8 Tips Make Up untuk Tampil Natural dan Tahan Lama

Make up natural
Foto: www.xframe.io

Rasanya agak merepotkan jika harus menggunakan riasan secara berlebihan, padahal hanya digunakan untuk pergi ke kantor atau hang out dengan teman-teman. Untuk itu, make up natural merupakan pilihan yang pas untuk diaplikasikan.

Meski menyajikan tampilan yang alami, namun komedo dan bintik hitam tetap bisa disamarkan dengan baik.  Sehingga tren no make up-make up look pun digemari oleh kebanyakan wanita, apalagi jika kamu sedang belajar dandan. Jika kamu tertarik untuk mencoba make up natural, maka berikut langkah mengaplikasikannya.

Moisturizer

Sebelum mengaplikasikan make up, tentu hal pertama kali yang perlu kamu gunakan adalah pelembap wajah. Penggunaan moisturizer berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih lembap, halus, dan membuat lapisan penghalang antara kulit yang sudah terhidrasi dengan produk riasan lainnya. Pelembap wajah ini juga bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak, kusam, dan kering

Primer

Langkah selanjutnya adalah menggunakan primer yang dapat menggabungkan manfaat skincare dan kosmetik. Primer berfungsi sebagai lapisan dasar make up yang akan membantu wajah agar lebih siap untuk menerima produk riasan selanjutnya, seperti foundation, concealer, dan lainnya.

Biasanya, primer juga akan membuat riasan bisa bertahan lebih lama, sekaligus menyamarkan kerutan, bekas jerawat, atau garis-garis halus.

Foundation

Penggunaan foundation merupakan langkah selanjutnya untuk make up natural. Produk ini tentu akan meratakan warna kulit dan menyamarkan ketidak sempurnaan kulit wajah. Untuk mendapatkan tampilan yang alami, ada baiknya untuk memilih foundation yang mendekati warna kulit asli.

Ketika akan menggunakan riasan yang satu ini, disarankan untuk menggunakan brush atau spons agar pengaplikasiannya lebih rata. Pastikan foundation yang kamu gunakan telah sesuai dengan jenis kulitmu.

Blush On

Meski ingin terlihat natural, namun jangan sampai wajahmu terlihat pucat. Untuk itu, pastikan menggunakan blush on yang berfungsi untuk memberi rona segar pada wajah.

Pilihlah produk dengan warna alami seperti pink dan coral untuk kulit terang, dan warna oranye untuk kulit sawo matang. Tambahkan blush on di bagian tulang pipi dan ratakan dengan menggunakan brush.

Eye Shadow

Tips make up natural yang bisa diaplikasikan pada pemula adalah dengan menambahkan riasan pada mata. Pilihlah eye shadow dengan warna netral atau cokelat yang sedikit lebih tua dibanding warna kulitmu. Hindari menggunakan warna yang sangat gelap,karena hal tersebut tidak akan membuat riasanmu terlihat alami.

Powder

Jangan lupa aplikasikan bedak pada daerah wajah yang sering berminyak, seperti area dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan untuk daerah yang kering, cukup aplikasikan bedak dengan tipis. Pastikan kamu memilih bedak dengan tone yang serupa dengan warna kulitmu untuk menghasilkan tampilan alami.

Lipstick

Bibir menjadi salah satu hal penting yang akan menghasilkan tampilan make up natural. Agar terlihat alami, maka gunakan lipstik dengan warna nude seperti peach, pink, atau nude. Jika memakai pewarna bibir terasa kurang pas, maka cukup aplikasikan lip gloss sebagai sentuhan akhir.

Setting Spray

Untuk mendapatkan hasil riasan yang tahan lama, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengaplikasikan setting spray. Produk kosmetik ini akan mengunci make up dan membuatnya terlihat lebih flawless. Tidak hanya itu setting spray juga akan menjadikan eyeshadow terkesan lebih pigmented dan wajah tampak lebih lembap.

Produk Rekomendasi

Berikut rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan untuk no make up-make up look.

Innisfree Bija Trouble Lotion

Pelembap ini diperkaya dengan kandungan asam salisilat alami yang dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah. Diformulasikan dengan bahan yang ringan, pastinya kamu akan merasa nyaman ketika mengaplikasikannya.

Kiehl’s Breakout Control Acne Treatment Facial Lotion

Jika kamu memiliki noda bekas jerawat yang membandel, maka produk yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, pelembap wajah ini bisa menyamarkan noda gelap, mencerahkan kulit kusam, dan meratakan warna kulit yang tidak merata.

Tarte Poreless Mattifying Primer

Primer make up ini menjanjikan ketahanan 12 jam untuk melawan kilau dan meminimalkan tampilan pori-pori wajah. Berkat teksturnya yang berbentuk gel, produk ini sangat ringan dan bisa menyamarkan garis-garis halus, bercak kering, maupun bekas jerawat.

Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation

Berkat formulasi yang ringan, foundation ini bisa kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Dijamin, kulitmu akan terlihat lebih natural, apalagi dengan perlindungan sinar UV yang bisa membuat wajahmu tampak lebih muda.

Laneige Cheek Glow

Agar wajah tak tampak pucat, maka jangan lupa untuk mengaplikasikan Laneige Cheek Glow. Perona pipi ini akan memberikan semburat warna cerah namun tetap membuat wajahmu terlihat natural. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan bantuan puff agar merata.

MAC Powder Blush

MAC Powder Blush diperkaya dengan vitamin E dan diformulasikan untuk memberikan warna yang fantastis pada area pipi. Untuk mendapatkan warna yang alami, aplikasikan secara lembut dan merata pada wajahmu.

Lunasol Eye Shadow Skin Modeling Eyes

Kombinasi 4 warna berbasis krem yang disajikan dalam produk ini tentu akan memudahkanmu dalam mengaplikasikan riasan mata. Pastinya area matamu akan terlihat lebih menonjol dan berkilau, meski tampil dengan make up yang alami.

Naked Eyeshadow Palette

Hadir dengan 12 warna netral, tentunya produk ini akan cocok digunakan untuk semua warna kulit. Mulai dari warna lembut hingga metalik, tentunya palet serbaguna ini bisa digunakan untuk pergi ke kantor atau menghadiri pesta di malam hari.

Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder

Berbahan dasar mineral, bedak ini bisa membantu mengontrol minyak pada wajah dan menyempurnakan hasilnya agar lebih tahan lama. Tidak hanya itu, pori-pori wajah juga akan tersamarkan dengan baik dan memberikan hasil akhir matte. Produk ini memberikan 4 pilihan shades yang bisa disesuaikan dengan warna kulitmu.

Nars Light Reflecting Loose Setting Powder

Memberikan hasil akhir yang matte, tentu saja produk ini mampu memudarkan garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori pada wajah. Dengan tekstur yang lembut, halus, dan mewah ketika disentuh  menjadikan Nars Light Reflecting Loose Setting Powder merupakan pilihan yang pas untuk digunakan pada make up natural.

Gucci Rouge à Lèvres Satin Lipstick

Pewarna bibir yang satu ini diformulasikan dengan khusus, sehingga memberikan hasil akhir satin yang tahan lama. Tak hanya itu, bibir juga akan terlihat halus dan nyaman selama menggunakan lipstik. Untuk memudahkanmu menemukan warna yang pas, Gucci dengan sengaja menyajikan 36 pilihan warna, mulai dari nude hingga oranye.

Urban Decay All Nighter Long Lasting Makeup Setting Spray

Pengunci riasan yang satu ini dirancang khusus untuk menyerap minyak sehingga menghasilkan tampilan matte pada wajah. Diformulasikan dengan teknologi pengontrol suhu, menjadikan riasan akan tahan lama hingga 16 jam. Sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit, mulai dari kering hingga berminyak.