#BelieveItOrNot: Ada 10 Cara Unik Mengikat Tali Sepatu

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.rawpixel.com

Mungkin karena terlalu sering di rumah atau berkat pandemi, ada satu kemampuanmu yang sepertinya sedang berkarat dan butuh diperbaharui lagi: mengikat tali sepatu. Pembelaanmu: 1) kamu selalu di rumah dan tidak pakai sepatu, dan 2) hei... mengikat tali sepatu merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Bagi sebagian orang mungkin mudah karena dapat mengikuti ikatan yang telah tersedia ketika pertama kali membeli. Namun bagaimana jika sepatu kets tersebut menerapkan prinsip diversity dalam hal mengikat tali dan memberimu kebebasan untuk berkreasi?

Plus, bagaimana jika kamu merasa bosan dengan gaya mengikat tali sepatu yang itu-itu saja? Jika ini adalah dilema kecil dalam hidupmu, ada beberapa cara mengikat tali sepatu. Percayalah. Berikut adalah 10 cara mengikat tali sepatu yang bisa kamu tiru di rumah. 

Gaya Ladder (Tangga)

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Kamu bisa mengkreasikan tali sepatu dengan mengikatnya seperti gaya tangga yang sering kamu lihat. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memasukkan tali ke dalam lubang yang berada di ujung depan. Kemudian keluarkan setiap tali dari bawah lubang, lalu bawa ke atas dan silangkan dengan sisi yang berlawanan. Lakukan hal ini hingga tiba di ujung lubang sepatu bagian atas, lalu ikat menjadi bentuk pita.

Gaya Loop Back

Foto: www.pinterest.com

Gaya memutar kembali atau loop back merupakan alternatif lain yang dapat menjadi pilihanmu. Seperti gaya sebelumnya, langkah pertama yang kamu lakukan yakni memasukkan tali ke dalam lubang bagian depan, kemudian mengeluarkannya dari bawah.

Baca Juga :  6 Tas Trendi untuk Dipakai Sekarang dan Sepanjang 2020 (dan Seterusnya)

Pada satu sisi, kamu perlu memasukkan tali sepatu lewat bawah ke lubang yang berada di atasnya, namun kamu perlu mengendorkannya. Hal ini untuk menyilangkan tali sepatu di sisi lainnya, dengan seolah-olah tali sepatu ini saling menarik dan memberikan efek ‘loop back’

Gaya Sawtooth (Gergaji)

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Seperti namanya, gaya ini membuat tali sepatumu terlihat seperti gigi gergaji. Kamu perlu memasukkan tali sepatu ke dalam dua lubang paling ujung. Lalu di satu sisi masukkan ke lubang yang berada di atasnya melalui bagian bawah. Kemudian keluarkan tali sepatu lalu masukkan ke dalam lubang yang ada di sisi yang berlawanan.

Sementara untuk sisi lain, silangkan tali sepatu ke arah lubang dengan melewati satu lubang yang ada di bawahnya. Selanjutnya kamu hanya perlu mengulangi teknik seperti sebelumnya. 

Gaya Checkerboard (Anyaman)

Foto: www.pinterest.com

Gaya checkerboard berbentuk seperti anyaman. Saat membuat anyaman kamu perlu kertas dengan dua warna yang berbeda supaya bentuk anyamanmu terlihat. Begitu pun dengan tali sepatu, kamu perlu menyiapkan dua warna yang berbeda untuk memberikan efek anyaman. Gaya ini memerlukan kesabaran dan memakan waktu yang banyak untuk membuatnya terlihat seperti anyaman. 

Gaya Lattice

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Untuk mengaplikasikan gaya lattice, kamu memerlukan tali sepatu yang berbentuk pipih dan lebar. Gaya ini cukup mudah untuk diaplikasikan. Kamu hanya perlu memasukkan tali sepatu dari arah dalam di ujung lubang bagian depan. 

Pada satu sisi, keluarkan tali sepatu dan silangkan dengan melewati dua lubang. Setelah itu kamu bisa memasukkan tali sepatu dari bagian dalam ke satu lubang atasnya, lalu keluarkan dan silangkan ke arah bawah dan masukkan ke lubang kedua dari bawah. Kemudian masukkan ke lubang atasnya dan silangkan ke atas. Ulangi langkah tersebut untuk di satu sisi lainnya. Dengan gaya ini, tali sepatumu bisa diikat menyerupai pita. 

Baca Juga :  14 Paduan Warna Ungu yang Membuat Penampilanmu Terlihat Elegan

Gaya Twistie

Foto: www.pinterest.com

Gaya twistie dapat kamu aplikasikan untuk memberikan tampilan unik pada tali sepatumu. Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah memasukkan tali sepatu ke kedua sisi lubang depan yang paling ujung. Kamu dapat mengeluarkannya, kemudian menyilangkan ke sisi yang berseberangan. Namun, sebelum menyilangkannya, kamu harus memutar kedua sisi sehingga memberikan kesan berkelok-kelok. Lakukan hal ini hingga lubang sepatu bagian atas. Kemudian kamu dapat mengikat tali sepatumu dengan bentuk pita.

Gaya Hidden Knot

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Bukan cuma kamu yang bisa bersembunyi ketika tidak ingin terlihat oleh orang lain, ternyata gaya tali sepatu juga bisa dibuat bersembunyi. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memasukkan tali di kedua lubang yang paling ujung. Kamu perlu masukkan tali sepatu dari luar ke arah dalam. Pada satu sisi, kamu dapat memasukkan tali lewat bawah ke lubang yang ada di atas. Kemudian mengeluarkannya dan memasukkan ke lubang sejajar yang berada di sisi berlawanan. 

Untuk di sisi lain, kamu bisa memasukkan tali sepatu lewat bawah dengan melewati satu lubang. Kemudian keluarkan tali sepatu dan masukkan ke lubang sejajar pada sisi yang berlawanan. Lakukan hal ini hingga ujung sepatu bagian atas, kamu dapat mengikatnya di bagian dalam untuk menjaga tali agar tetap tersembunyi. 

Gaya Riding Bow

Foto: www.pinterest.com

Cara mengikat tali sepatu ini merupakan gaya yang cukup unik. Kamu dapat memasukkan tali sepatu dari luar ke arah dalam. Lalu silangkan satu tali sepatu ke lubang yang paling atas. Kemudian keluarkan tali sepatu lalu masukkan ke lubang sejajar yang berada di sisi berlawanan. Setelah itu silangkan ke lubang yang ada di bawahnya. Lakukan hingga tali berada di lubang tengah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik

Sementara tali sepatu yang masih berada di bawah, kamu bisa menyilangkannya ke lubang yang berada di atasnya. Lakukan hingga tali berada di lubang tengah. Kemudian ikat ke dua tali yang berada di tengah-tengah dengan bentuk seperti pita.

Gaya Cross (Menyilang)

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Gaya menyilang ini merupakan cara yang paling umum dilakukan semua orang. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah memasukkan tali ke lubang bagian ujung. Kemudian silangkan ke arah lubang yang berlawanan. Lakukan hal ini secara bergantian hingga ke lubang yang paling atas. Setelah itu kamu bisa mengikat tali sepatu dengan berbentuk pita. 

Gaya Hash

cara mengikat tali sepatu
Foto: www.pinterest.com

Cara ini hampir sama dengan gaya menyilang. Namun kamu perlu melompati dua lubang untuk menyilangkannya. Kemudian bawa tali ke satu lubang yang berada di bawahnya, dan lanjutkan menyilang dengan melewati dua lubang. Lakukan hal ini hingga lubang yang paling atas, kemudian kamu bisa mengikat tali sepatu dengan bentuk pita. 

Selanjutnya: Panduan Lengkap Mencari Tahu Ukuran Sepatumu.