6 Kelebihan yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Pakai Bra Kawat

bra kawat
Foto: www.pexels.com

Bra memang menjadi kebutuhan penting bagi para perempuan. Selain untuk menopang payudara, pakaian dalam ini juga dapat memengaruhi penampilanmu, lho. Dari beragam jenis bra yang beredar, terdapat dua jenis bra yang dapat dengan mudah dibedakan, yakni bra kawat dan bra biasa. Namun kebanyakan perempuan akan memilih bra berkawat yang dapat menunjang penampilan, sehingga membuat pakaian dalam yang memiliki besi elastis pada bagian bawah kap ini menjadi populer.

Apa Itu Bra Kawat?

bra kawat
Foto: www.pexels.com

Seperti namanya, bra kawat atau yang dikenal dengan underwire bra adalah bra yang dilengkapi dengan besi elastis pada bagian bawah kap. Biasanya kawat ini akan berbentuk menyerupai lengkungan payudara dan penopang payudara jenis ini merupakan bra yang paling banyak digunakan oleh perempuan.

Terdapat anggapan mengenai bahaya penggunaan bra kawat yang dapat memicu kanker payudara, namun untungnya pendapat tersebut hanyalah mitos. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang membuktikan bahwa jenis, lamanya waktu mengenakan, dan mengenakan bra selama tidur tidak ada kaitannya dengan kanker payudara

Apa Kelebihan Menggunakan Bra Berkawat?

Foto: www.rawpixel.com

Bra dengan tambahan kawat di bagian bawah kap ini memiliki beragam manfaat ketika digunakan. Berikut kelebihannya:

Memiliki daya topang yang kuat

Underwire bra dapat menopang payudara dengan baik dibandingkan bra biasa, hal ini sangat cocok untuk pemilik dada yang besar. Karena bra  kawat akan membantu mempertahankan bentuk payudara sehingga tidak terlihat kendur atau turun. Meski begitu, pemilik payudara kecil juga tetap bisa menggunakan jenis bra yang satu ini.

Membentuk postur tubuh

Jenis bra yang satu ini juga dapat membentuk tubuh, terlebih jika kamu memiliki masalah postur tubuh seperti bungkuk. Karena bra kawat dapat membantu menopang dada lebih kuat, sehingga tubuhmu menjadi lebih tegak dan tidak terlalu condong ke depan untuk menahan beban dari payudara.

Menolong payudara asimetris

Payudara asimetris atau besar sebelah merupakan hal yang normal dan sangat umum. Jika kamu memiliki perbedaan ukuran payudara, maka kamu dapat memilih menggunakan underwire bra untuk membuat kedua sisi payudara tetap terlihat seimbang. Kawat penyangga pada bagian bawah kap akan menopang dan membuat posisi payudara menjadi naik. Hal penting yang perlu diingat adalah menyesuaikan ukuran bra dengan sisi payudara yang lebih besar.

Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika memilih menggunakan bra kawat yang dapat menopang payudara dengan baik dan membentuk postur tubuh ini membuat penampilanmu terlihat sempurna. Maka, secara tidak langsung hal ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri. 

Tahan lama

Adanya kawat pada bra ternyata dapat membuat pakaian dalammu dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun hal ini perlu didukung dengan perawatan yang tepat untuk mencegahnya kawat tidak bengkok dan rusak.

Mudah dicari

Underwire bra merupakan salah satu pakaian dalam yang populer di kalangan masyarakat. Selain itu, jenis dari bra kawat pun beragam dan kamu dapat dengan mudah mencari jenis dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa Kekurangan Menggunakan Bra Berkawat?

bra kawat
Foto: www.unsplash.com

Jika ada kelebihan pastinya akan ada kekurangan, begitupun dengan penggunaan underwire bra. Berikut kekurangan dari pakaian dalam yang dilengkapi dengan besi elastis:

Menghambat pernapasan

Penggunaan bra yang terlalu ketat dapat membuat dada lebih tertekan sehingga dapat mengganggu pernapasan. Hal ini juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada tulang belakang. Untuk itu ada baiknya saat menggunakan underwire bra, juga diselingi dengan pemakaian bra biasa agar bagian dada terasa lebih rileks.

Tidak nyaman

Pemakaian bra yang cenderung kaku dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang juga dapat mengakibatkan punggung terasa pegal, sehingga tubuh menjadi tidak nyaman. Penggunaan bra kawat yang terlalu lama juga dapat mengganggu postur tubuh karena harus menahan nyeri selama pemakaian.

Iritasi kulit

Iritasi kulit terutama pada bagian bawah payudara juga dapat disebabkan oleh pemakaian bra. Hal ini disebabkan karena bra kawat memberikan tekanan yang besar sehingga terjadinya gesekan antara kulit dan bra, kemudian menyebabkan kulit menjadi lecet. Tekanan yang terjadi secara terus-menerus juga dapat menimbulkan noda hitam pada kulit. 

Bagaimana Cara Memilih Bra yang Tepat?

bra kawat
Foto: www.freepik.com

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bra kawat, maka berikut tips memilih bra yang dapat kamu tiru.

Menyesuaikan ukuran 

Ketika akan membeli bra baru, ada baiknya kamu menyesuaikannya dengan ukuran payudara saat itu. Karena, payudaramu pasti sudah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Pastikan juga bra memiliki ukuran yang pas dengan tali yang tidak terlalu ketat ataupun longgar, ya!

Pemilihan bahan

Pilihlah bahan yang aman dan nyaman untuk digunakan, terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Dari beragam jenis bahan yang ada, kamu bisa memilih katun yang dapat membuat payudara memiliki sirkulasi yang baik. 

Sesuaikan dengan aktivitas

Terdapat banyak jenis bra yang beredar di pasaran. Untuk itu kamu perlu menyesuaikannya dengan aktivitas yang akan dilakukan. Jika ingin digunakan ketika berolahraga, kamu perlu memilih sport bra yang tentunya tidak memiliki kawat. Karena bra berkawat dapat membatasi gerakan dan kelenturan tubuh, serta rentan menimbulkan cedera ketika banyak bergerak.  Sementara untuk pergi ke pesta, kamu bisa memilih bra kawat yang dapat membuat penampilanmu lebih sempurna.

Rekomendasi Belanja Bra Kawat

bra kawat

Love, Bonito - Naomi Everyday Wired Padded Bra
bra kawat
Wacoal - Mood Lovely Bra YB 3017
FREE PEOPLE - Lucia Underwire Bra
bra kawat
Marks & Spencer - Single Hanging Non Wired Full Cup T-shirt Bra
Norma Kamali - Underwire Bra Top
TULIP - Daily Comfort 3D Wire Bra
NOOKIE - Brasilia Underwire Bikini Top
TULIP - Rosie Huntington 3/4 Cup Wire
COSABELLA - Selita Underwire Bra
bra kawat
Wacoal - Mood Lovely Bra IB 4490
KAT THE LABEL - Scarlet Undrewire Bra

Selanjutnya: Panduan Memilih Sports Bra.