Contour Digunakan Untuk Membuat Make Up Sempurna, Ini 6 Cara Mengaplikasikannya

contour digunakan untuk menyempurnakan riasan
Foto: www.freepik.com

Apa fungsi contour dalam berdandan? Pada dasarnya, contour digunakan untuk mempertegas stuktur wajah, sehingga membuatnya terkesan lebih sempurna.

Namun sayangnya, biasanya para pemula akan kesulitan untuk mengaplikasikan teknik yang satu ini. Karena contour digunakan untuk membuat hasil riasan semakin memuaskan, maka berikut tips yang bisa kamu coba.

Apa Itu Contouring?

contour digunakan untuk menyempurnakan riasan
Foto: www.canva.com

Contour digunakan untuk memperkuat stuktur wajah dan membentuk area-area tertentu yang sesuai dengan keinginan.

Untuk penggunaan sehari-hari, biasanya teknik riasan yang satu ini tidak perlu terlihat jelas dan tegas, buatlah secukupnya agar terkesan lebih halus.

Namun jika kamu berniat untuk memamerkan riasan secara maksimal, maka cobalah untuk menambahkan dimensi pada wajah lebih banyak.

Caranya, dengan membubuhkan riasan yang sedikit lebih terang atau gelap dari warna kulit yang sebenarnya.

Berbeda dengan foundation atau concealer yang biasanya memiliki warna yang sesuai dengan skin tone, contour digunakan untuk menciptakan efek bayangan pada wajah.

Apa Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan?

contour digunakan untuk menyempurnakan riasan
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, kamu tidak memerlukan contour kit khusus untuk membuat wajah terlihat lebih berdimensi. Karena teknik ini bisa disiasati dengan menggunakan dua warna concealer, foundation, bronzer, highlighter, atau eyeshadow yang berbeda.

Namun untuk pemula, rasanya lebih baik untuk menggunakan contour kit, hal ini bertujuan agar bisa mengaplikasikannya dengan lebih praktis.

Biasanya palet khusus contouring ini terdiri dari warna-warna gelap untuk memberikan kesan berbayang dan efek tirus, dan warna-warna terang untuk highlighting dengan menonjolkan area wajah tertentu.

Cara Mengaplikasikan Contouring

cara mengaplikasikan contouring | | Contour Digunakan Untuk Membuat Make Up Sempurna, Ini 6 Cara Mengaplikasikannya
Foto: www.freepik.com

Untuk membuat wajah terkesan lebih tegas, berikut cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

Persiapkan wajah

Seperti cara make up pada umumnya, kamu perlu mempersiapkan wajah agar nantinya produk riasan dapat menempel dengan sempurna. Cobalah untuk membersihkan wajah dan oleskan produk pelembap, kemudian lanjutkan dengan penggunaan primer.

Langkah selanjutnya adalah mulai mengaplikasikan foundation atau concealer yang sesuai dengan warna kulit. Pastikan kamu telah membaurkannya dengan rata hingga menutupi noda, pori-pori, dan bekas jerawat.

Buat bayangan

Cara melakukan contouring selanjutnya adalah dengan memilih warna contour terlebih dahulu.

Pastikan kamu menggunakan warna yang lebih gelap dari kulit, agar nantinya memberikan kesan berbayang dan menjadikan wajah terkesan berdimensi, dan baurkan pada bagian bawah tulang pipi atau area lain.

Jika ingin membuat dahi jenong terlihat lebih kecil, maka aplikasikan contour pada garis rambut dan pelipis. Untuk membuat garis rahang lebih tegas, maka gunakan teknik riasan ini pada area bawah tulang pipi.

Saatnya memberikan sorotan

Contour digunakan untuk membuat wajah terkesan lebih berdimensi, oleh karena itu kamu memerlukan highlighter untuk mempertegasnya.

Oleskan warna contour yang lebih terang pada area wajah yang memantulkan cahaya, mulai dari dahi, pangkal hidung, ujung hidung, bagian atas tulang pipi, cupids bow, tulang alis, dan area sekitar mata.

Selain menggunakan highlighter, kamu bisa menggunakan eyeshadow yang mengkilap, concealer, atau foundation dengan warna yang sedikit lebih terang dari warna kulit.

Bubuhkan blush on

Sebenarnya, mengaplikasikan blush on pada bagian atas pipi memang tidak wajib. Akan tetapi peralatan make up yang satu ini dapat membantu riasan agar terlihat lebih alami.

Blush on dapat bertindak sebagai jembatan antara area berbayang dengan highlight pada wajah. Sehingga riasan pun akan terkesan semakin sempurna.

Blend make up

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah mencampurkan shading dan highlight ke lapisan kulit untuk menghasilkan kesan yang lebih alami.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memilih aplikator yang tepat agar riasan ini bisa berbaur dengan sempurna.

Gunakan kuas tipis yang lembut untuk area hidung, dan kuas besar pada area pipi dan dahi. Jika kamu menggunakan produk contour berbahan krim atau cair, maka cukup gunakan jari agar lebih maksimal.

Setting make up

Agar hasil akhir riasan terkesan sempurna, maka cobalah untuk mengaplikasikan set powder atau setting spray.

Produk yang satu ini dapat menjadikan riasan menempel dengan sempurna pada kulit dan tahan lama, sehingga kamu tidak perlu untuk takut make up akan luntur.

Rekomendasi Produk Contour

Ingin mencoba teknik riasan contour? Ini rekomendasi produknya:

Natasha Denona Contour Sculpting Powder

Produk yang satu ini dapat membantumu untuk meningkatkan stuktur tulang pipi, sehingga membuatnya terkesan lebih sempurna.

Selain itu, wajah pun akan terkesan lebih tirus setelah menggunakan Natasha Denona Contour Sculpting Powder.

Beruntungnya, riasan ini menawarkan lima variasi warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Sehingga kamu bisa bereksperimen dengan mudah.

Cobalah untuk mengoleskannya pada lekukan pipi, pada area rahang, dan area pelipis untuk menghasilkan efek yang berdimensi.

Anastasia Beverly Hills The Original Contour Kit

Untuk membuat wajah terkesan lebih tirus dan berdimensi, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Anastasia Beverly Hills The Original Contour Kit.

Soalnya, produk yang satu ini terdiri dari enam warna yang bisa kamu baurkan dengan mudah.

Oleskanlah produk ini secara halus dan sedramatisir yang diinginkan untuk mempertegas area wajah. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada  bagian mata, tulang pipi, hidung, dan rahang.

Pastikan kamu telah menerapkan teknik contouring yang tepat dengan menggunakan warna gelap untuk shading, dan warna yang lebih terang untuk menyempurkannya.

Mineral Botanica Highlight and Contour

Berbentuk creamy, produk yang satu ini dapat memudahkanmu untuk membaurkannya pada wajah agar terkesan lebih alami.

Selain itu, berkat bentuknya yang stick, maka kamu pun bisa mengoleskannya secara langsung pada area bawah tulang pipi, dahi, dan rahang.

Jangan lupa untuk aplikasikan highlighter pada area sekitar mata dan hidung agar terlihat lebih paripurna. Untuk memudahkanmu membaurkannya, gunakan brush khusus yang dapat menjadikannya tampak rata dan terlihat lebih alami.

Mizzu Alter Ego Contour & Highlight Kit Pallete

Terdiri dari contour, highlighter, dan bronzer, produk berbahan bubuk ini dapat membantumu untuk memiliki wajah yang tampak berdimensi.

Ilusi pipi pun terkesan lebih tajam, bagian hidung yang tampak mancung, dan dahi yang lebih kecil.

Mizzu Alter Ego Contour & Highlight Kit Pallete tersedia dalam dua pilihan warna yakni banana yang dapat digunakan oleh pemilik kulit sawo matang, dan rose untuk kulit putih.

Make Over Face Contour Kit

Make Over Face Contour Kit merupakan produk yang berfungsi untuk shimmer, shading, dan highlight. Berkat kandungan full coated particle powder menjadikannya dapat menghasilkan riasan yang halus dan tidak mudah pecah serta tahan lama.

Gunakan warna cokelat tua untuk shading dan warna putih untuk menyorotinya. Pastikan untuk menyapukan pada wajah sesuai dengan selera.

error: Konten dilindungi !!