Wajib Coba: 10 Cara Pakai Eyeliner agar Mata Terlihat Lebih Segar

cara pakai eyeliner
Foto: www.freepik.com

Salah satu riasan wajah yang tidak pernah tertinggal untuk diaplikasikan adalah eyeliner. Dengan memiliki garis mata yang tegas, tentunya akan membuat matamu terlihat lebih tajam dan menarik perhatian, serta dapat membuat wajahmu terlihat lebih segar. Selain itu terdapat beberapa cara pakai eyeliner yang dapat disesuaikan dengan penampilanmu.

Jenis-jenis Eyeliner

cara pakai eyeliner
Foto: www.freepik.com

Pensil

Eyeliner jenis ini terbagi menjadi dua macam, yakni tipe pensil yang diraut dan tipe pensil mekanik. Ketika menggunakan garis mata dengan tipe ini ternyata dapat mengisi celah sekaligus mempertegas bentuk mata.

Cair

Jenis yang satu ini akan memberikan efek mengilap dan mempertegas mata. Dengan ujungnya yang tipis, eyeliner cair akan memudahkanmu untuk menggambar garis yang tajam dan tipis. Namun perlu berhati-hati karena riasan mata ini akan sulit dihapus ketika kamu salah mengaplikasikannya.

Gel

Kelebihan dari jenis ini adalah tidak mudah luntur jika terkena keringat maupun minyak pada wajah. Teksturnya yang lembut akan mempermudahmu untuk membuat warna garis yang samar. Selain itu, hasil akhir dari riasan matamu juga akan terlihat glossy.

Krim

Eyeliner dengan jenis ini memiliki karakteristik lebih tahan lama dibanding dengan tipe lainnya. Meski berbentuk seperti pensil, produk ini memiliki ujung yang lembut sehingga dapat memudahkanmu untuk menggambar garis pada mata. Namun tipe yang satu ini akan sulit untuk dihapus.

Cara Memilih Eyeliner

Foto: www.freepik.com

Jika kamu tertarik ingin menambahkan koleksi pensil mata, maka berikut tips yang tepat untuk memilih eyeliner.

Sesuaikan dengan hasil akhir

Kamu bisa memilih pensil mata bedasarkan tampilan hasil akhir yang diberikan dan hal ini tentunya bergantung dengan jenis eyeliner yang kamu pilih. Jika ingin memiliki garis yang tidak terlalu tebal dan dapat disamarkan, maka kamu bisa memilih tipe pensil. Sementara ketika ingin garis mata yang tajam dan tebal, cobalah menggunakan tipe cair.

Pertimbangkan daya tahan

Riasan wajah yang tahan lama pastinya menjadi idaman seluruh perempuan. Jika kamu merupakan orang yang mudah berkeringat di area mata, maka pilihlah tipe waterproof yang tahan terhadap air. Namun jika kelopak matamu cenderung berminyak, cobalah menggunakan produk dengan riasan mata smudgeproof.

Eyeliner warna untuk tampil beda

Jika kamu bosan dengan tampilan eyeliner berwarna hitam, maka kini saatnya mencoba riasan mata dengan warna yang lebih mencolok. Warna-warna ini akan membuat penampilanmu terkesan berbeda dan tentunya menarik perhatian.

Baca Juga :  Ini Manfaat Penting Mengonsumsi Zinc Bagi Tubuh dan Kulit

Cobalah gunakan warna merah muda untuk memberikan kesan ceria dan biru dongker untuk tampil dewasa.

Cara Pakai Eyeliner

Berikut beberapa cara pakai eyeliner yang bisa kamu tiru.

Eyeliner dengan garis yang tepat

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Kunci utama untuk mengaplikasikan eyeliner dengan garis yang tepat ternyata terletak pada ujung pensil. Riasan mata yang diaplikasikan dengan ujung pensil yang datar akan memberikan hasil akhir garis-garis kasar dan tidak rata. Jangan lupa untuk selalu meraut pensil ketika ingin menggunakannya.

Eyeliner berwarna

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Ketika kamu bosan dengan eyeliner hitam yang klasik dan tertarik untuk bereksperimen, maka kamu bisa menggunakan riasan mata dengan warna lain. Cobalah untuk mengaplikasikannya pada garis bulu mata atas atau bawah. Usahakan untuk membuat garis warna yang tipis untuk membuatnya tetap terlihat sederhana meski menggunakan warna-warna yang cerah.

Eyeliner mata kucing

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Kunci dari tampilan mata kucing adalah dengan mengaplikasikan eyeliner setipis mungkin lalu merentangkan garis ke atas dan ke luar sudut mata dengan mengikuti sudut bulu mata bagian bawah.

Jika akhirnya menjadi lebih tebal di satu sisi maka kamu dapat menambahkan garis di sisi sebelahnya agar tetap serasi. Sementara jika keduanya masih terlihat terlalu tebal, maka kamu bisa menghapusnya menggunakan makeup remover.

Eyeliner yang luntur

Foto: www.pinterest.com

Eyeliner dengan jenis cair memang mudah luntur ketika digunakan, sehingga akan meninggalkan noda ke area lainnya. Untuk itu pilihlah produk yang diformulasikan dengan tahan air dan tambahkan eyeshadow hitam untuk mengunci riasan mata.

Eyeliner pada bulu mata lentik

Foto: www.pinterest.com

Siapapun pasti ingin memiliki bulu mata yang lentik dan indah, namun jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkannya dengan menggunakan penjepit bulu mata.  Untuk menghindari noda, pastikan kamu selalu keritingkan bulu mata sebelum mengaplikasikan eyeliner.

Eyeliner tanpa celah

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Biasanya sebagian orang akan merasa kesulitan untuk mengaplikasikan pensil mata yang dekat dengan pangkal bulu mata, sehingga membuat tampilan matamu terlihat memiliki celah. Untuk itu ketika ingin menggunakan eyeliner, maka kamu bisa menarik sedikit bagian bawah kelopak mata atas kemudian mulai menggambar garis mata.

Baca Juga :  Wajib Diketahui: Perbedaan Extension Bulu Mata dan Lash Lift

Eyeliner yang tajam

Foto: www.pinterest.com

Umumnya ketika ingin membuat garis mata yang tampak tajam, pastinya kamu akan menarik kelopak mata sebelum menggambarkan garisnya. Namun pada akhirnya garisnya tidak terlihat tajam setelah kamu melepaskan tarikan kelopak mata. Untuk itu, cara pakai eyeliner yang tajam adalah dengan melihat ke samping atau sudut luar ketika akan membuat garis.

Eyeliner pada mata kecil

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Garis yang dibuat pada pangkal bulu mata ini biasanya akan membuat matamu terlihat lebih kecil. Lalu bagaimana dengan pemilik mata kecil? Jawabannya hanya satu yakni jangan melapisi seluruh mata dengan eyeliner, karena hal itu hanya akan menutup dan membuat matamu terlihat semakin kecil.  

Eyeliner pada smoky eye

cara pakai eyeliner
Foto: www.pinterest.com

Riasan mata yang satu ini selalu menjadi populer. Cara pakai eyeliner dengan smoky eye ternyata cukup mudah, kamu hanya perlu menarik kulit kelopak mata atas, kemudian mulai menggambar garis dari sudut dalam mata ke arah luar dan tambahkan sapuan halus eyeshadow berwarna gelap yang akan menunjang tampilan smoky eye.

Eyeliner bold

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu ingin menambahkan garis mata dengan berani, cobalah warna pensil mata selain hitam pekat. Gambarlah garis dari tengah mata ke sudut luar mata dengan menggunakan liner cair, kemudian barulah gambar dari sudut dalam mata ke bagian tengah dan biarkan kedua garis bertemu secara sejajar. Selain itu, tepi luar garis harus lebih tebal dibanding bagian dalam.

Produk Rekomendasi Eyeliner

Berikut lima rekomendasi produk pensil mata yang bisa kamu coba.

L’Oreal Infallible Super Slim Long Lasting Liquid Eyeliner

Fenty Beauty Flyliner Longwear Liquid Eyeliner

Diformulasikan dengan tahan air dan memiliki ujung aplikator yang fleksibel serta inovatif, membuat eyeliner ini menjadi produk yang serba bisa. Selain itu, intensitas warna yang diberikan juga sangat tajam dan cepat mengering setelah diaplikasikan. Produk ini juga bebas akan paraben, sulfat, dan phthalates sehingga aman untuk digunakan.

Marc Jacobs Beauty Highliner Gel Eye Crayon Eyeliner

Eyeliner gel ini diklain dapat bertahan lama hingga 12 jam. Diformulasikan dengan bahan gel inovatif, vitamin E, dan minyak biji roseship membuat produk ini memiliki warna yang intens dengan hasil akhir yang matte. Selain itu, highliner ini juga dilengkapi dengan rautan yang berfungsi untuk mempertajam garis mata.

Maybelline TattooStudio Semi-Permanent Eyeliner Pencils

Produk yang akan memberikan guratan halus dan warna yang intens serta tahan air ini dapat bertahan lama hingga 36 jam. Eyeliner tajam ini memberikan warna yang kaya akan pigmen sehingga dapat memberikan hasil akhir yang natural. Selain itu, garis mata ini juga tidak akan luntur, pudar, dan tahan akan sebum.

Sephora Collection Retractable Waterproof Eyeliner

Pensil mata yang lembut dan tahan air ini hadir dengan berbagai warna klasik yang akan sempurna untuk membuat smoky eye. Selain itu, produk ini juga diklaim tidak mudah luntur dan memberikan hasil akhir matte, shimmer, dan glitter, dan dilengkapi dengan rautan yang dapat mempertajam ujung pensil.