Sering Mendengar Niacinamide? Ternyata Ini Manfaatnya Menurut Dermatolog

niacinamide
Foto: www.freepik.com

Ketika mengenakan produk perawatan wajah, mungkin kamu pernah atau bahkan sering menemui kata niacinamide. Hingga akhirnya muncul pertanyaan, apa fungsi dari bahan kandungan tersebut?

Jika kamu ingin mengetahui apa itu niacinamide dan manfaat penggunaannya, maka simak penjelasan dari dr. Ida Ayu Intan Pratiwi, Sp.KK, Spesialis Kulit dan Kelamin dari DnI Skin Centre Renon dan Bali Royal Hospital (BROS).

Apa Itu Niacinamide?

Foto: www.rawpixel.com

Dokter Intan menuturkan bahwa “niacinamide adalah bentuk aktif dari vitamin B3 atau niacin yang mudah larut dalam air. Zat ini akan masuk ke dalam tubuh sebagai vitamin B3 yang biasa didapatkan dari sumber protein hewani. Kemudian, di dalam tubuh diubah menjadi niacinamide. Karena mudah larut, zat ini tidak bisa disimpan oleh tubuh,” jelasnya.

Zat yang satu ini dapat membantu mencegah defisiensi vitamin B3. Meski kadang niacinamide dianggap sama dengan niacin, namun ternyata hal itu berbeda. Namun tubuhmu dapat membuat niacinamide dari suplemen niacin yang dikonsumsi.

Apa Manfaat Niacinamide?

Foto: www.freepik.com

Bentuk aktif vitamin B3 ini memiliki peran yang cukup luas dalam menjaga kesehatan kulit, seperti:

Menjaga skin barrier

Manfaat niacinamide ternyata dapat menjaga fungsi skin barrier “dengan merangsang kulit untuk membentuk ceramide, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit,” papar Dokter Intan.

Anti radang

Fungsi lain dari zat ini adalah anti radang, “di mana fungsi ini erat sekali dengan perawatan pada acne,” tuturnya.

Nutrisi ini dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu meredakan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi.

Mencegah hiperpigmentasi

Niacin dapat membantu mencegah hiperpigmentasi atau penggelapan kulit. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa konsentrasi niacinamide sebanyak 5% dapat membantu menyamarkan bintik hitam.

Membangun keratin

Zat penting yang satu ini dapat membantu membangun keratin, sejenis protein yang dapat membuat kulitmu menjadi lebih kencang dan sehat.

Meminimalkan tampilan pori

Memiliki kulit yang halus tentu menjadi idaman bagi kebanyakan wanita. Untuk itu, niacinamide juga dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori wajah secara alami, sehingga kulit menjadi lebih lembut.

Menyamarkan garis halus

Kandungan bahan aktif vitamin B3 ini juga dapat memperbaiki stuktur permukaan kulit, menyamarkan garis halus dan kerutan, serta menghambat fotokarsinogenesis. Sehingga kulitmu akan tampak lebih muda dan sehat.

Bagaimana Cara Memilih Kandungan Niacinamide yang Tepat?

Foto: www.freepik.com

Kata Dokter Intan, sebetulnya niacinamide yang terkandung dalam skincare sendiri merupakan bahan yang relatif aman untuk digunakan. “Jadi mungkin yang harus diperhatikan adalah hal-hal umum, seperti tanggal kedaluwarsa atau expired produk. Kemudian, apakah dari segi fisik produk masih layak,” ujarnya.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan untuk mencampur bahan tersebut dengan vitamin C, “karena dapat menurunkan efek dari masing-masing produk,” terangnya.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin ini menambahkan bahwa niacinamide “paling bagus digunakan bersama retinol. Jika produk yang akan diaplikasikan memiliki kandungan terpisah (antara niacinamide dan retinol), maka gunakan produk yang berisi niacinamide terlebih dahulu. Baru setelah itu produk yang berisi retinol,” sarannya.

Bagaimana Cara Menggunakan Bahan Aktif Vitamin B3 ini?

Foto: www.freepik.com

Penggunaan niacinamide dalam sediaan topikal atau “yang sering kita temukan pada skincare merupakan bahan yang relatif aman. Karena zat tersebut memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, jadi efek sampingnya hampir tidak ada. Serta boleh digunakan setiap hari,” terang Dokter Intan.

“Namun, apabila dikonsumsi secara oral, maka tidak boleh melebihi 35 mg/hari. Karena dapat memberikan efek samping seperti gangguan perut, pusing, kemerahan, gatal-gatal, dan bisa memengaruhi kerja organ hati,” imbuhnya.

Bahan aktif vitamin B3 ini juga dapat diperoleh dari berbagai bahan makanan sumber, yakni:

  • Telur
  • Sayuran hijau
  • Biji-bijian
  • Kacang polong
  • Ikan
  • Susu

Akan tetapi untuk menjamin bahwa nutrisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan, lebih disarankan untuk menggunakan niacinamide secara topikal. Sementara untuk suplemen, hal tersebut perlu dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk dengan kandungan niacinamide di dalamnya.

Paula’s Choice Clinical Niacinamide 20% Treatment

Serum niacinamide ini bisa bekerja dengan efektif untuk mengencangkan kulit dan meminimalkan tampilan pori-pori yang disebabkan oleh kerusakan sinar matahari maupun faktor usia. Fomula ajaib ini juga menargetkan segala permasalahan wajah mulai dari keriput hingga berjerawat.

Purito Centella Green Level Buffet Serum

Sebanyak 49% ekstrak centella ternyata bisa membantu pembentukan kolagen dan menenangkan kulit yang bermasalah. Tidak hanya itu dalam produk ini juga terkandung niacinamide yang membantu meratakan warna kulit. Sementara panthenol dan adenosine juga dapat menghilangkan keriput dan membuat tekstur kulit menjadi rata.

Avoskin Miraculous Refining Toner

Sedang mencari toner eksfoliasi? Maka kamu wajib melirik Avoskin Miraculous Refining Toner yang mengandung 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Dilengkapi dengan kandungan kandungan alami lainnya, penyegar ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Cosrx AC Collection Blemish Spot Clearing Serum

Jika kamu ingin merawat, menenangkan, membersihkan, serta memulihkan bekas jerawat, maka wajib memilih Cosrx AC Collection Blemish Spot Clearing Serum. Karena berkat konsentrasi yang tinggi maka serum ini bisa dengan cepat menyerap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket, sehingga cocok untuk mengatasi permasalahan wajah yang kamu miliki.

SK-II R.N.A Power Radical New Age

Seiring bertambahnya usia, maka kamu memerlukan pelembap lembut yang bisa membuat kulit lebih memukau dan tampak lebih muda. Hal ini bisa kamu coba dengan mengaplikasikan SK-II R.N.A Power Radical New Age yang bisa mengurangi tampilan garis-garis halus dan kulit menjadi lebih kencang.

Glossier Super Pure

Produk ini diformulasikan dengan 5% niacinamide yang bertujuan untuk menyeimbangkan kulit, serta zinc PCA yang dapat membantu mengurangi pori-pori tersumbat. Berkat kandungan kedua bahan tersebut, serum wajah ini juga bisa mengatasi kulit berjerawat. Dengan tekstur gel ringan yang bebas minyak, menjadikan Glossier Super Pure bisa menyerap dengan cepat tanpa adanya rasa lengket.

La Roche-Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer

Pelembap wajah yang bebas minyak ini dirancang untuk kulit sensitif agar dapat mengisi kelembapan alami dan membantu memulihkan pelindung kulit. Kandungan bahan aktif vitamin B3 yang ada dalam produk ini dapat membantu menenangkan kulit yang meradang. Pastikan menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Olay Regenerist Micro-Sculpting Cream Face Moisturizer

Gabungan hyaluronic acid, niacinamide, dan vitamin B3+  bisa bekerja dengan maksimal untuk melembapkan kulit agar lebih kencang. Formula pelembapnya dapat menyatu dengan mulus agar dapat menambah kelembapan alami kulit, sehingga tampak lebih muda. Kerutan dan garis-garis halus juga dapat disamarkan dengan produk yang satu ini.

EltaMD UV Clear Facial Sunscreen Broad-Spectrum SPF 46

Tabir surya yang bebas minyak ini dapat membantu menenangkan dan melindungi kulit sensitif yang rentan terhadap jerawat dan perubahan warna. Berkat kandungan niacinamide, asam hialuronat, dan asam laktat,menjadikan sunscreen ini bisa dikenakan setiap dua jam sekali ketika kamu sedang beraktivitas di luar ruangan.