11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak

rumah industrial
Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya diterapkan di kafe atau restoran, namun gaya industrial kini juga bisa diterapkan di rumah.

Akhir-akhir ini banyak rumah yang mengusung gaya industrial dan menjadi tren karena dianggap menarik serta estetik. Ciri khas dari gaya ini adalah hasil akhir yang apa adanya atau terlihat seperti belum selesai.

Berikut beberapa inspirasi desain rumah industrial yang dapat kamu coba.

Pilih Warna Netral Untuk Rumah Industrial

rumah industrial
Foto: www.decoraid.com

Salah satu ciri khas lain dari gaya rumah industrial adalah memakai warna-warna yang netral, seperti putih, abu-abu, maupun hitam. Ini juga berlaku pada furnitur yang ada di dalam rumah.

Biasanya memilih warna netral ini untuk memperkuat desain industrialnya. Meski begitu, rumah akan tetap terlihat unik dan berbeda.

Plafon Rumah yang Unik

Plafon Rumah yang Unik | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/Denisa – DailyDreamDecor

Berbicara rumah industrial, tidak lengkap jika tidak membahas plafon. Plafon menjadi bagian terpenting untuk menciptakan gaya rumah industrial yang menarik.

Kamu bisa membuat plafon dengan menggunakan material kayu, semen, hingga seng. Ini akan memberikan kesan netral dan apa adanya.

Tidak hanya itu, agar membuatnya lebih menarik, kamu dapat menambahkan lampu beserta pipanya.

Gunakan Batu Bata Merah

rumah industrial
Foto: www.pinterest.com/Decorilla

Tidak hanya menggunakan kayu atau beton, namun rumah gaya industrial juga bisa menggunakan batu bata merah tanpa dicat lagi.

Tentu saja hal ini akan sangat unik karena terkesan bangunan seperti belum selesai. Jika lantai satu ruang tamu kamu tidak ada plafon, maka kamu bisa mendekor tanaman gantung yang menjuntai dari lantai dua.

Hiasi dengan Tanaman

Hiasi dengan Tanaman | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/Decorilla

Agar rumah tidak terlalu monoton, maka butuh warna lain untuk membuat rumah menjadi lebih hidup. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah menghiasi rumah dengan tanaman.

Warna hijau dari tanaman atau warna kuning dari bunga akan menciptakan rumah menjadi lebih cerah dan segar. Kamu bisa meletakkan tanaman di area dapur maupun ruang tamu.

Ciptakan Ruang untuk Taman

rumah industrial
Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Rumah industrial juga perlu taman untuk membuat suasana rumah terlihat lebih segar. Untuk itu, jika ada ruang meskipun kecil, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat taman.

Kamu bisa menaruh bunga, tanaman kaktus, ataupun tanaman rambat. Dengan adanya taman, ini juga bisa menjadi tempat untuk kamu beristirahat, bersantai, atau bermain bersama keluarga.

Lalu, kamu bisa meletakkan bean bag atau hammock di taman.

Tangga Kayu atau Besi

Tangga Kayu atau Besi | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/Design Ideas

Jika kamu mempunyai rumah lebih dari satu lantai, maka bisa membuat desain tangga dengan material kayu atau besi. Hal ini pula untuk memperkuat desain rumah industrial kamu.

Untuk ukuran panjang dan lebar, bisa disesuaikan dengan ukuran rumah. Selain itu, dengan adanya tangga juga bisa menjadi pembatas antara ruang tamu dan dapur.

Lantai dengan Material Semen atau Beton

rumah industrial
Foto: www.pinterest.com/TLC Interiors

Biasanya rumah menggunakan keramik untuk lantai, namun lain halnya dengan rumah gaya industrial. Lantai rumah gaya ini biasanya menggunakan material beton atau semen yang dipoles dengan halus.

Tidak hanya itu, jika ingin menambahkan kesan alam, kamu juga bisa menggunakan kayu sebagai lantai rumah.  

Jendela Kaca Tanpa Gorden

rumah industrial
Foto: www.pinterest.com/Homease

Jendela memang mempunyai peran penting untuk sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah.

Untuk memperkuat rumah gaya industrial, kamu dapat membuat jendela kaca yang cukup lebar sesuai dengan ukuran ruang tamu tanpa ada gorden.

Ketika sedang duduk santai di pagi atau sore hari di ruang tamu, kamu bisa sambil menikmati tanaman hijau di taman belakang atau samping rumah. Selain menyegarkan mata, juga bisa membuat suasana hati menjadi tenang.

Rumah Industrial Minimalis

Rumah Industrial Minimalis | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/Elle Decor

Meskipun mempunyai rumah yang minimalis, namun kamu juga bisa berkreasi dengan menyulap rumah menjadi gaya industrial minimalis yang keren.

Untuk membuatnya tampak luas, kamu tidak perlu ribet menambahkan banyak barang. Pilihlah barang seperti sofa, meja, rak, dan yang lainnya sesuai dengan ukuran rumah kamu.

Untuk warna sofa dan meja, bisa pilih warna netral seperti abu-abu, putih, atau cokelat.

Kamar Tidur Berdinding Batu Bata

Kamar Tidur Berdinding Batu Bata | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/ArchDaily

Kamar tidur menjadi tempat untuk melepaskan lelah setelah seharian beraktivitas. Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, perlu memperhatikan desain dan furnitur yang ada.

Jika gaya rumah kamu adalah industrial, maka kamu dapat mendekor kamar tidur dengan cara dinding kamar bisa menggunakan material semen, batu bata, atau beton tanpa perlu dicat lagi.

Selain itu, tambah jendela untuk tempat sirkulasi udara di samping kasur. Biarkan lampu gantung menjuntai dengan kabelnya.

Tambahkan furnitur seperti pajangan batang pohon, foto-foto, rak buku, maupun tanaman hias untuk mempercantik kamar tidur.

Dapur dan Meja Makan di Area Terbuka

Dapur dan Meja Makan di Area Terbuka | | 11 Desain Rumah Industrial yang Keren dan Tidak Norak
Foto: www.pinterest.com/Decoist

Desain dapur dan meja makan di area terbuka bisa menjadi pilihan untuk rumah industrial. Kamu dapat meletakkan meja makan kayu di dekat taman.

Ini akan menjadi hal yang menyegarkan karena bisa bersatu dengan alam. Ketika sedang makan atau menikmati minum teh di pagi hari, kamu bisa sambil melihat tanaman di sekitar.