Tips Dermatolog: Rahasia Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak

skincare untuk kulit berminyak
Foto: www.freepik.com

Mungkin dibandingkan dengan kulit normal, para pemilik kulit berminyak lebih susah dan berhati-hati saat membeli skincare yang tepat.

Pasalnya, pemakaian skincare yang tidak tepat dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru pada wajah, salah satunya adalah munculnya jerawat.

Oleh karena itu, sebelum membeli skincare untuk kulit berminyak, kamu harus teliti dengan kandungan yang ada.

Untuk itu, LIMONE telah menghubungi dr. Corry Khatreen, SpKK, seorang dermatolog dari Maharis clinic, yang akan menjelaskan mengenai skincare untuk kulit berminyak.

Apa Penyebab Seseorang Memiliki Kulit Berminyak?

Apa Penyebab Seseorang Memiliki Kulit Berminyak | | Tips Dermatolog: Rahasia Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak
Foto: www.canva.com

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang berminyak, kering, sensitif, maupun kombinasi antara berminyak dan kering.

“Tipe jenis kulit sudah genetik. Kulit berminyak itu disebabkan karena aktivitas kelenjar minyaknya berlebih dibandingkan orang yang mempunyai kulit normal,” ucap Dokter Corry.

Apa Saja Ciri Seseorang Memiliki Kulit Berminyak?

skincare untuk kulit berminyak
Foto: www.freepik.com

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung membedakan jenis kulit berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi. Untuk itu, Dokter Corry membeberkan ciri-ciri kulit berminyak.

“Ciri-cirinya kulitnya lebih mengkilap, terutama di daerah T, dan biasanya porinya terlihat lebih besar-besar. Apabila orang yang memiliki genetik jerawat, yang memiliki kulit berminyak jadi mudah berjerawat,” jelas Dokter Corry.

Sering kali orang yang memiliki kulit berminyak tidak percaya diri, padahal setiap jenis kulit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Kulit berminyak sebenarnya lebih menguntungkan dari pada kulit kering karena terlihat awet muda. Namun biasanya orang yang kulit berminyak terlihat pori-porinya lebih besar, mudah berjerawat, dan terlihat berminyak,” ucap Dokter Corry.

Apa Jenis Skincare untuk Kulit Berminyak?

Apa Jenis Skincare untuk Kulit Berminyak | | Tips Dermatolog: Rahasia Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak
Foto: www.canva.com

Kini sudah banyak brand skincare yang menjual berbagai produk untuk kulit, mulai dari brand lokal hingga brand luar negeri. Meski begitu, disarankan untuk tidak asal membeli produk, termasuk skincare untuk kulit berminyak.

Perlu ketelitian dan cari tahu informasi mengenai kandungan dalam produk tersebut.

“Pilih produk yang non komedogenik, dan apabila menggunakan sunscreen dianjurkan yang memiliki SPF 30 atau sediaan gel. Intinya yang light ya,” ucap Dokter Corry.

Apa Saja Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak?

skincare untuk kulit berminyak
Foto: www.rawpixel.com

Produk skincare yang dijual dipasaran banyak mengandung bahan-bahan aktif, seperti salicylic acid, hyaluronic acid, retinol, hingga vitamin C. Apakah produk skincare ini cocok untuk kulit berminyak?

“Boleh semua, tetapi apabila menggunakan sunscreen sebaiknya dianjurkan menggunakan SPF yang 30. Semakin tinggi SPF akan semakin oklusif,” jelas Dokter Corry.

Ini artinya tabir surya tersebut bisa menciptakan lapisan pelindung pada kulit dan sehingga mencegah hilangnya air dari kulit. Alhasil, kulit tetap halus dan lembut

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen juga mempunyai manfaat untuk mencegah penuaan dini, mencegah kulit terbakar, mencegah terjadinya flek hitam. Hingga mencegah risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, sunscreen adalah skincare wajib pakai oleh semua pemilik jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

Selain Skincare, Apa Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Pemilik Kulit Berminyak?

Selain Skincare Apa Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Pemilik Kulit Berminyak | | Tips Dermatolog: Rahasia Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak
Foto: www.canva.com

Memiliki kulit berminyak tentunya memerlukan perawatan yang baik dan secara rutin.

“Merawat kulit berminyak dengan tipe kulit lainnya pada dasarnya sama saja, seperti cuci muka, menggunakan krim pagi malam dan pelembab. Namun semuanya menggunakan bahan-bahan yang non komedogenik,” ucap dokter Corry.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tidak hanya bergantung pada skincare yang digunakan. Kita juga perlu memperhatikan pola hidup yang sehat.

“Asupan yang diperlukan selain skincare juga harus dari dalam, seperti makan sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai antioksidan, selain itu bisa ditambahkan multivitamin minum,” jelas Dokter Corry.

Seperti Apa Produk Skincare Masker Terbaik untuk Kulit Berminyak?

Seperti Apa Produk Skincare Masker Terbaik untuk Kulit Berminyak | | Tips Dermatolog: Rahasia Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak
Foto: www.freepik.com

Memakai masker wajah dapat membantu kulit menjadi tampak cerah, kenyal, serta lembap. Dan masker ini juga menjadi salah satu skincare penting untuk kulit berminyak.

Ada banyak jenis masker yang dapat kamu coba, seperti sheet mask, clay, peel off, wash off, hingga untuk eksfoliasi.

“Tidak semua masker bisa digunakan untuk kulit berminyak seperti peel off dan clay mask karena kedua jenis masker tersebut berfungsi untuk menyerap minyak,” tekan Dokter Corry.

“Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk kulit berminyak intinya yang non komedogenik. Bahan-bahan yang biasa digunakan seperti sulfur, tea tree oil, charcoal, witch hazel, salicylic acid, lemon, dan masih banyak lagi,” jelas Dokter Corry.

Kesimpulan

skincare untuk kulit berminyak
Foto: www.canva.com

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk itu, Dokter Corry berpesan agar merawat kulit dengan baik.

“Apa pun tipe jenis kulitmu, dirawat dan disyukuri. Hal yang penting adalah kamu memiliki kulit yang sehat. Tidak ada kata terlambat untuk merawat kulit,” ucap Dokter Corry.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu adanya pola hidup yang juga sehat, seperti perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur, olahraga teratur, hingga tidak begadang.

Selain gaya hidup, skincare dapat membantu menghasilkan wajah menjadi lebih sehat, cerah, dan ternutrisi dengan baik.

Oleh karena itu, perlu memakai skincare secara rutin agar berbagai masalah pada wajah dapat terselesaikan. Hal yang sama juga berlaku untuk pemilik kulit berminyak.

Ada pun rangkaian basic skincare untuk kulit berminyak hampir mirip dengan jenis kulit lain. Yakni dimulai dengan membersihkan kotoran atau makeup di wajah menggunakan cleanser, lalu gunakan sabun wajah, toner, pelembap, sunscreen.

Untuk masker wajah, kamu dapat menggunakannya satu hingga dua kali dalam satu minggu.