9 Cara Mudah Menjaga Kebersihan Rambut

cara menjaga kebersihan rambut

Karena kebanyakan orang menganggap bahwa rambut merupakan mahkota, maka jangan heran jika banyak perempuan yang melakukan perawatan rambut. Tidak perlu berpikir terlalu jauh, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui cara menjaga kebersihan rambut.

Sebab secara tidak disadari, kotoran, polutan, dan minyak bisa menumpuk pada rambut dan kulit kepala jika tidak dibersihkan dengan rutin. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan berbagai cara menjaga kebersihan rambut.

Berikut sembilan langkah mudah untuk menjaga rambut agar tetap bersih, meski kamu berada di rumah atau sering beraktivitas di luar ruangan.

9 Cara Menjaga Kebersihan Rambut

cara menjaga kebersihan rambut

Pilih sampo yang tepat

Meski sepele, namun mencuci rambut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menggunakan produk sampo yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala.

Jika kamu memiliki kulit kepala kering, disarankan agar memilih produk sampo yang melembapkan sehingga bisa mencegah terjadinya kekeringan dan pengelupasan.

Sedangkan jika kamu memiliki kulit kepala berminyak, ada baiknya untuk menggunakan sampo yang dapat menghilangkan minyak berlebih.

Selain itu, ketika kamu selalu terpapar sinar matahari, disarankan untuk menggunakan sampo yang dapat menghilangkan kotoran, polutan, dan minyak secara efektif, agar nantinya tidak menimbulkan ketombe.

Pijat kulit kepala dengan lembut

Untuk memiliki rambut yang sehat, dianjurkan agar kamu merawat kulit kepala dengan hati-hati. Ada baiknya untuk memijatnya secara perlahan ketika kamu sedang keramas.

Berikan tekanan ringan sehingga nantinya kotoran yang menempel pada kulit kepala dapat terangkat.

Selain itu, memberikan pijatan ketika mengaplikasikan sampo juga dapat membuatmu merasa tenang dan lebih rileks.

Gunakan kondisioner

Selain memilih produk sampo, sangat disarankan agar menggunakan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat dari sampo maupun kondisioner itu sendiri.

Perhatikan juga cara pengaplikasian dari kondisioner. Sebab, beberapa orang masih menganggap bahwa perlu meninggalkan sedikit kondisioner pada rambut yang bertujuan untuk membuat rambut semakin lembap.

Akan tetapi faktanya, meninggalkan sedikit kondisioner pada kulit kepala dan rambut sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu kinerja dari produk perawatan rambut.

Disarankan agar mengoleskan kondisioner pada rambut setelah keramas, dan biarkan selama tiga hingga lime menit. Selanjutnya kamu harus membilasnya dengan bersih.

Keringkan dengan handuk

Sangat disarankan agar menghindari penggunaan pengering rambut, jadi coba pakai handuk untuk mengeringkannya. Perlu diingat untuk tidak menggosoknya secara kasar, cukup menepuk-nepuknya secara lembut.

Yang paling ampuh, cara menjaga kebersihan rambut adalah tidak keluar rumah dengan rambut yang masih basah. Hal ini bertujuan agar kotoran dan polutan tidak menempel pada rambut.

Baca Juga :  Mau Potong Rambut? Ini 10 Model Terbaik Wanita Di Tahun 2022

Buat jadwal rutin keramas

Cara menjaga kebersihan rambut selanjutnya adalah melakukan rutinitas perawatan rambut yang benar, mulai dari menggunakan sampo, kondisioner, masker rambut, dan pola hidup bersih.

Luangkan waktu untuk melakukan mandi secara menyeluruh untuk membersihkan kotoran yang menumpuk. Apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, debu, dan kotoran.

Begitu juga jika kamu hanya menghabiskan waktu di rumah saja, sangat disarankan agar mencuci rambut secara rutin. Apalagi kotoran, keringat, dan minyak berlebih juga mudah menumpuk di kulit kepala, terutama saat cuaca sedang lembap.

Selain membuatnya menjadi bersih, mencuci rambut secara rutin juga dapat mencegah penumpukan minyak dan mencegah munculnya ketombe.

Mengurangi intensitas menyentuh rambut

Salah satu cara yang wajib dilakukan untuk menjaga rambut agar tetap bersih adalah mengurangi intensitas menyentuh rambut. Sangat disarankan agar tidak menyentuh rambut selama kamu beraktivitas.

Kebiasaan buruk untuk menyentuh rambut ini menjadikan kotoran pada tangan bisa pindah ke rambut, sehingga membuatnya menjadi kotor.

Menggunakan helm sendiri

Ketika kamu sering bepergian menggunakan motor atau ojek online, ada baiknya selalu menggunakan helm pribadi. Jangan lupa untuk rutin mencucinya minimal dua minggu sekali, supaya tetap terjaga kebersihannya.

Mengganti hijab setiap hari

Jika kamu menggunakan hijab, maka kebersihan hijab juga akan memengaruhi kesehatan rambut. Sangat disarankan agar mengganti hijab setiap hari, apalagi jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Karena biasanya hijab yang telah digunakan seharian akan terkena kotoran dan keringat. Untuk menjaga kebersihan rambut, tidak disarankan menggunakan hijab secara berulang karena bisa membuat rambut menjadi kotor.

Menggunakan vitamin rambut

Penggunaan vitamin rambut yang mengandung banyak nutrisi juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan bersih. Produk ini bisa diaplikasikan setelah kamu keramas dan menggunakan kondisioner.

Hindari mengoleskan vitamin secara langsung ke kulit kepala, karena hal ini bisa memicu rasa gatal, produksi minyak berlebih, dan memunculkan ketombe.

Rekomendasi Produk

The Body Shop Ginger Scalp Serum

Vitamin rambut yang satu ini memiliki tekstur gel yang diperkaya dengan ginger essential oil, birch bark extract, dan white willow extract, yang dapat membantu mengurangi kerontokan, rasa gatal akibat ketombe, dan menutrisi kulit kepala.

Selain itu, kandungan yang ada di dalamnya juga sangat cocok untuk digunakan pada kulit kepala yang sensitif.

Olaplex No.8 Bond Intese Moisture Mask

Masker ini dibuat khusus untuk membuat rambut lebih berkilau, lembut, halus, dan lembap. Hal ini berkat teknologi olaplex bond building yang memang dibuat untuk memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan rambut.

Milk Shake Argan Oil

Percy & Reed Anti-Dandruff I’m No Flake Shampoo

Punya masalah ketombe yang membandel? Jangan khawatir karena terdapat sampo yang secara efektif dapat mengurangi ketombe dan membuat kulit kepala menjadi lebih rileks.

Ini semua berkat kandungan lidah buaya dan chamomile yang dapat melindungi kulit kepala dari iritasi dan peradangan, sekaligus dapat memperkuat rambut.

Jika digunakan secara rutin, nantinya rambut juga akan terlihat lebih berkilau dan halus.

The Body Shop Banana Truly Nourishing Conditioner

Penggunaan kondisioner juga sangat penting untuk menjaga rambut agar tetap bersih dan sehat.

Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah The Body Shop Banana Truly Nourishing Conditioner yang diperkaya dengan community trade banana puree yang berasal dari Ekuador.

Untungnya, produk ini cocok digunakan pada berbagai jenis rambut, termasuk rambut normal dan kering.

Sachajuan Normal Hair Conditioner

Jika kamu tidak memiliki masalah rambut, maka disarankan untuk menggunakan produk yang satu ini. Soalnya Sachajuan Normal Hair Conditioner memang dikenal sebagai produk yang cocok untuk rambut normal.

Dibuat dengan teknologi ocean silk, menjadikan kondisioner premium ini bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah untuk diatur.