Panduan Lengkap Riasan Sesuai Bentuk Mata

bentuk mata
Foto: www.pexels.com

Jika kamu merasa memiliki mata yang berbeda dengan kebanyakan orang, maka hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya terdapat beragam jenis bentuk mata yang ada di dunia ini. Dan berbeda bentuk mata, berbeda pula cara meriasnya agar semakin menonjol keindahan mata kamu.

Berikut panduan riasan mata sesuai bentuk mata yang dijamin akan membuat dandananmu semakin cantik.

Berbagai Bentuk Mata

bentuk mata
Foto: www.unsplash.com

Termasuk jenis apakah mata yang kamu miliki? Coba cek di bawah ini.

Round Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Seperti namanya, round eye merupakan mata yang memiliki bentuk bulat. Ciri-ciri dari bentuk mata yang satu ini di antaranya adalah terlihat lebih melingkar dan menonjol. Selain itu area kornea mata bulat juga dikelilingi oleh warna putih.

Untuk orang-orang bermata bulat, direkomendasikan untuk menggunakan maskara hanya dari sudut luar saja. Karena hal tersebut dapat menambah dimensi mata. Sementara ketika menggunakan eyeliner, maka jangan lupa untuk melapisi garis bulu mata di atas sudut luar.

Monolid

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Bentuk mata yang satu ini sangat umum dimiliki oleh orang Asia. Untuk mengetahui apakah kamu memiliki jenis mata monolid, maka hal ini bisa dilihat dari tidak adanya garis lipatan secara natural yang terlihat di bawah tulang alis.

Riasan dengan gaya smoky eyes akan sangat cocok untuk bentuk mata monolid. Ketika membuat lipatan, cobalah untuk menggunakan warna yang lebih gelap. Selain itu, kamu juga bisa memperluas eyeshadow hingga ke alis.

Downturned Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Sesuai dengan namanya, mata downturned cenderung mengarah ke bawah. Jika sudut mata terlihat miring ke bawah garis, maka kemungkinan besar kita memiliki mata yang turun. Untuk itu, kamu perlu menggunakan pensil alis dan menggambarnya  secara lembut di sepanjang garis mulu mata atas.

Ketika menggunakan eyeliner, maka cobalah untuk membuat garis keluar dari sudut mata, sehingga membentuk mata kucing yang lucu.

Upturned Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Kebalikan dari downturned eyes, bentuk mata ini memiliki sudut luar yang mengarah ke atas. Jenis yang satu ini mempunyai tampilan yang terkesan seperti memiliki sayap alami pada bagian sudut mata.

Untuk upturned eyes, cobalah memilih gaya smokey eyes dengan mengoleskan eyeshadow berwarna matte yang tipis dari sudut dalam, dan hentikan di atas pupil mata,

Hooded Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Jika kelopak mata memiliki lipatan, kemungkinan kamu memiliki bentuk mata hooded eyes. Namun beberapa orang biasanya akan memiliki banyak lipatan kelopak mata ketika semakin bertambah umur. Cobalah gunakan riasan mata berbahan waterproof agar nantinya eyeliner  dan maskara tidak berpindah ke tulang alis.

Kamu juga bisa mengaplikasikan warna matte yang tipis di seluruh kelopak mata. Dan buatlah kontur dengan warna matte sedang di lipatannya yang menyatu kea rah tulang alis.

Almond Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Dari banyaknya bentuk mata yang ada, almond eye merupakan jenis yang paling simetris dan sempurna. Mata almond memiliki kelopak mata yang lebih kecil dan lebarnya lebih panjang daripada bentuk yang bulat, sehingga menyerupai bentuk dari kacang almond.

Agar terlihat lebih menonjol, maka kamu bisa menebalkan garis bulu mata atas dengan menggunakan eyeshadow atau eyeliner. Sehingga nantinya mata akan tampak terlihat lebih besar dan lebih cerah.

Small Eyes

bentuk mata
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu memiliki ukuran mata yang lebih kecil dibandingkan dengan fitur wajah lainnya, seperti hidung dan mulut, maka hal tersebut merupakan ciri-ciri dari small eyes. Selain itu, jarak antara tulang alis dan ujung bulu mata yang pendek juga bisa menjadi tanda dari mata yang kecil.

Meski sebagian orang merasa kurang percaya diri dengan bentuk mata yang satu ini. Namun kamu bisa menggunakan riasan mata berwarna cerah, seperti silver atau emas. Sehingga nantinya mata pun akan terkesan lebih besar.

Tips Menggunakan Riasan dengan Eyeshadow

Foto: www.xframe.io

Berikut tips menggunakan riasan mata.

Penggunaan dasar eyeshadow

Sesungguhnya terdapat beberapa prinsip penting untuk menggunakan riasan mata yang satu ini, apalagi jika kamu masih pemula dalam urusan make up, di antaranya adalah:

  • Ketika memulas eyeshadow di bagian kelopak mata, maka cobalah memilih warna-warna dasar yang disesuaikan dengan pakaian atau riasan yang lain.
  • Untukmu yang memiliki mata dengan jenis double eyelid, maka gunakan riasan mata pada bagian lipatan dengan warna yang lebih gelap.
  • Gunakan eyeshadow dengan efek shimmer atau warna yang terang pada bagian sudut mata atau bagian tengah kelopak mata, yang bertujuan untuk menonjolkan mata.

Penggunaan eyeshadow dua warna

Ketika telah menguasai teknik dasar menggunakan eyeshadow, maka saatnya bereksperimen dengan menambahkan warna terang dan gelap. Nantinya warna gelap akan diaplikasikan pada garis kelopak mata, kemudian dibubuhkan warna yang lebih terang di atasnya.

Selain itu, kamu juga bisa menaruh warna yang lebih terang pada bagian kelopak mata, dan warna gelap diaplikasikan pada ujung mata.

Penggunaan eyeshadow tiga warna

Tak hanya dua warna, kamu juga bisa menggunakan tiga warna eyeshadow agar semakin menarik. Pilihlah warna lembut, medium, dan gelap untuk membuat dimensi mata menjadi sempurna. Bubuhkan riasan mata secara perlahan ke satu arah. Untuk warna yang lembut, nantinya berfungsi sebagai highlight yang akan memberikan efek bersinar pada mata.

Sementara untuk warna medium, cobalah untuk digunakan pada area tengah kelopak mata dan lipatanya. Dan warna gelap dibubuhkan ke bagian sudut luar mata.

Eyeshadow nude untuk aktivitas sehari-hari

Untuk aktivitas sehari-hari, kamu bisa menggunakan riasan mata dengan kesan nude yang nantinya akan membuat tampilan wajah terlihat natural. Cukup bubuhkan dengan tipis dan rata, maka kesan ramah dan menyenangkan pun akan membayangimu.

Eyeshadow untuk acara formal

Jika kamu ingin terkesan lebih mencolok maka cukup gunakan riasan mata berwarna terang. Namun ketika kamu ingin terlihat lebih elegan, maka cobalah untuk memilih warna gelap. Misalnya dengan membubuhkan warna abu-abu, hitam, dan silver agar tampak seksi.

Jangan lupa untuk membersihkan kuas eyeshadow dengan rutin setelah pemakaian. Pasalnya, kuas yang kotor mengandung bakteri di dalamnya. Sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat atau masalah kulit yang lain.

Rekomendasi Produk

Dior Diorshow 5 Couleurs Eyeshadow Palette

Eyeshadow yang satu ini memiliki lima palet warna, sehingga akan memudahkanmu ketika ingin membubuhkan berbagai warna. Menariknya, riasan mata ini diperkaya dengan lidah buaya dan minyak pinus, sehingga bisa menghaluskan sekaligus melembutkan kelopak mata. Dengan menawarkan berbagai macam pilihan shade, maka kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Nars X-Appeal Collection: Quad Eyeshadow

Untukmu yang ingin memiliki tampilan mata yang menarik, maka cobalah gunakan riasan mata yang satu ini. Pasalnya produk ini diformulasikan dengan teknologi pigment powder suspension, sehingga bisa memberikan hasil yang luas biasa pada mata. Dengan tekstur beludru yang mewah, menjadikan eyeshadow ini dapat diaplikasikan untuk beragam bentuk mata.

Urban Decay Naked Reloaded Eyeshadow Palette

Palet yang satu ini menawarkan 12 pilihan warna eyeshadow yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan. Mulai dari bahan matte hingga glitter, pastinya warna-warna ini akan membuat penampilan mata menjadi terlihat lebih menarik.

Max Factor Smokey Eye Drama Kit Eyeshadow

Jika kamu menginginkan tampilan mata yang lebih dramatis, maka cobalah untuk menggunakan Max Factor Smokey Eye Drama Kit Eyeshadow. Dengan memiliki empat warna dalam satu palet, maka kamu bisa memiliki tampilan smokey eye yang memukau.

LA Girl Fanatic Eyeshadow Palette

Cobalah untuk tampil lebih berani dengan menggunakan beragam pilihan warna eyeshadow yang ada pada LA Girl Fanatic Eyeshadow Palette. Mulai untuk digunakan pada penampilan sehari-hari hingga acara formal, riasan mata yang satu ini memiliki lima pilihan shade dengan hasil matte dan tujuh shade untuk hasil akhir satin.