Sepenting Apakah Melakukan Yoga dengan Sempurna?

Foto: www.shutterstock.com

Apa yang terlintas di benakmu saat melihat feed Instagram para yogi sejati? Apakah melihat foto-foto mereka dengan pose sempurna membuatmu terintimidasi? Well, kamu tidak sendirian! Namun, sepenting apa sih melakukan pose-pose yoga dengan sempurna? Lebih penting itu atau—melakukan yoga?

Pertama-tama dulu: Pendapat Ahli Yoga

Menurut Riyanti, pelatih sekaligus pemilik AnjaYoga Studio, yoga berasal dari dari kata Sansekerta, YUJ, yang berarti menggabungkan, menyatukan dan memusatkan pikiran pada satu tujuan yaitu dengan meningkatkan kesadaran penuh pada tubuh, pikiran, pernafasan dan perbuatan.

Jadi, “yoga sangat penting dilakukan karena manfaatnya sangat bagus bagi setiap orang, baik secara fisik,” ujar Riyanti kepada LIMONE.

Ryan Purinawa, seorang pelatih yoga dan pendiri Purinawa Yoga School juga mengamini pentingnya yoga. “Yoga adalah satu-satunya latihan yang mampu memberikan manfaat holistik. Manfaat body and mind,” ungkapnya.

Jenis Yoga dan Khasiatnya

Menurut Riyanti, ada banyak jenis yoga tapi yang paling dikenal orang adalah enam jenis yoga. Yakni hatha yoga, asthanga yoga, yin yoga, prenatal yoga (yoga untuk ibu hamil), acroyoga, dan aerial yoga.

Ryan menambahkan jenis yoga lain seperti bikram yoga, vinyasa, iyengar, “dan masih banyak lagi namun semuanya berdasar dari hatha yoga.”

Untuk manfaatnya, “pada dasarnya sama aja, bedanya hanya yoga prenatal di mana tujuan yoga tersebut adalah untuk kesehatan ibu hamil dan persiapan kelahiran,” ucap Riyanti. “Kalau acroyoga adalah gerakan yoga yang mengandung unsur acrobatic , dan aerial yoga adalah gerakan yoga yang dilakukan menggunakan alat kain (swing) dan tali khusus aerial yoga.”

Berdasarkan keseluruhan dari jenis Yin dan Yang pada yoga, khasiat yin yoga untuk fokus pada persendian, seperti grounding. “Untuk Yang akan lebih fokus pada otot, biasanya latihannya lebih alert.”

Bagaimana Dengan Pose Sempurna, Pentingkah Dilakukan?

“Tidak terlalu penting untuk mencapai satu pose yg sempurna, yang terpenting dalam gerakan yoga adalah manfaat dan tujuan melakukan yoga itu sendiri. Itu jauh lebih penting,” tegas Riyanti.

Selaras dengan itu, Ryan berpendapat  bahwa tidak ada pose yang sempurna. Seharusnya setiap guru yoga memahami yoga dari sisi functional approach. “Dalam pendekatan fungsional untuk yoga, tidak ada pose sempurna. Semua gerakan menciptakan pose,” tegasnya.

“Sekali lagi kata sempurna tidak mampu digeneralisasikan dalam menggambarkan pencapaian pose yoga,” ungkapnya dengan tegas, “lebih baik mengedepankan kata benar ketimbang sempurna.” Dia juga menekankan jika melakukan gerakan yoga secara benar, maka target akan terstimulasi secara maksimal.

Jadi, “dahulukan fungsional yoga (target yang akan dilatih) ketimbang estetik yoga (bentuk posenya),” Ryan menyarankan. Serupa dengannya, Riyanti mengatakan yang terpenting dalam gerakan yoga adalah manfaat dan tujuan melakukan yoga itu sendiri. “Itu jauh lebih penting.”

Tips Agar Mudah Memahami  Pose Yoga

Ini khusus untuk kamu yang ingin memahami pose yoga secara benar.

Belajar dengan Guru yoga

Sah-sah saja berlatih yoga secara otodidak akan tetapi lebih optimal khasiatnya bila dibimbing ahlinya. “Saya sih, lebih setuju belajar yoga dengan cara berlatih dengan guru yoga yang berpengalaman supaya aman dan dapat ilmu yg bermanfaat. Karena kalau belajar sendiri secara otodidak, kadang kita tidak mampu melihat kekurangan sendiri dan kita butuh bantuan dari guru yoga,” terang Riyanti.

Dalam menentukan guru, pastikan memilih guru yoga yang baik, “pilihlah guru yang sudah terdaftar di Yoga Alliance, dan memiliki jam training selama 200 jam,” ujar Ryan

Menyetujuinya, Riyanti menyarankan untuk memilih guru yang telah mempunyai sertifikat sebagai pengajar yoga, serta guru yang peduli dengan murid yoga. “Baiknya yang mengajar dengan sepenuh hati dan penuh perhatian, rendah hati, selalu berbagi ilmu dan tips sehat,” sarannya.

Mulai dari pose yang mudah diterapkan

Jangan terburu-buru ingin segera menguasai semua pose yoga. Alangkah baiknya lakukan mulai dari pose yang mudah. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pose yoga yang belum mampu.

Dari semua gerakan yoga, kedua pelatih ini menyetujui bahwa yang paling mudah dilakukan yaitu, sukhasana, sidasana, dan standing tadasana.

“Jika dilakukan dengan benar, dapat membantu kesadaran untuk perbaikan postur, termasuk pada ibu hamil,” papar Ryan.

Selain hal di atas, Ryan dan Riyanti juga menyarankan untuk menambah pengetahuan tentang yoga dengan membaca artikel, banyak bertanya dan berkonsultasi. Konsistensi juga krusial.

Selamat mencoba dan menikmati yoga! Dan ada satu hal lagi yang baik untuk kesehatan: membaca! Ciptakan ruang baca nyaman di rumah dengan tips ini.

podcast button