Bagaimana Cara Pakai Serum yang Benar Sesuai Jenis Kulit? Ini Petunjuknya

cara pakai serum yang benar
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Apa saja rangkaian perawatan wajah yang biasa kamu lakukan? Dari semua itu, pastikan kamu tidak melewatkan penggunaan serum. Pasalnya, produk ini memengandung lebih banyak bahan pelembap dan bahan pencerah yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Namun, tahukah kamu bagaimana cara pakai serum yang benar?

Jika kamu masih ragu dalam pemakaiannya, maka simak penjelasan dari dr. Frien Refla Syarif, Sp.KK., Spesialis Kulit dan Kelamin dari Ermedika Clinic Tangerang Selatan yang akan memberikan tips memilih serum wajah sesuai dengan kondisi kulitmu.

Apa Itu Serum?

cara pakai serum
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Refla, serum merupakan “salah satu rangkaian skin care berbentuk cair dengan bahan aktif yang fungsi utamanya memperbaiki sel kulit baik dari proses perasangan maupun peremajaan,” paparnya.

Terdiri dari molekul kecil yang dapat meresap dengan baik ke dalam kulit, membuat penggunaan serum dapat membantu memaksimalkan perawatan wajah yang diaplikasikan. Hal ini tentunya menjadi langkah yang tidak boleh terlewatkan. “Cukup penting karena pada dasarnya serum beruna untuk meningkatkan atau enhancing fungsi dari rangkaian skin care tertentu,” jelasnya.

Bagaimana Cara Pakai Serum yang Benar?

Foto: www.xframe.io

Cairan yang mudah meresap pada kulit ini memiliki kandungan bahan aktif yang berbeda-beda, sehingga cara pakai serum yang benar menurut Dokter Refla adalah perlu disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki.

“Digunakan segera setelah mencuci wajah dan dikeringkan dengan handuk (tidak digosok), kemudian gunakan rangkaian skin care yang sesuai dengan jenis kulit,” ungkapnya.

Kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak dapat memilih serum yang dapat membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, seperti:

  • Salicylic acid
  • Niacinamide
  • Retinol

Kulit Sensitif

Sementara untukmu yang memiliki wajah sensitif, tentunya harus hati-hati ketika ingin menggunakan serum. Pasalnya jika kandungannya tidak cocok, justru akan membuat kulitmu menjadi iritasi, untuk itu cobalah pilih bahan-bahan berikut:

  • Shea butter
  • Chamomile
  • Callendula
  • Squalane
  • Aloe vera

Kulit kusam

Memiliki kulit kusam tentunya dapat merusak penampilanmu. Maka untuk mencerahkannya, kamu memerlukan beberapa bahan, seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Niacinamide
  • Retinol
  • Azelaic acid
  • Turmeric
  • Hyaluronic acid
  • AHA
Baca Juga :  16 Rekomendasi Toner Terbaik Untuk Beragam Jenis Kulit

Kulit berjerawat

Sementara untuk pemilik kulit berjerawat, pastikan memilih serum yang bisa membantu mengatasi jerawat dan membersihkan pori-pori secara maksimal, seperti:

  • Salicylic acid
  • Niacinamide
  • Azelaic acid
  • Lactic acid

Kulit kering

Pemilik kulit kering tentunya perlu memilih rangkaian perawatan wajah yang menawarkan bahan pelembap, seperti:

  • Hyaluronic acid
  • Ceramide

Setelah menyesuaikannya dengan kondisi kulit yang kamu miliki, lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serum?

“Serum dapat digunakan sebanyak 2 kali dalam satu hari, yaitu sebelum memakai night cream maupun day cream,” jawabnya.

Kesimpulan

Foto: www.xframe.io

Penggunakan rangkaian perawatan wajah yang satu ini memang penting untuk dilakukan dan cara pakai serum yang benar harus diperhatikan. Namun jika timbul reaksi yang tidak cocok dengan kulit wajah, maka harus diatasi dengan tepat.

“Untuk pertolongan pertama, cuci wajah dengan air dan sabun pencuci wajah non-scrub. Kemudian gunakan calming cream atau anti-irritation cream. Stop penggunaan serum dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit,” sarannya.

Tetapi jika ingin mengganti serum wajah, maka sebaiknya berikan jeda sebelum menggunakan produk yang baru. “Sebelum memakai serum atau skin care baru, stop penggunaan serum maupun skin care lama mulai dari 3 sampai 7,” anjurnya.

Rekomendasi Serum

Lancôme Advanced Genifique Youth Activating Serum

Masalah kerutan, garis-garis halus, dan kulit kusam, dijamin akan teratasi hanya dengan tujuh hari pemakaian serum wajah yang satu ini. Selain itu, pertahanan kulit juga akan menjadi kuat dan tanda-tanda penuaan pun akan berkurang. Sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. 

Laneige Clear C Peeling Serum

Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Memiliki kulit kusam dan lelah tentu akan mengganggu penampilan wajahmu. Untuk itu, kini saatnya memilih Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing serum Concentrate yang diformulasikan dengan teknologi liquid-to-serum untuk menghidrasi lapisan permukaan terdalam kulit secara intensif. 

Berkat kandungan 15% glycerin dan ekstrak daun shiso, serum ini mampu memperbaiki tanda-tanda dehidrasi yang disebabkan oleh faktor usia. 

La Roche-Posay Hyalu B5 Serum

Serum wajah anti penuaan ini dilengkapi dengan kandungan pure hyaluronic acid + madecassoside dan vitamin B5. Sehingga akan membuat kulit terhidrasi dan terasa segar.

Produk ini juga menjanjikan bahwa dapat melembapkan, memperbaiki, dan menutrisi kembali kulit dalam 4 jam. Cukup oleskan 3-4 tetes setiap pagi dan sore hari secara rutin. 

The Body Shop Roots of Strength Firming Serum

Diperkaya dengan 3 powerful root extract, yakni akar jahe, gingseng, dan ruscus, menjadikan serum ini dapat meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. Karena teksturnya yang ringan dan halus, tentu produk ini bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan yang ada di wajahmu. Sehingga kulitmu akan terasa lebih lembap dan halus.

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Berkat teknologi Chronolux Power Signal, serum wajah ini dapat dengan cepat mengurangi tampilan berbagai tanda-tanda penuaan dalam tiga minggu pemakaian. Sehingga kulit akan lebih halus, tidak berkerut, dan lebih muda serta bercahaya. Dengan satu tetes serum, wajah akan terhidrasi selama 72 jam.

Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate

L’Oreal Paris Revitalift 1,5% Pure Hyaluronic Acid Face Serum

Ingin kulit tampak kenyal dan sehat? Maka serum wajah yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu memiliki masalah garis halus dan kerutan.

Dalam satu minggu, L’Oreal menjamin bahwa kulit akan terasa lebih kencang, elastis, dan kenyal. Gunakan secara rutin agar kulit wajahmu tetap ternutrisi dengan baik.

Biobare Vitamin C, B, E, & Ferulic Serum

Jika kamu bermimpi memiliki kulit yang terhidrasi dengan baik dan tampak lebih muda, kini saatnya mewujudkan mimpi tersebut dengan menggunakan produk Biobare Vitamin C, B, E, & Ferulic Serum. Serum ini diisi oleh 20% vitamin C, ferulic acid, serta vitamin B dan E, sehingga mampu melawan oksidasi dan menampilkan kulit wajah yang lebih cerah, halus, dan awet muda.

Clarins Double Serum Hydric + Lipidic System

Ketika kamu membutuhkan produk yang dapat mengurangi kerutan, meningkatkan kekencangan kulit, dan mencerahkan, maka wajib mencoba Clarins Double Serum Hydric + Lipidic System. Pasalnya, serum mengandung bahan-bahan alami yang diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan kulitmu.

Paula’s Choice Boost Peptide Booster Serum

Paula’s Choice Boost Peptide Booster Serum dapat membantu kulit agar terlihat lebih muda, lebih kencang, dan tentunya menyamarkan garis-garis halus. Gunakan dengan rutin sebanyak 2 kali sehari pada semua jenis kulit. 

Gallinée Youthful Serum

Gallinée Youthful Serum dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya, awet muda, dan tentunya ternutrisi dengan baik. Karena campuran bakteri yang inovatif, serum ini bisa membantu merangsang pembaruan sel sehingga warna kulit lebih cerah dan teksturnya menjadi lebih baik.