Bra 101: Panduan Lengkap untuk Mengetahui Ukuran Bra Kamu

ukuran bra
Foto: www.stocksy.com

Hampir setiap hari kita memakainya, tapi entah kenapa sering kali masih bingung ukuran bra kita! Jika ini adalah problematika yang selama ini kamu alami, berikut LIMONE tuliskan panduan sangat sederhana bagaimana mengetahui ukuran bra yang tepat untuk kamu pakai.

Langkah #1: Cari Tahu Apakah Kamu Pakai Bra yang Tepat

Kenapa kamu butuh menggunakan bra ukuran tepat? Salah satu alasannya adalah karena bra adalah penopang dada dan bahu, sehingga perlu memakai yang tepat agar tidak terjadi gejala-gejela fisik yang tidak diinginkan. Apalagi jika dadamu besar, maka menggunakan bra bisa mencegah masalah leher dan punggung.

Apa tanda-tanda kamu sedang mengenakan bra yang salah? Macam-macam sih, mulai dari kap bra kusut, talinya selalu melorot, branya ikutan naik ketika kamu mengangkat tangan, kapnya tidak menopang dada dengan sempurna. Ohya, ukuran bra juga bisa berubah lho, jadi ada kemungkinan bra lama sudah tidak pas lagi untuk digunakan. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari berat badan berkurang/ bertambah, pola olahraga yang baru kamu ikuti, kondisi hamil, perubahan pola makan, dsb.

Jadi jika kamu merasa sudah harus mengganti ukuran bra, coba ukur kembali.

Langkah #2: Bagaimana Tahu Kamu Sedang Memakai Bra Ukuran Tepat?

Ada beberapa cara praktis. Satu, bungkukkan badan ke depan lalu pakai bra. Ini untuk memastikan seluruh bagian payudara masuk ke dalam kap. Dua, sesuaikan bagian band; bagian belakang bra harus sejajar dengan bagian. Ketiga, pastikan bra tidak terlalu longgar (jika satu jarimu bisa masuk ke dalam band, berarti ukuran bramu tepat). Keempat, kencangkan tali bra. Kelima, pakai atasan pas badan; jika kap mencuat atau dadamu menggembung, kamu memakai bra yang salah.

Jika perlu mengurangi satu ukuran kap, pilihlah ukuran band satu kali lebih besar. Begitu pula sebaliknya. Misalnya, jika 34C terlalu besar, maka pilihlah 36B.

Ini juga bisa diingat: pilihlah bra yang pas dengan sempurna ketika dikaitkan di bagian kaitan terluar. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, bra akan kendur!

Langkah #3: Tentukan Ukuran Dada

Foto: www.shutterstock.com

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, lakukan saat sedang tidak memakai bra atau kamu hanya menggunakan bra tanpa bantalan. Lalu ukur lingkaran persis di bawah payudara. Meteran harus dalam keadaan rata dan kencang. Angka yang muncul berkoma-koma? Genapkan dengan angka utuh terdekat. Jika angka yang kamu dapatkan genap, tambahkan 4 inci. Jika ganjil, tambahkan 5 inci. Nah inilah ukuran band bramu. Misalkan, jika angka yang didapat 32 inci, maka ukuran band kamu adalah 36. Jika 33 inci, maka ukuran band kamu 38.

Langkah #4: Ukur Bagian Tengah Dada

Foto: www.shutterstock.com

Selanjutnya, lingkarkan dengan longgar meteran di bagian paling penuh dada kamu (biasanya di bagian puting). Seperti prinsip di atas, genapkan dengan angka utuh terdekat.

Langkah #5: Cari Tahu Ukuran Kap

Foto: www.shutterstock.com

Nah di sini nih, yang akan membantumu untuk mengetahui apakah kamu A, C, atau D? Kurangi ukuran band kamu (langkah 3) dari ukuran dada (langkah 4). Sudah dapat hasilnya? Lalu, lihat tabel di atas ini. Contohnya: 36 inci (dada) – 34 inci (band) = 2 inci. Berarti kamu 34B.

BELANJA REKOMENDASI BRA

Mark & Spencer – RS Print Silk Bal
ukuran bra
Nike – Alpha Women’s High Support Sports Bra
ukuran bra
La Senza – Light Push Up Wireless Bra
ukuran bra
Free People – Emmy Bralette
ukuran bra
La Senza – V Sports Bra
ukuran bra
error: Konten dilindungi !!