Lakukan Peregangan Ini Setiap Pagi untuk Hari yang Lebih Kalem

peregangan pagi
Foto: www.istockphoto.com

Tenang, jangan panik dulu saat membaca judul artikel ini karena berita terbaiknya: peregangan pagi ini tidak membutuhkan kamu untuk beranjak dari tempat tidur. Yeaaay!

Dan seandainya kamu masih belum tahu tentang pentingnya peregangan pagi hari—saat masih di atas kasur—sebelum beraktivitas, ini alasannya: membantu membangunkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi dan menyebabkan tubuh merilis senyawa “feel good“. Oh, tidak hanya itu! “[Peregangan] juga bisa mengaktifkan sistem parasimpatetik—’sistem istirahat dan cerna’—yang membuat kita lebih tenang saat turun dari tempat tidur,” kata Dr. Beth Frates dari Stroke Research and Recovery Institute di Spaulding Rehabilitation Hospital kepada Harvard Health Letter. Alhasil, kamu lebih siap beraktivitas dan menghadapi hari.

Oleh karena ototmu sudah dalam kondisi panas setelah tidur sepanjang malam, kamu tidak perlu melakukan pemanasan; cuma perlu menyiapkan otot-otot sebelum peregangan. Dan lagi-lagi, kamu bisa melakukan ini di atas kasur. Hanya, singkirkan selimut untuk memberikan dirimu ruang gerak yang cukup.

Begini cara menyiapkan otot-ototmu. 1) Lenturkan tubuh bagian bawah dengan mengangkat kaki ke atas, putar pergelangan kaki dan gerakan kaki ke depan dan belakang. 2) Ambil posisi duduk, dan tolehkan kepala ke kanan dan ke kiri, lalu putar bahumu beberapa kali. Angkat kedua lengan ke depan dan putar bicep, dan lenturkan pergelangan tangan ke bawah dan atas; buka-tutup pergelangan tanganmu beberapa kali.

Jika otot-ototmu sudah siap, sekarang saatnya melakukan peregangan pagi. “Lakukan setiap peregangan ini selama 30 sampai 60 menit jika memungkinkan,” sarana Dr. Frates. Dan sebisa mungkin jangan melompat, karena akan merusak otot-otot.”

Ada beberapa peregangan di atas kasur yang direkomendasikan oleh ahli dari Harvard ini. Di antaranya adalah tiga peregangan ini yang tidak membutuhkan apa pun, selain niat dan waktu. Yakni, single knee pull, child’s pose, dan cobra.

Child’s Pose/ Foto: www.spotebi.com
Single Knee Pull/ Foto: www.spotebi.com
Cobra/ Foto: www.spotebi.com

Siap menghadapi hari libur dengan seting social distancing? Lakukan ini juga untuk membuat kecemasanmu berkurang.

podcast button