Pecinta Film Zombie? Ini 15 Film Menegangkan yang Wajib Kamu Tonton

film zombie
Foto: www.imdb.com

Seandainya kamu baru pulang dari dunia antah berantah, Train to Busan 2 sudah ditayang… di Korea Selatan, dan beberapa negara Asia lain—dan laris manis. Untuk Indonesia sendiri, sepertinya kita perlu menunggu untuk bisa menikmati film zombie yang meski sekuel, memiliki karakter berbeda dengan yang pertama. Yep, ini artinya tidak akan ada plot twist yang tiba-tiba memperlihatkan Gong Yoo (memerankan Seok-woo) berteriak, “saya hidup.” Hah.

Jadi, sambil menunggu sekuel ini dirilis, kamu bisa membunuh waktu dengan menikmati 15 film zombie terbaik berikut ini.

28 Days Later (2002)

Foto: www.imdb.com

Para penonton yang hanya mau menonton murni mahluk zombie, mungkin akan mengatakan bahwa film ini bukan film zombie. Mereka mungkin ada benarnya, tapi film karya Danny Boyle ini berhasil memberikan unsur baru ke genre ini. 

Film ini menceritakan para penyintas yang berhasil hidup 28 hari setelah penyakit mematikan dan tidak bisa diobati menyebar di London. Dan tidak hanya para zombie yang berubah menjadi mahluk mengerikan, manusia yang masih hidup pun tidak kalah mematikan. Film ini menakutkan, mengerikan dan pada saat yang bersamaan sangat bagus baik secara sinematik maupun skenario.

Tonton di: Amazon Prime video

Train to Busan (2016)

Foto: www.imdb.com

Siapa yang sudah menonton lebih dari satu kali film ini? Mungkin pertama-tama menonton karena Gong Yoo, tapi setelahnya karena film ini memang wajib dinikmati. 

Menggabungkan adegan berdarah dengan unsur komedi, film zombie apocalypse ini merupakan salah satu produk ekspor film terbaik dari Korea Selatan. Bercerita tentang Seok-woo (Gong Yoo), seorang workaholic dan putrinya yang harus bertahan hidup saat penampung lain di kereta tersebut berubah menjadi zombie.

Tonton di: Netflix

Shaun Of The Dead (2004)

Foto: www.imdb.com

Mirip judul film/seri anak-anak, tapi sebaiknya tidak menonton film ini dengan anak-anak. 

Shaun (Simon Pegg) memasuki usia 30an dan sedang berusaha mengubah hidupnya menjadi lebih “dewasa”. Namun, semua itu menjadi kacau ketika zombie bermunculan di London. Tidak hanya mengambil gaya cerita film zombie tradisional, film ini juga mengandung banyak komedi yang membuatmu sedikit rileks (sesekali). Peringatan: sekali menonton ini, kamu akan ingin menontonnya lagi, lagi, dan lagi.

Tonton di: Amazon Prime Video

One Cut Of The Dead (2019)

Foto: www.imdb.com

Sangat penting untuk tidak membocorkan plot film ini terlalu banyak, karena akan merusak kenikmatan saat menontonnya. 

Intinya adalah seorang dokter berusaha membuat film zombie, tapi ternyata kemudian dirinya sendiri dikelilingi oleh zombie. Lalu? Silakan tonton sendiri. Pastinya, film ini akan menjadi cult classic yang akan ditonton anak cucu kita 20 tahun dari sekarang.

Tonton di: Amazon Prime Video

Dawn Of The Dead (2004)

Foto: www.imdb.com

Sebelum Zack Snyder dikenal dengan film-film DC Comics atau film 300, Snyder melakukan sesuatu yang tidak kalah menantang: membuat kembali Dawn Of The Dead, film klasik dari sutradara legendaris, George A. Romero, yang dibuat pada 1978. 

Perbedaan dengan film 1978, zombie di film Snyder ini super cepat dan adegannya super gory. Salah satu adegan yang tidak terlupakan adalah saat perempuan hamil digigit oleh zombie. Apa yang terjadi dengan perempuan tersebut, apakah bayinya menjadi zombie? Satu-satunya cara untuk menemukan jawabannya adalah menonton film ini.

Tonton di: Amazon Prime Video

Zombieland (2009)

Foto: www.imdb.com

Materi yang bisa menjadi 100 episode dipadatkan menjadi film berdurasi satu setengah jam dan hasilnya adalah film zombie terlaris pada masa itu di Amerika Serikat. 

Grup yang terdiri diri Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone, dan Abigail Breslin berusaha menyelamatkan diri dari keganasan zombie. Setengah komedi, setengah horor, menjadikan zom-com ini merupakan film zombie yang menyajikan beberapa hal baru yang belum pernah dilakukan film genre yang sama sebelumnya. Sebut saja, cara dan senjata super inovatif yang dipakai untuk membunuh zombie.

Oh, Bill Murray menjadi cameo di film ini, jadi sangat, wajib ditonton.

Tonton di: Netflix

The Girl With All The Gifts (2016)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Dengan ada begitu banyak film zombie, tidak gampang menghasilkan sesuatu dengan sentuhan yang baru. Namun, film garapan Colm McCarthy yang merupakan adaptasi dari novel karya Mike Carey ini berhasil melakukannya. 


Film ini fokus pada Melanie, seorang gadis muda, yang menimba ilmu di fasilitas militer dari guru bernama Helen (Gemma Arterton). Dan meski Melanie adalah generasi kedua dari kelompok “hungry” (manusia yang menjadi zombie karena patogen) dan dilatih untuk tidak nafsu terhadap manusia, tetap saja dirinya ingin memakan daging manusia. Yang bikin menegangkan lagi, Melanie bisa berpikir dan memiliki perasaan.

Tonton di: Amazon Prime Video

ParaNorman (2012)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Sebuah film zombie, tapi untuk anak-anak! Yep, ParaNorman adalah satu dari sedikit pilihan tontonan zombie yang meski menawarkan teror, tapi juga bisa dinikmati anak-anak dan orang dewasa. 

Ceritanya, Norman seorang anak laki-laki yang dikucilkan dan bisa berbicara dengan orang mati. Dan kemampuannya ini membuatnya bisa menyelamatkan kotanya saat seorang penyihir mengutuk kota tersebut dengan memenuhi kota dengan mayat berjalan. Film ini menyenangkan, menakutkan, tanpa unsur gory yang berlebihan. Cocok untuk ditonton seluruh keluarga.

Tonton di: Amazon Prime Video

Planet Terror (2007)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Jika ingin menonton film zombie konyol plus menyenangkan, Planet Terror adalah jawabannya. Awalnya dirilis sebagai bagian dari double feature Grindhouse karya Robert Rodriguez/Quentin Tarantino. Dan awalnya, dikritik pedas oleh para kritikus film ini dan dianggap tidak sebanding dengan Grindhouse. Namun, seiring waktu berlalu, film ini menjadi sesuatu yang ditonton berkali-kali. 

Bintang utamanya, Cherry Darling (Rose McGowan) adalah seorang go-go dancer yang mendapati dirinya berada dalam situasi apocalypse. Film ini menjijikkan, lucu, dan super konyol. Dan pastinya satu adegan yang tidak pernah dilupakan adalah saat Cherry mengganti kakinya yang rusak dengan senapan mesin. Wow.

Tonton di: Amazon Prime Video

28 Weeks Later (2007)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Tidak banyak film sekuel yang berhasil, apalagi jika film pertamanya super sukses seperti 28 Days Later. Menggantikan Danny Boyle, Juan Carlos Fresnadillo menjadi sutradara dan berhasil menciptakan sesuatu yang tidak membuat malu film pendahulunya. 

Memilih untuk tidak mengikuti 28 Days Later, 28 Weeks Later menceritakan usaha pemerintah Inggris untuk membangun kembali peradaban setelah bencana zombie yang menghancurkan kota. Meski memang film ini menganut prinsip film zombie konvensional, tapi hasilnya sangat bagus dan hebat.

Tonton di: Netflix

Dead Alive (1992)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Bahkan jika film ini biasa-biasa saja, tetap saja film ini wajib kamu tonton. Pasalnya, Peter Jackson adalah sutradaranya. Untungnya, film ini jauh dari kata “biasa-biasa saja”. 

Berkisah tentang Lionel, seorang laki-laki yang tinggal dengan ibunya, Vera, di sebuah mansion. Sang ibu tidak menyetujui hubungan anaknya ini dengan Paquita, seorang anak perempuan dari penjaga toko. Dan kehebohan terjadi ketika Vera digigit monster dan mengubah seluruh penghuni kota menjadi zombie.

Apakah kamu pecinta film slapstick, horor, dan komedi? Pastikan memasukkan film Jackson ini ke dalam bucket list-mu.

Tonton di: Amazon Prime Video

World War Z (2013)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Sangat tidak mirip dengan bukunya, tapi World War Z merupakan salah satu dari sedikit film zombie yang berhasil menjadi blockbuster

Brad Pitt berperan sebagai Gerry Lane, seorang mantan investigator PBB yang diminta untuk menemukan penyebab wabah yang menyerang dunia. Jika banyak film zombie membuat penonton sesak nafas dengan jumlah zombie, film ini melakukan sebaliknya. Setiap gambar dibuat dengan kecanggihan teknologi yang membuatmu kagum dan terpukau. Itu, plus adegan-adegan menarik dan finale yang sulit dilupakan.

Tonton di: Netflix

Warm Bodies (2013)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Siapa di sini super pesimis dan skeptis soal cinta? Film ini mungkin akan mengubahmu, karena menekankan bahwa cinta bisa ditemukan di manapun, termasuk saat dunia dipenuhi dengan zombie. 

Disutradarai oleh Jonathan Levine, film ini bercerita tentang seorang setan kubur bernama “R” (Nicholas Hoult) yang jatuh cinta dengan manusia bernama Julie Grigio (Teresa Palmer). Diambil dari novel dengan judul yang sama, film ini menggabungkan unsur horor, komedi dan romantis. Cocok untuk kamu yang mencari film zombie romantis dengan akhir bahagia.

Tonton di: Amazon Prime Video

The Cabin in the Woods (2012)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Di sela-sela menjadi Thor, Chris Hemsworth juga adalah Curt Vaughan, seorang mahasiswa Amerika. Bersama dengan teman-temannya, grupnya menginap di sebuah kabin di sebuah hutan pedalaman. 

Akhir pekan yang rencanakan menjadi liburan yang menyenangkan tersebut menjadi menegangkan dan dipenuhi darah ketika sejumlah teknisi mengendalikan kabin tersebut dari sebuah laboratorium rahasia. Lalu, satu persatu menjadi santapan lezat zombie yang sudah mengelilingi kabin tersebut. Apakah Thor, eh, Curt bisa menyelamatkan teman-temannya? Silakan ditonton.

Tonton di: Amazon Prime Video

The Dead Don’t Die (2019)

Film Zombie
Foto: www.imdb.com

Sebelum membahas alur ceritanya, satu hal yang perlu ditekankan adalah deretan aktor yang membintangi film ini. Bill Murray, Adam Driver, Tilda Swinton, Chloë Sevigny, Steve Buscemi, Danny Glover, Caleb Landry Jones, Rosie Perez, Iggy Pop, Sara Driver, RZA, Selena Gomez, Austin Butler, Tom Waits, dan Carol Kane. Phew. 

Bagaimana dengan ceritanya? Ketika wabah zombie melanda sebuah kota kecil, polisi, tukang kubur, dan pendeta harus bahu-membahu menyelamatkan sekitarnya. Hasilnya? Film ini super lucu, unik dengan unsur horor level wajar. Wajib ditonton.

Tonton di: Amazon Prime Video

Selanjutnya: Penggemar film romantis? Ini daftar film romantis dari Jepang.

error: Konten dilindungi !!