Kebiasaan Sehat yang Wajib Diterapkan Sebelum Usia 40an

kebiasaan sehat
Foto: www.gettyimages.com

Sepertinya perempuan yang berusia di atas 40an itu cenderung sangat menginspirasi, ya. Sebut saja Tiffany Haddish, Melissa McCarthy, Nicole Kidman, sampai Reese Witherspoon—makin bertambah usia, makin terlihat bersinar dan percaya diri. Apa sih, rahasia mereka? LIMONE penasaran dan mencari tahu kebiasaan sehat yang membuat perempuan terlihat lebih bahagia dan fit. Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan dari sekarang—tanpa harus ada perubahan hidup secara drastis—agar hidup lebih sehat.

Belajarlah (Lebih) Mencintai Air Putih

Salah satu yang terjadi ketika umur bertambah adalah kemampuan merasakan haus semakin berkurang, yang artinya kamu mengonsumsi air lebih sedikit. Jadi, pastikan meminum air putih menjadi satu dari kebiasaan sehat wajib tiap hari. Sebagai langkah awal, pastikan di meja kerja dan tasmu selalu ada air putih. Ohya, menurut sebuah studi, kopi juga termasuk dalam kategori minuman yang baik untuk menghidrasi tubuh. Akan tetapi, batasi konsumsi minuman kaleng dan alkohol.

Pakailah Selalu Tabir Surya

Kemungkinan lupa mengaplikasikan tabir surya setiap hari itu sangat tinggi. Terutama jika ada 100 hal yang harus dilakukan setiap hari, sementara kaki dan tangan hanya ada dua. Akan tetapi kebiasaan sehat ini harus diterapkan dari sekarang; selalu gunakan tabir surya di tangan, kaki, wajah, dan seluruh tubuh untuk melindungi kulit dari sinar UV. Pastikan untuk selalu mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 50 untuk mengurangi risiko kanker dan menjaga kulit tetap terlihat lebih muda.

Tidur Tepat Waktu

Jaga ritme sirkadianmu dengan tidur dan bangun pada saat yang sama. Dengan melakukan hal ini, kamu akan lebih merasa segar setiap bangun bagi. Dan sebagai pengingat, orang dewasa (yep, termasuk kamu) membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur. Dengan memiliki waktu tidur yang teratur, maka hormon, detak jantung dan tekanan darah pun akan terjaga dengan baik.

Puasa Media Sosial dan Ponsel

Tidak hanya hubungan teman di media sosial yang butuh dipupuk, di-like dan diberikan comment. Oleh karenanya, atur jadwal untuk bertemu dan bersosialisasi dengan teman lama dan teman baik, entah itu hanya sekadar ngopi atau makan siang bareng. Dan saat bertemu dengan mereka, kurangi melirik dan membuka Instagram, Facebook atau WhatsApp. Dan seandainya kamu belum tahu sinar biru dan night-mode juga bisa mengganggu kualitas tidur.

Coba Olahraga Angkat Beban

Ternyata, olahraga angkat beban memiliki banyak manfaat untuk perempuan. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan latihan ini secara teratur, metabolisme mereka tetap meningkat bahkan 39 jam setelah olahraga! Selain itu, angkat beban juga memperkuat tulang, mengurangi berat badan dengan cepat, dan menjaga fungsi otak.

Hela Nafas 10 Kali

Selain bersosialisasi, mengambil nafas panjang sebanyak 10 kali adalah salah satu cara sederhana untuk menenangkan diri dan mengurangi stres. Seperti yang kita tahu stres bisa mengganggu banyak hal, mulai dari pola tidur, sistem pencernaan sampai membuatmu lebih cepat letih. Alhasil, stres malah lebih parah.

Sudah lama ingin mencoba latihan angkat beban tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Ini panduannya bagi pemula.

podcast button