Rambut Rusak, Kering, dan Kusam? Lakukan 8 Perawatan Ini

perawatan rambut rusak
Foto: www.freepik.com

Seperti kata pepatah ‘rambutmu adalah mahkotamu’, maka banyak perempuan melakukan beragam cara untuk membuat rambutnya terlihat indah. Namun bagaimana jika rambut yang terlanjur rusak? Jawabannya hanya ada dua, memperbaikinya atau memotongnya. Jika kamu tidak rela untuk memotong rambut, maka kamu perlu dengan segera melakukan perawatan rambut rusak. 

Penyebab Rambut Rusak

perawatan rambut rusak
Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambutmu menjadi rusak, yakni:

Efek pewarna

Pewarna kimia dapat menghilangkan kelembapan alami rambutmu, sehingga membuatnya terasa kasar. Selain itu, pemillihan produk pewarna rambut yang salah juga akan menyebabkan rambutmu menjadi rusak secara perlahan hingga permanen. Jika kamu masih ingin mewarnai rambut, ada baiknya menggunakan warna yang gelap dan jangan terlalu sering mengganti warnanya. Untuk membatasi kerusakan, kamu juga dapat mengurangi frekuensi keramas dan gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai

Penggunaan alat styling rambut

Jika kamu sering menggunakan heat hair tools atau alat styling seperti catok dan pengering rambut, hal ini tentunya akan menjadi salah satu penyebab rambutmu menjadi rusak. Suhu panas dari alat-alat tersebut jika digunakan dengan sering, akan membuat rambutmu menjadi kering dan lama-lama akan rusak. Terlebih jika kamu tidak menggunakan heat protect atau vitamin yang dapat melindungi rambut. 

Terkena paparan sinar matahari

Terlalu lama beraktivitas di luar ruangan sehingga selalu terpapar sinar matahari juga menjadi penyebab rambutmu menjadi kering dan bercabang. Selain sinar matahari, polusi, kotoran, dan debu juga akan membuat rambutmu menjadi rusak. Untuk meminimalisinya, usahakan untuk selalu menggunakan penutup rambut seperti topi atau payung yang bisa melindungi rambutmu.

Baca Juga :  10 Tabir Surya Terbaik Ini akan Melindungi Kulitmu Sepanjang Hari

Kekurangan nutrisi

Rambut yang kekurangan nutrisi biasanya akan terlihat kasar, sulit diatur, rontok, dan tidak sehat. Karena sesungguhnya tak hanya tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi seperti zinc, magnesium, omega-3, vitamin A dan C yang dapat membantu memperkuat rambut dari akar. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan yang dikonsumsi ataupun dari produk perawatan seperti masker, minyak, atau vitamin rambut. 

Tips Perawatan Rambut Rusak

perawatan rambut rusak
Foto: www.freepik.com

1. Gunakan produk perawatan khusus untuk rambut rusak

Jika rambutmu sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, seperti kering, rontok, bahkan bercabang maka ada baiknya mulai mengganti semua produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, dan masker yang diformulasikan khusus untuk rambut rusak.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mulai membersihkan rambut dengan menggunakan sampo dan memijatnya secara perlahan kemudian membilasnya. Setelah itu oleskan kondisioner dan biarkan selama satu sampai tiga menit sebelum dibilas. Untuk masker rambut, kamu dapat menggunakannya sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

2. Keramas dengan air dingin

Air hangat memang akan membuat tubuhmu menjadi rileks dan tenang, namun hal ini dapat memengaruhi kesehatan rambutmu. Pasalnya, air panas dapat menghilangkan minyak esensial dari rambutmu dan membuatnya menjadi semakin kering. Sebagai perawatan rambut rusak, usahakan mencuci rambut dengan menggunakan air dingin. 

3. Turunkan suhu pada alat styling

Alat styling seperti pengering rambut dan catok memang dapat membantumu untuk tampil lebih menawan, namun terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut dapat membuat rambutmu menjadi rusak. Jika kamu memang tidak bisa terlepas dari penggunaan alat styling, maka kamu dapat menurunkan suhunya. Semakin sedikit panas yang dikeluarkan maka akan semakin baik untuk rambutmu. 

4. Gunakan pelindung panas

Ketika memang tidak bisa terlepas dari alat syling, maka sebaiknya kamu wajib menggunakan pelindung pada rambutmu. Kamu bisa menggunakan heatspray dengan menyemprotkannya secara merata dalam jarak enam hingga delapan inci dari kepalamu. Pelindung panas ini tidak hanya membantu melindungi dari kerusakan akibat panas, namun juga akan menenangkan rambut yang kusut. 

Baca Juga :  14 Masker Organik Terbaik untuk Segala Jenis Kulit dan Permasalahannya

5. Keringkan rambut dengan kain katun

Untuk meminimalisir kerusakan rambut, sebaiknya gunakan handuk atau kain berbahan katun untuk mengeringkan rambutmu yang basah. Karena kain katun tekstur halus yang dapat membantu rambutmu menjadi lebih lembut. 

6. Menyisir rambut sebelum keramas

Jika kamu memiliki rambut kusut, maka kamu dapat menyisir rambut sebelum mencucinya. Selain itu, hindari menyisir dalam keadaan rambut yang basah, karena rambut akan lebih rapuh ketika dalam kondisi basah. Namun jika kamu diharuskan untuk menyisir ketika rambut masih basah, maka kamu perlu mengeringkannya dengan handuk atau kain. Pastikan untuk menyisirnya menggunakan sisir bergigi lebar.

7. Memotong rambut

Ketika mendapati rambut yang rusak, kamu bisa memutuskan untuk memotongnya. Selain untuk mengatasi rambut rusak, anggap saja bahwa memotong rambut menjadi salah satu perubahan baru untuk penampilanmu. Mungkin kamu dapat mencoba potongan rambut bob berlapis, lob, atau pixies

8. Jangan terlalu sering menyisir

Pepatah lama mengatakan bahwa sebaiknya menyisir rambut selama 100 kali sebelum tidur, oops... ini merupakan mitos. Karena terlalu sering menyisir akan membuat rambutmu menjadi lebih rusak. Meski rambutmu memang perlu untuk disisir, maka jangan terlalu sering menyisirnya.

Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Rusak

Berikut 5 rekomendasi produk untuk perawatan rambut rusak.

Olaplex No. 3 Hair Perfector

perawatan rambut rusak

Krim perawatan ini dapat menjaga dan memperkuat rambut sehingga mengurangi kerusakan akibat paparan bahan kimia. Selain itu, produk ini juga dapat mengembalikan penampilan dan tekstur rambut yang sehat. Olaplex No. 3 Hair Perfector dapat digunakan untuk semua jenis rambut mulai dari lurus hingga keriting dan bebas paraben, sulfat, serta phthalates

Oribe Gold Lust Transformative Masque

Oribe Gold Lust Nourishing Hair Oil

Minyak ini dapat menghidrasi sekaligus melindungi rambut dari alat panas atau sinar UV. Minyak ini akan langsung menyerap untuk mengembalikan rambut ke kondisi semula dengan kandungan ekstrak melati, bunga edelweiss, leci, cendana, bergamot, dan argan sehingga dapat melembutkan, menguatkan, sekaligus menghaluskan rambutmu yang rusak.

Briogeo Be Gentle, Be Kind Avocado+Quinoa Co-Wash

Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis rambut, mulai dari kering hingga rambut yang telah diwarnai. Dengan formula 4-in-1 yang secara efektif dapat membersihkan, melembapkan, menghilangkan kusut, dan menutrisi rambutmu. Pembersih rambut ini mengandung shea, ekstrak minyak alpukat, quinoa, dan lidah buaya untuk memperbaiki rambut rusak.

Bumble and Bumble Hairdresser’s Invisible Oil

Untuk membuat rambut menjadi berkilau, kamu dapat menggunakan Bumble and Bumble Hairdresser’s Invisible Oil. Produk ini juga dapat menghilangkan kusut dan melindungi rambutmu dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari.

Selanjutnya: Perawatan Wajib Rambut Pirang.