8 Jenis Bra Kekinian yang Wajib Ada di Lemari Pakaian

Foto: www.canva.com

Meski pakaian dalam ini akan tertutupi oleh atasan lainnya, namun hal tersebut bukan menjadi halangan saat memilih bra. Selain nyaman, bentuk dan model bra kekinian juga perlu disesuaikan dengan busana yang akan digunakan.

Untuk itu, setidaknya kamu perlu memiliki berbagai jenis atau tipe bra yang ada di lemari pakaian. Sehingga nantinya tidak perlu merasa repot ketika ingin menggunakan pakaian dengan model apa pun. Jika kamu penasaran terkait jenis bra kekinian, maka gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Strapless Bra

bra kekinian
Abercombie & Fitch - Seamless Bandeau Bralette
Marks & Spencer - Louisa Lace Plunge Strapless Bra

Bra jenis yang satu ini akan sangat cocok dikenakan dengan atasan off-the shoulder. Pasalnya, penutup payudara ini tidak dilengkapi dengan tali yang bertengger di pundak. Sehingga, penampilanmu akan tetap sempurna saat mengenakan atasan yang memamerkan area bahu.

Adhesive Bra

MISSGUIDED - Winged Super Push Up Stick On Bra
Banyan Women - Ladies Silicone Bra Self Adhesive Stick On Push Up Gel

Adhesive bra atau stick on bra merupakan jenis pakaian dalam yang akan menempel pada payudara. Meski tanpa tali, namun bra ini akan tetap tetap menyatu dengan kuat. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika mengenakan bra kekinian yang satu ini.

Saat kamu memutuskan untuk menggunakan gaun tipis atau tanpa lengan, maka menggunakan adhesive bra merupakan hal yang tepat.

Bandeau Bra

bra kekinian
Hollister - Gilly Hicks Core Lace Bandeau Bra
bra kekinian
DORINA - Michelle Bandeau Bra

Jenis bra yang satu ini menyerupai kemben dengan memiliki bahan yang lebih lembut dan terbuat dari katun stretch. Karena tanpa tali dan kawat, penutup ayudara ini memiliki cup yang bisa dikeluarkan dan diganti sesuai dengan ukuranmu.

Selain dapat dipasangkan dengan busana sehari-hari, bandeau bra juga akan terasa nyaman ketika digunakan saat tidur.

Korset Bra

bra kekinian
You’ve - Korset Agafia Long Bra
Wimiu - Korset Wanita Pakaian Dalam

Selain menutupi area payudara, pakaian dalam ini juga akan melindungi bagian perut dan pinggangmu. Sehingga perutmu juga akan tertahan dan terlihat lebih kecil, asalkan kamu telah memilih ukuran yang tepat untuk digunakan. Biasanya bra kekinian ini akan cocok ketika mengenakan gaun panjang atau saat memakai kebaya.

Plunge Bra

bra kekinian
Marks & Spencer - Lace Padded Plunge Bra
Calvin Klein - Form Push Up Plunge Bra

Jika kamu berniat untuk menghadiri pesta atau menggunakan potongan low cut dan v-neck, maka jenis bra yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Meski bentuk cup-nya rendah, akan tetapi mampu untuk menyokong payudara dengan sempurna. Sehingga kamu akan tampil lebih percaya diri dan siap untuk menjadi pusat perhatian.

Pushup Bra

bra kekinian
QuestChic - Bijoux Wireless Push-up Bra
Chelyne - BH Seamless Push-up

Salah satu tipe penutup payudara yang paling diminati adalah pushup bra. Jenis pakaian dalam ini dapat mengikat payudara dengan sempurna dan membuatnya tampak lebih berisi. Karena dilengkapi dengan kawat dan busa, pastikan kamu tidak menggunakannya setiap hari agar tulang punggungmu tetap sehat.

Backless Bra

Chelyne - Seamless Bra
bra kekinian
You’ve - Invisible Push Up Bra Tempel

Untukmu yang senang menggunakan gaun yang memamerkan area punggung, maka cara sempurna mengenakannya adalah dengan memilih penutup payudara dengan tali yang berada di bawah. Nantinya kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan bra yang satu ini, karena payudaramu dijamin akan tertutupi dengan kuat.

Sport Bra

SFITS - FITS Cloudsilk Sport Bra
bra kekinian
Nike - Dri-FIT Swoosh Sports Bra

Bra kekinian yang harus kamu miliki ini akan sangat cocok untuk dipakai ketika berolahraga atau aktivitas berat. Karena, pakaian dalam tersebut memang didesain khusus untuk membuatmu tetap merasa nyaman saat menggerakkan tubuh, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika cup bra akan bergeser ketika beraktivitas.

Dengan berbagai pilihan model serta warna, kamu bisa memilikinya lebih dari satu jenis untuk disimpan pada lemari pakaian. Apalagi jika kamu sering berolahraga secara rutin.

Tips Mencuci Bra

bra kekinian
Foto: www.rawpixel.com

Salah satu cara menjaga kesehatan payudara adalah dengan mencucinya agar terbebas dari keringan, kotoran, dan minyak yang menumpuk pada kain bra. Berikut cara tepat untuk mencuci bra dengan mudah:

Pisahkan bra dengan pakaian lain

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memisahkan bra dengan pakaian kotor lainnya ketika akan dicuci. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengait bra yang tersangkut dengan pakaian lainnya serta memudahkanmu untuk mencucinya.

Sesuaikan suhu air dengan kebutuhan

Beberapa tipe bra menggunakan kain yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu menyesuaikan suhu air dengan jenis kain pada pakaian dalam tersebut.

Pasalnya beberapa orang biasanya akan memilih air panas saat mencuci bra dengan tujuan untuk mengangkat kotoran dan noda. Akan tetapi, air panas justru akan mengurangi tingkat elastisitas bra.

Untuk itu, disarankan agar kamu memilih air hangat saat ingin mencuci bra. Apalagi jika penutup payudara ini terkena noda dari makanan. Namun jika bra yang kamu gunakan dilengkapi dengan kawat dan bebas dari noda, maka gunakanlah air dingin.  

Jangan gunakan deterjen berlebihan

Hindari penggunaan deterjen yang berlebihan, karena menggunakan terlalu banyak deterjen bisa membuat residu menempel pada bra ketika dibilas. Nantinya, residu ini bisa memicu masalah pada kulit yang sensitif.

Cuci bra dengan tangan

Sebaiknya kamu mencuci bra dengan menggunakan tangan, apalagi untuk bra dengan tambahan kawat dan dibuat dengan bahan khusus. Karena penggunaan mesin cuci dapat menimbulkan risiko rusaknya pakaian dalam.

Kamu hanya perlu merendam bra dalam wadah yang telah diberi air dingin dan deterjen, kemudian mulai mencucinya secara perlahan. Terakhir, bilas hingga bersih dan jangan sampai meninggalkan residu.

Jangan gunakan pengering mesin cuci

Setelah dicuci dengan bersih, kamu perlu mengeringkannya dengan baik. Akan tetapi hindari memeras bra terlalu kencang karena nantinya serat pada kain bisa menjadi rusak. Hindari menggunakan pengering mesin cuci karena dapat merusak elastisitas dan membuat bra menjadi cepat rusak.

Perhatikan cara menjemut

Saat menjemur bra, kamu bisa meletakkannya di bawah sinar matahari atau di tempat teduh dan berangin. Selain itu, gantung bra tepat di bagian cup-nya, bukan menggantung talinya. Karena, jika kamu menggantung pada bagian tali, maka hal tersebut akan membuatnya menjadi cepat melar.