7 Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat
Foto: Istimewa

Mencari sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat memang susah-susah gampang. Pasalnya, jika salah pilih bisa menyebabkan kulit berjerawat, dan ini sebuah mimpi buruk semua orang.

Namun di sisi lain, sunscreen penting karena dapat mencegah beberapa masalah kesehatan kulit lain, seperti mencegah garis halus, flek hitam, hingga kanker kulit.

Seperti apa sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat? Baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat | | 7 Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Foto: www.pexels.com

Meskipun tabir surya wajib dipakai oleh semua jenis kulit, tapi harus hati-hati memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kamu perlu teliti dan tidak sembarangan memilih produk sunscreen.

Untuk kamu pemilik wajah berminyak dan berjerawat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sunscreen.

  1. Pilih sunscreen mineral dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oksida untuk meminimalisir timbulnya reaksi alergi.
  2. Pilih sunscreen berbahan dasar air agar tidak menyumbat pori-pori dan, serta sunscreen akan menyerap dengan sempurna.
  3. Pilih sunscreen yang bersifat non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori dan tidak memunculkan jerawat baru.
  4. Pilih sunscreen dengan SPF 30 ke atas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat dari Biore ini memiliki SPF 50+/PA+++ yang dapat melindungi kulit lebih lama dari paparan UV A dan UV B. Selain itu, tabir surya ini memiliki tekstur seperti air, sehingga dapat cepat menyerap dan ringan.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain dari sunscreen ini, yakni adanya aqua micro capsule yang akan membuat kulit terasa segar.

Jadi, tidak hanya membuat sejuk, namun sunscreen dari Biore juga memiliki kandungan hyaluronic acid, royal jelly, dan citrus essence sehingga kulit terasa lembap.

Erha AcneAct Acne Sun Friendly

Sunscreen dari Erha memiliki kandungan SPF 30 dan PA +++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karena sifatnya yang non acnegenic dan non comedogenic, sehingga tidak menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Bahan utama lain yang ada pada sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat dari Erha ini adalah zinc gluconate, yang dapat meregenerasi pertumbuhan sel kulit baru serta antioksidan.

Selain itu, juga terdapat niacinamide untuk mengontrol produksi sebum, mencegah pembentukan jerawat, serta adanya vitamin B3 khusus kulit berjerawat.

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Sunscreen satu ini memiliki SPF 30 yang bermanfaat yang baik untuk kulit wajah, seperti dapat mencegah timbulnya jerawat, microcysts, serta komedo.

Selain itu, sunscreen dari Bioderma ini juga dapat mengaktifkan sistem perlindungan kulit secara alami, menghambat risiko kerusakan pada sel kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini, hingga dapat menangkal radisasi sinar matahari.

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++

Sunscreen dari Votre Peau merupakan produk yang memiliki kombinasi antara chemical dan physical, namun tetap membuat kulit terasa nyaman ketika memakainya.

Sunscreen ini memiliki SPF 50 PA++ dan kombinasi zinc oxide serta titanium dioxide, yang dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B, dapat mencerahkan noda hitam pada wajah, serta tentunya aman untuk kulit berminyak.

Selain itu, sunscreen ini juga mengandung tranexamic acid untuk menghambat pembentukan melanin, serta salicylic acid untuk membantu mencegah tersumbatnya pori-pori.

Dengan memakai sunscreen dari Votre Peau, kulit akan terasa lembap dan terlihat lebih dewy.

L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen Matte and Fresh SPF 50+ PA++++

Salah satu sunscreen dari L’Oreal ini dipercaya dapat melindungi kulit dari lima tahun penuaan dini, lho. Dengan hasil akhir yang matte, dapat membuat kulit tidak mengkilap, tidak lengket, serta tidak ada residu.

Meskipun matte, tapi tetap membuat kulit terasa lembut, segar, dan cepat menyerap. Sunscreen dari L’Oreal memiliki kandungan SPF 50+ PA++++ yang akan melindungi kulit dari sinar sinar matahari secara maksimal.

Lacoco Sunscreen Daily UV Counter SPF 50 PA++

Sunscreen berikutnya yakni dari Lacoco yang memiliki SPF 50 PA++.

Produk ini diformulasikan tanpa silikon dan bersifat non comedogenic, sehingga akan terasa ringan ketika digunakan. Plus tidak membuat kulit berminyak, tidak meninggalkan white cast, dan tidak menyumbat pori-pori.

Selain melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B, sunscreen ini juga dapat membantu mencegah tanda penuaan. Di samping itu, tabir surya satu ini juga dilengkapi dengan squalane untuk membuat kulit menjadi lembap, lembut, serta kenyal.

Dengan mengandung niacinamide dan ekstrak licorice, sunscreen ini dapat membantu mencerahkan wajah secara alami, membantu mengobati jerawat, hingga mencegah radikal bebas.

AXIS-Y Complete No-Stress Physical Sunscreen

Produk Korea Selatan satu ini juga mengeluarkan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Tabir surya ini memiliki SPF 50+ PA++++ yang akan melindungi kulit dari UV A dan UV B.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain dari sunscreen ini, yakni adanya aqua micro capsule yang akan membuat kulit terasa segar.