6 Cara Memilih Sport Bra untuk Aktivitas Olahragamu

bra sports
Foto: www.rawpixel.com

Masih rajin berolahraga di tengah pandemi ini? Hei, jika kamu membutuhkan dorongan semangat, mungkin memiliki bra sport baru adalah jawabannya. Pastinya, tidak sembarang bra olahraga untuk mencegah terjadinya cedera pada anggota tubuhmu, salah satunya area payudara.

Sport bra memiliki fungsi untuk menahan gerakan payudara ketika berolahraga, sehingga mencegah payudara menjadi kendur dan cedera selama aktivitas fisik yang dilakukan. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan sport bra ketika berolahraga. Dalam memilih bra, kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal guna mendapatkan sport bra yang sesuai. Berikut 6 cara tepat untuk memilih sport bra

1. Pilih ukuran yang tepat

Memilih ukuran bra yang tepat juga penting untuk dilakukan. Pastikan bra yang kamu pilih tidak kebesaran atau kekecilan, mudah dilepas, dan nyaman saat digunakan. Serta harus menempel sempurna di bagian dada. Saat membelinya, cobalah untuk melakukan gerakan melompat, mengangkat tangan, atau gerakan lain yang akan dilakukan ketika berolahraga.  

2. Sesuaikan dengan aktivitasmu 

Menggunakan sport bra dapat mendukung sekaligus memberikan perlindungan pada payudara ketika sedang berolahraga.  Bra ini dirancang untuk memberikan kinerja maksimal  pada tiga tingkatan berdasarkan intensitas pengguna saat berolahraga. Terdapat tiga jenis intensitas olahraga, mulai dari ringan, sedang, hingga tinggi.

Intensitas tinggi bertujuan untuk mendukung aktivitas berlari, mendaki, bulutangkis, atau aerobik. Sementara untuk aktivitas bersepeda dan jalan cepat, termasuk dalam intensitas sedang. Selain itu, jika kamu senang yoga atau pilates maka aktivitas tersebut merupakan jenis intensitas ringan. 

Baca Juga :  Ini Item yang Tidak Akan Pernah Salah Dipadupadankan dengan Skinny Jeans

3. Kenali jenis sports bra

Tak hanya memiliki fungsi yang berbeda-beda, bra yang dirancang khusus untuk aktivitas olahraga ini juga memiliki berbagai jenis. Terdapat tiga jenis sports bra yang dapat disesuaikan dengan aktivitasmu.

Compression sports bra

Bra ini biasanya dibuat dengan model tanpa cup. Hal ini bertujuan untuk membatasi pergerakan dada dengan sistem pengompresan, sehingga bra jenis ini cocok untuk melakukan olahraga tingkatan rendah ataupun tingkat sedang. 

Encapsulation sports bra

Encapsulation sports bra merupakan bra yang didesain dengan model cup penuh untuk menopang masing-masing payudara secara terpisah. Cup ini biasanya memiliki bantalan yang ringan atau tebal. Model bra ini paling pas digunakan untuk aktivitas olahraga dengan tingkat rendah.

Compression-Encapsulation sports bra

Model bra ini merupakan gabungan dari kedua jenis di atas. Dengan memiliki sifat yang multifungsi, jenis bra ini dapat memberikan topangan yang baik bagi payudara untuk segala aktivitas olahraga.

4. Tentukan gaya sports bra

Kamu dapat menentukan gaya sport bra yang akan digunakan. Hal ini dapat disesuaikan dengan tali dan bentuk sport bra

Criss-Cross Back

Sports bra ini memiliki gaya menyilang di bagian belakang. Hal ini betujuan untuk memberikan fleksibilitas untuk pergerakan yang maksimal. Selain itu model bra ini cenderung trendi dan dapat mempercantik penampilan. 

Racerback

Racerback merupakan model bra yang paling populer. Kamu perlu memilih ukuran pas untuk bra jenis ini, karena racerback memiliki tali yang tidak dapat disesuaikan. Bra ini ideal digunakan untuk berlari karena dapat mengurasi tekanan pada bahu. 

Tank Top

Bra ini populer di kalangan remaja karena memiliki desain yang fleksibel untuk semua jenis pakaian olahraga. Hal ini tentunya dapat menjadi alternatif yang paling aman. Jenis bra ini ideal untuk aktivitas ringan seperti yoga atau peregangan

Baca Juga :  Bagaimana Cara Memilih Potongan Leher Baju sesuai Bentuk Badanmu

Back Clasp

Back clasp memiliki model yang menyerupai bra sehari-hari. Memiliki tali yang dapat disesuaikan dan memiliki pengait di bagian belakang. 

5. Cek fitur sports bra

Jangan lupa untuk memeriksa dengan teliti fitur yang ada pada sport bra yang akan kamu pilih. Terdapat hal-hal yang perlu kamu perhatikan, seperti pemilihan karet yang tidak terlalu ketat dan harus cukup elastis. Selain itu kamu juga dapat memilih tali yang tidak terlalu ketat hingga menimbulkan bekas pada permukaan kulit. Hal ini tentunya akan membuatmu tidak nyaman ketika berolahraga.

 Jika kamu memilih bra dengan pengait, kamu dapat mengaitkan bra pada pengait terjauh.  Tak hanya itu, kawat pada sport bra juga perlu kamu pertimbangkan, jangan sampai kawatnya menusuk dada dan membuatmu tidak nyaman.

6. Pilih bahan sports bra yang tepat

Pemilihan bahan yang digunakan sport bra juga perlu kamu perhatikan. Sport bra harus terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, berbeda dengan bra yang biasanya terbuat dari bahan katun yang sejuk. Jika sport bra dapat menyerap keringat, hal ini akan membuat daerah dada menjadi lembap dan menimbulkan biang keringat.

Rekomendasi Bra Sport

Nike - Swoosh High-neck Medium-support Sports Bra
Adidas - All Me Branded Padded Bra
bra sports
Lorna Jane - Zigzag Sports Bra
bra sports
Vala Athletics - Roxy Bra Taupe
Cotton On Body - Workout Yoga Crop Sports Bra
bra sports
Mango - Scalloped Top
Running Bare - Tatler Sports Bra
bra sports
SFITS - SFIDN FITS Cloudsilk Set Sport Bra
bra sports
XEXYMIX - Black Label Relax Sports Top in Steel Navy
Under Armour - Warp Knit High Impact Sports Bra
bra sports
PUMA - Cosmic TZ Mid Impact Bra

Selanjutnya: 10 Jenis Celana Dalam yang Wajib Kamu Miliki.