Berapa Ukuran Sepatumu? Ini Panduan Lengkap untuk Menemukan Jawabannya

ukuran sepatu
Foto: www.stocksy.com
Last updated:

Jika kamu sering belanja online, barang apa yang biasanya kamu beli? Baju? Tas? atau Sepatu?. Jika barang yang paling banyak kamu beli adalah sepatu, pastinya jangan sampai salah memilih ukuran sepatu yang pas dengan kakimu.

Pasalnya, jika kamu membeli sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit atau terlalu longgar, nantinya akan membuat kakimu tidak nyaman dan sepatu tersebut kemungkinan besar akan berujung menjadi pengumpul depu dan sarang laba-laba di rak.

Membeli ukuran sepatu yang pas juga wajib hukumnya ketika membeli secara online. Tantangannya adalah mendapatkan sepatu dengan ukuran tepat tanpa harus mencobanya secara langsung. Dan untuk ini kamu butuh menguasai trik dan triknya agar kamu tidak perlu mengembalikan sepatu yang kamu beli.

Ingin tahu bagaimana cara sukses membeli sepatu dengan ukuran yang pas, baik online atau saat ke toko? Ini panduan lengkapnya.

Sistem Ukuran Sepatu

ukuran sepatu
Foto: www.gettyimages.com

Ada berbagai macam sistem ukuran sepatu, berikut yang wajib kamu tahu.

Sistem ukuran sepatu U.S

Sebagian besar orang Amerika sudah akrab dengan sistem ukuran dari U.S yang berkisar 4 hingga 13 untuk ukuran wanita, dan 6 hingga 16 untuk ukuran pria. Sistem ukuran U.S cenderung memiliki beberapa ukuran lebar. Terdapat empat kriteria lebar dalam sistem ukuran asal U.S ini yakni lebar yang sempit, sedang, lebar, dan ekstra lebar. 

Sistem ukuran sepatu Eropa

Berbeda dengan sistem ukuran U.S, sistem ukuran dari Eropa ini berkisar antara 1 sampai 50. Sistem ini tidak memiliki perbedaan antara ukuran anak-anak dengan ukuran dewasa, laki-laki maupun perempuan.  

Sistem ukuran sepatu Inggris

Satu lagi sistem ukuran yang familiar dengan kita, yakni sistem ukuran alas kaki dari Inggris atau yang biasa kita kenal UK. Antara ukuran dewasa dengan anak-anak juga dibuat sama, sistem ukuran Inggris ini berkisar 1  hingga 12. 

Panduan Mencari Tahu Ukuran Sepatu

ukuran sepatu
Foto: www.stocksy.com

Karena banyaknya variasi sepatu dan beberapa negara memiliki ukuran alas kaki yang berbeda, maka kita bisa meminimalisir kesalahan memilih size sepatu dengan cara mengukurnya. Namun kamu harus memperhatikan dasar-dasar mengukur sepatu, seperti panjang dan lebar.

Panjang

Panjang sepatu merupakan hal penting untuk menentukan shoes size milikmu. Jika kamu membeli sepatu Italia atau Amerika, maka pengukuran dasarnya adalah panjang kakimu. Kamu bisa mengukur jarak dari tumit ke jari kaki terpanjangmu. 

Lebar 

Meskipun beberapa sistem ukuran sepatu memiliki lebar yang standar, namun kamu tetap perlu mengetahui lebar kakimu. Pasalnya dengan mengetahui ukuran lebar dan panjang kaki akan menentukan kenyamananmu dalam mengenakan sepatu.

Panduan Mengukur Sepatu

Lantas bagaimana mengukur panjang dan lebar kakimu?

  1. Letakkan kaki di atas kertas

Kamu bisa menggunakan selembar kertas yang lebih besar dibanding kakimu. Letakkan salah satu kakimu di atas kertas. Selain itu usahakan mengukur di bidang yang datar. Supaya kertas tidak mudah tergeser, kamu bisa menempelnya ke lantai dengan menggunakan double tape.

2. Cetak jejak kaki

Gambar kakimu yang sudah berada di atas kertas dengan menggunakan pensil atau spidol. Kamu juga bisa dengan hanya memberikan tanda di belakang tumit dan di jari kaki terpanjangmu. 

3. Ukur panjang dan lebar

Setelah berhasil menggambar kakimu, langkah selanjutnya adalah mengukur jarak antara tumit dan kaki terpanjangmu dalam satuan inchi atau sentimeter dengan bantuan penggaris atau pita pengukur. Kamu bisa mengulangi langkah di atas untuk mengukur kaki kirimu

Jika panjang kakimu berbeda antara kanan dan kiri, gunakanlah ukuran kaki terpanjang agar lebih nyaman saat memakai sepatu yang kamu incar. 

4. Ukur kaki di penghujung hari

Kamu juga bisa mengukur ukuran kakimu di penghujung hari, yakni pada sore atau malam hari, karena saat pagi hari, kakimu akan menjadi sedikit lebih kecil. Hal itu terjadi karena pada pagi hari kamu belum banyak beraktivitas.

Setelah mengetahui ukuran kakimu, kamu dapat dengan mudah memilih alas kaki dengan ukuran yang tepat. Namun perlu diperhatikan, ukuran ini ternyata akan berbeda di tiap jenis sepatu dan merek sepatu. Karena tiap merek dan jenis sepatu memiliki cetakan ukuran yang berbeda.

Jika kamu senang menggunakan sepatu di siang hari, kamu sebaiknya memilih sepatu siang dengan satu nomor di atasnya. Soalnya saat siang hari kamu banyak melakukan aktivitas berjalan dan hal tersebut dapat mempermudah langkahmu. Sedangkan jika memilih sepatu untuk keperluan olahraga, kamu bisa memilih sepatu dengan size yang pas sehingga membuatmu nyaman serta untuk menghindari terjadinya cedera.

Rekomendasi Belanja Sepatu

ZARA – Bot Semata Kaki Rata Kulit Track Ujung Persegi
ZARA – Sepatu Rata Kulit Bermotif Hewan
VANS – Old Skool Low-top Sneakers
Salvatore Ferragamo – Vara Velvet Pumps
H&M – Sandals
ukuran sepatu
H&M – Chunky Trainers
ukuran sepatu
Massimo Dutti – Burgundy Leather Loafers with Saddle Strap
ukuran sepatu
Puma – Sportstyle Core Puma R78
ukuran sepatu
ALDO – Gryma Heels
ukuran sepatu
Stradivarius – Cut-out Ankle Boots with Stiletto Heel
ukuran sepatu
ZARA – Sepatu Hak Kulit Kombinasi

Selanjutnya: 5 jenis dress yang akan super cantik jika dipadupadankan dengan sneakers.