Jangan Sembarangan, Ini 5 Tahapan dan Cara Mencuci Sneakers yang Benar

cara mencuci sneakers
Foto: www.freepik.com

Ketika melihat sneakers yang ada di rak sepatu sudah kotor, maka perlu untuk mencucinya agar kembali bersih. Namun, tidak semua orang mengetahui cara mencuci sneakers yang tepat.

Ada yang memilih untuk asal-asalan mencuci yang penting bersih. Padahal, cara mencuci sneakers juga butuh teknik agar sepatu kamu tidak rusak atau warnanya tidak pudar.

Oleh karena itu, LIMONE akan memberikan tips bagaimana cara mencuci sneakers.

Peralatan yang Harus Disiapkan

peralatan yang harus disiapkan | | Jangan Sembarangan, Ini 5 Tahapan dan Cara Mencuci Sneakers yang Benar
Foto: www.canva.com

Setiap orang pasti punya sneakers kesayangan yang digunakan hampir setiap hari hingga akhirnya kotor.

Jika kamu tidak punya cukup uang menggunakan jasa cuci sepatu, maka bisa mencuci sneakers sendiri di rumah. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan sebelum mengetahui cara mencuci sneakers.

Sikat

Kamu butuh sikat untuk membersihkan sneakers yang kotor. Namun, perlu diperhatikan bahwa ternyata tidak bisa asal memilih sikat. Jika salah memilih sikat, dikhawatirkan sepatu akan mudah rusak.

Untuk bagian bawah sepatu, dapat menggunakan sikat yang kasar, sedangkan bagian lainnya dapat memakai sikat yang tidak terlalu kasar. Adapun sikat yang bisa kamu gunakan adalah sikat gigi bekas.

Cairan pembersih

Siapa yang suka menggunakan deterjen bubuk untuk mencuci sneakers? Yuk, mulai sekarang hentikan pemakaiannya karena deterjen bubuk akan merusak bahan sepatu.

Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang memang dikhususkan untuk sepatu. Sudah banyak online shop yang menjual cairan pembersih sepatu khusus untuk sneakers.

Kain microfiber

Satu bagian penting dari tahapan dan cara mencuci sneakers adalah fase mengelap. Untuk mengelap atau mengeringkan sepatu, usahakan untuk tidak menggunakan kain biasa atau handuk.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kain microfiber, karena kain satu ini terbuat dari serat khusus yang tidak akan membuat permukaan sepatu kamu tergores.

Air bersih

Tidak hanya mencuci pakaian yang butuh air bersih, namun mencuci sepatu juga perlu menggunakan air bersih. Air bersih akan membilas sepatu yang sebelumnya telah disikat dengan cairan pembersih.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencampur air dengan cairan pembersih. Hal ini karena terdapat beberapa cairan pembersih yang terkadang harus dilarutkan dengan air.

Cara Mencuci Sneakers yang Tepat

cara mencuci sneakers
Foto: www.canva.com

Lepaskan tali sepatu

Langkah pertama cara mencuci sneakers yang harus dilakukan adalah melepaskan tali sepatu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu mencuci sepatu, apalagi pada bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau.

Setelah tali sepatu dilepas, kamu bisa merendamnya ke dalam cairan pembersih. Cuci dan sesekali remas tali sepatu agar kotoran yang terdapat pada tali bisa hilang. Setelah dirasa sudah bersih, kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

Bersihkan outsole terlebih dahulu

Cara mencuci sneakers yang tepat adalah dengan membersihkan terlebih dahulu bagian outsole.

Tentu saja bagian ini tidak boleh dilewatkan karena outsole adalah bagian yang paling kotor. Maka dari itu, wajib untuk dibersihkan di awal.

Untuk membersihkannya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan sikat yang sebelumnya sudah dibasahi, lalu teteskan cairan pembersih. Setelah itu, sikat bagian outsole hingga sekiranya bersih.

Jika sudah, kamu bisa mengelapnya dengan kain microfiber untuk mengangkat sisa-sisa cairan yang masih tertinggal di bagian bawah sepatu.

Sikat bagian midsole

Setelah outsole, kamu dapat menyikat bagian midsole dengan menggunakan air dan cairan pembersih.

Jika dilihat dari sisi samping, sneakers yang bagian midsole-nya berwarna putih akan cenderung lebih mudah kotor.

Untuk membersihkannya sama seperti outsole, kamu dapat membasahi sikat dengan air, lalu teteskan cairan pembersih. Sikatlah secara melingkar, lalu lap sepatu sampai dirasa sudah terlihat bersih.

Gunakan sikat medium untuk bagian atas

Upper merupakan bagian sepatu yang menutupi seluruh kaki, biasanya bagian ini terbuat dari suede, kulit sintetis, maupun kanvas.

Untuk membersihkan bagian upper, kamu perlu menggunakan sikat medium atau sikat yang lebih halus. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada serat-serat sepatu.

Kamu bisa menyikat bagian upper dengan cairan pembersih, lalu setelah itu lap menggunakan kain microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan area yang sulit dijangkau menggunakan sikat gigi.

Tidak hanya itu, sikat bagian tongue yang biasanya sering dilewatkan karena tertutup oleh tali sepatu. Jika dirasa masih kurang bersih, kamu bisa menyikatnya hingga benar-benar bersih.

Jangan lupa bersihkan insole

Meskipun tidak terlihat dari luar, namun insole juga perlu diperhatikan kebersihannya. Insole merupakan alas kaki yang ada di bagian dalam sepatu.

Perlu diketahui bahwa insole bisa menjadi sumber bau pada sepatu karena bagian tersebut menjadi tempat untuk bakteri berkembang dengan mudah.

Maka dari itu, insole juga menjadi bagian terpenting selain bagian luar sepatu. Kamu bisa membersihkannya dengan sikat halus, lalu mengeringkannya dengan kain.

Setelah semua bagian sepatu bersih, kamu bisa menjemurnya, namun pastikan untuk hindari mengeringkan sepatu di bawah matahari langsung. Hal ini karena akan membuat warna sepatu kamu rusak atau pudar.