimpan dengan rapi dan aman.

Wadah penyimpanan ini juga biasanya akan memudahkanmu untuk membawa seluruh jenis kuas ketika sering merias wajah di luar rumah.

Jenis Make Up Brush

make up brush

Berikut beberapa jenis dan fungsi dari kuas makeup yang wajib diketahui:

Powder brush

make up brush
SHISEIDO – Daiya Fude Face Brush Duo

Jenis kuas makeup yang satu ini berfungsi untuk membuat riasan agar tetap merata. Umumnya kuas ini memiliki bulu yang halus, padat, dan panjang yang bertujuan untuk mengatur sekaligus memoles alas bedak.

Gunakan kuas berbulu halus untuk mengaplikasikan bedak tabur. Kemudian bubuhkan secara halus pada zona-T dan area bawah mata.

Produk yang satu ini dijamin bisa membantumu untuk menerapkan riasan secara merata.

Foundation brush

MERIT Brush No.1 Tapered Blending Brush | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
MERIT – Brush No.1 Tapered Blending Brush

Baik itu foundation cari atau krim, untuk pengaplikasiannya tetap membutuhkan alat bantu yakni kuas makeup. Hal ini bertujuan agar produk riasan bisa dipulas secara merata.

Kebanyakan make up brush yang satu ini dibuat dengan bulu yang sangat rapat dan halus. Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih natural, maka kamu bisa menggunakan kuas yang lebih pipih.

Akan tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang rata dan noda yang tertutupi dengan sempurna, maka gunakanlah kuas yang bagian atasnya berbentuk bulat.

Untuk mengaplikasikannya, mulailah membaurkan alas bedak dari bagian tengah wajah seperti pipi dan zona-T. Kemudian baurkan dengan sapuan halus ke arah luar.

Concealer brush

make up brush
IT COSMETICS – Heavenly Luxe Complexion Perfection Brush

Fungsi dari kuas make up yang satu ini untuk membantu meratakan concealer.

Umumnya bentuk dari brush ini agak pipih dan tidak terlalu lebar, sehinggga memudahkanmu saat akan mengoleskan concealer di bagian bawah mata, hidung, atau area-area yang terdapat noda hitam.

Oleskan ujung kuas pada area jerawat, bawah mata, atau bagian mana pun, kemudian ratakan secara perlahan. Kuas ini nantinya bisa membantumu untuk meratakan riasan mata yang berantakan.

Eyeshadow brush

Sigma Tapered Blending Brush E35 | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
Sigma – Tapered Blending Brush E35

Jenis kuas yang satu ini dapat membantumu untuk meratakan eyeshadow. Biasanya terdiri dari bulu halus yang dibentuk dengan agak melengkung yang bertujuan untuk memudahkan proses blending.

Namun perlu diingat bahwa terdapat berbagai bentuk kuas eyeshadow, mulai dari bentuknya yang bulat, rata, dan runcing.  Cara menggunakan kuas yang satu ini adalah dengan membaurkan warna eyeshadow secara merata pada lipatan mata.

Contour brush

Bobbi Brown Eye Shadow Brush | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
Bobbi Brown – Eye Shadow Brush

Pada umumnya, jenis kuas yang satu ini dibuat miring meruncing pada salah satu sisi. Ini bertujuan untuk memudahkanmu ketika menggunakan produk contouring.

Selain itu, bentuk dari make up brush ini juga telah disesuaikan agar terasa pas ketika dioleskan pada tulang pipi. Kebanyakan bentuk dari kuas ini cenderung berukuran kecil dan memiliki bulu halus dan rapat.

Cara menggunakan kuas kontur ini adalah dengan mengoleskannya ke bagian depan dan belakang bawah tulang pipi. Ini bertujuan untuk memberikan efek kontur alami pada wajah.

Blush brush

make up brush
elf – Pointed Powder Brush

Kebanyakan blush brush biasanya berbentuk bulat, tebal, mengembang, atau melebar di bagian ujungnya. Sapukan kuas dan ratakan secara perlahan ke bagian tulang pipi.

Biasanya kuas untuk blush on dan bronzer sangat mirip. Jadi, bukan merupakan masalah yang besar jika kamu halus menggunakan satu kuas untuk mengaplikasikan kedua riasan tersebut.

Namun pastikan kamu telah membersihkannya dengan rutin. Supaya nantinya riasan tidak tercampur dan terlihat aneh ketika diaplikasikan.

Fan brush

make up brush
PATRICK TA – Major Sculpt Brush Limited

Seperti namanya brush make up yang satu ini memiliki bentuk menyerupai kipas angina dengan bulu yang melebar dan pipih. Umumnya, kuas ini berfungsi untuk mengoleskan highlighter atau menghilangkan sisa-sisa bedak tabur pada tulang pipi atau rahang.

Jika kamu menggunakan kuas yang berukuran lebih kecil, gunakan untuk mengaplikasikan maskara agar tidak menggumpal.

Caranya adalah dengan menggosokkan kuas pada tongkat maskara, kemudian usapkan di sepanjang bulu mata.

Eyeliner brush

JAPONESQUE BP 940 Travel Angled Eyeliner Brush | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
JAPONESQUE – BP-940 Travel Angled Eyeliner Brush

Kuas yang satu ini biasanya berbentuk sangat kecil dan tipis, serta bagian ujungnya yang tampak lebih lancip. Fungsi dari brush ini adalah membantumu untuk membuat garis eyeliner yang berukuran kecil atau tipis.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Karena kamu bisa mencelupkan kuas ke dalam produk kemudian mengaplikasikannya seperti biasa yang dilakukan pada eyeliner cair.

Sisir alis

ANASTASIA BEVERLY HILLS Straight Cut Brow Brush 20 | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
ANASTASIA BEVERLY HILLS – Straight Cut Brow Brush #20

Kuas yang identik dengan sikat atau sisir alis ini umumnya memiliki dua sisi dengan fungsi yang berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir kecil, produk ini bermanfaat untuk mempersiapkan bulu mata sebelum kamu mengaplikasikan maskara.

Sementara sisi lain yang berbentuk seperti sikat, biasanya digunakan untuk menyisir bulu alis sebelum kamu menggambarnya.

Mascara wand

BENEFIT They Are Real Mascara | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
BENEFIT – They’re Real Mascara

Sama seperti fungsi dari salah satu sisi sikat alis, mascara wand juga dapat digunakan untuk merapikan bulu mata agar tidak menggumpal. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk meratakan riasan alis.

Karena menjadi kuas yang multifungsi, maka tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa alat ini selalu berada di dalam tas.

Lip brush

da Vinci Classic Lip Brush Oval | | 11 Jenis Make Up Brush Untuk Membuat Riasan Lebih Sempurna
da Vinci – Classic Lip Brush Oval

Tak ketinggalan, kuas lipstik juga menjadi salah satu brush make up yang bisa digunakan sehari-hari. Dengan bentuknya yang tipis dan jenis bulu yang sedikit kasar serta lancip, produk ini mampu membentuk garis bibir dengan sempurna.

Bulu kuasnya dapat membantu menyempurnakan pengaplikasian perona bibir secara sempurna. Kuas yang satu ini akan sangat cocok digunakan pada lipstik berjenis palet.

error: Konten dilindungi !!