7 Rekomendasi Sandal Yang Nyaman Untuk Flat Foot

sandal untuk flat foot
Foto: www.canva.com

Saat kamu memiliki lengkungan yang rendah atau kaki datar, maka sangat penting untuk mencari alas kaki khusus. Biasanya sandal dan sepatu ini akan menawarkan dukungan dan kenyamanan terbaik untuk tipe kakimu, serta fitur stabilitas atau kontrol geraknya. Berikut tujuh rekomendasi sandal untuk flat foot yang bisa kamu coba.

Apa Itu Kaki Datar?

Foto: www.pexels.com

Individu dengan kaki datar memiliki lengkungan yang sangat rendah atau tidak ada lengkungan pada telapak kaki. Lengkungan ini merupakan celah yang ada di bagian dalam telapak kaki, biasanya saat berdiri maka area tengah naik sedikit.

Jika pada area tersebut benar-benar rata dengan tanah atau lengkungannya sangat rendah, itu berarti kemu memiliki kaki yang rata.

Pada dasarnya, lengkungan pada kaki memiliki fungsi untuk membuatmu bisa tetap seimbang selama berjalan, berlari, atau berdiri. Pada flat foot, kakimu mungkin saja dapat tidak menjadi kokoh saat berdiri, berjalan, atau berlari, yang biasanya disebut dengan istilah overpronation.

Biasanya pemilik kaki rata tidak memiliki masalah atau gejala. Tetapi mungkin saja beberapa lainnya mengalami rasa sakit dan tidak nyaman pada area betis, lutut, pinggul, tumit, atau lengkungan kaki.

Apa Penyebab Flat Foot?

Foto: www.canva.com

Terdapat beberapa penyebab seseorang memiliki kaki rata, di antaranya adalah

  • Terlahir dengan kaki rata yang bersifat genetik
  • Tendon dan otot kaki yang terlalu tegang atau cedera
  • Obesitas atau kelebihan berat badan yang dapat menyebabkan tulang dan tendon di lengkungan menjadi rata
  • Kehamilan yang dapat mengendurkan sendi dan tendon
  • Rheumatoid arthritis atau peradangan sendi dan kerusakan saraf
  • Patah tulang

Terdapat cara untuk mencegah telapak kaki menjadi rata, seperti dengan menghindari aktivitas yang dapat berdampak tinggi sehingga membuat kaki menjadi tegang. Selanjutnya kenakan alas kaki yang sesuai dan mendukung bentuk kaki.

Kemudian mungkin kamu juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri dan beristirahat sejenak jika mengalami rasa sakit pada area kaki.

Tips Memilih Sandal Untuk Flat Foot

Foto: www.canva.com

Untuk membuat kaki terasa nyaman saat berdiri, berjalan, atau berlari, maka pemilik kaki rata perlu menggunakan alas kaki yang khusus. Berikut tips memilih sandal untuk flat foot:

Perhatikan lengkungan

Tips pertama, disarankan untuk mencari alas kaki dengan lengkungan rendah, serta dukungan lengkungan khusus yang memang dirancang untuk kaki rata.

Pastikan bantalannya ringan

Penting untuk memperhatikan bantalan yang digunakan dalam alas kaki. Pastikan kamu memilih bantalan yang ringan dan bagian midsole yang nyaman untuk digunakan.

Cek bagian support

Stabilitas dan kontrol dari gerak merupakan salah satu fitur yang paling penting untuk mengontrol keseimbangan pada kaki dan memberikan dukungan terbaik saat berdiri, berjalan, atau berlari. Carilah sol yang kencang, dan bagian tumit yang pas dengan kaki. Pastikan alasnya juga empuk dan membuatmu tetap nyaman

Pilih outsole yang nyaman

Terakhir, jangan lupakan bagian sol luar. Kamu bisa memilih outsole yang terbuat dari karet karena nantinya dapat tahan lama. Selain itu, bisa juga memilih alas kaki dengan tumit rendah atau tanpa tumit.

Rekomendasi Sandal Untuk Flat Foot

FitFlop Iqushion Ombre Dg4-399 Midnight Navy

sandal untuk flat foot

Sandal jepit yang satu ini memiliki bantalan busa yang ringan dan bentuknya yang ergonomis, sehingga akan terasa nyaman saat digunakan sepanjang hari. Apalagi dengan tambahan tali belakang yang dapat disesuaikan, nantinya dijamin kakimu akan tetap berada di tempatnya.

Dengan bobotnya yang ringan, kamu bisa memasukkan alas kaki ini dan membawanya untuk pergi berlibur. Cukup pasangkan sandal ini dengan gaun panjang dan tambahkan topi pantai berwarna cokelat yang cantik.

Birkenstock Arizona  Birko-Flor Soft Footbed Sandals

Berkat bantalannya yang empuk, menjadikan alas kaki yang satu ini akan terasa sangat nyaman digunakan pada pemilik kaki datar. Meski terlihat tebal, namun footbed dari sandal ini yang sangat fleksibel dan ringan, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk merasa pegal. Sandal dengan dua strap ini juga sangat cocok untuk digunakan sehari-hari.

Apalagi dengan bahan kulit yang digunakan, membuat alas kaki ini semakin elegan untuk kamu pakai. Padukan sandal untuk flat foot dengan celana jeans dan sweter warna cerah.

Crocs Crocband III Slide Unisex Sandal

sandal untuk flat foot

Ingin tampil lebih bergaya meski menggunakan sandal? Cobalah untuk mengenakan Crocs Crocband III Slide Unisex Sandal. Karena sandal yang satu ini dibuat dengan busa empuk yang dapat melindungimu saat melangkahkan kaki. Berkat desain low-profile, membuat kakimu juga akan tampak lebih ramping.

Agar lebih sporty, maka kombinasikan alas kaki ini dengan celana jogger putih kesayanganmu dan tambahkan jaket warna merah.

Zara Pleated Flat Sandals

sandal untuk flat foot

Untuk pemilik kaki datar memang sebaiknya memilih alas kaki yang memiliki tumit rendah atau tanpa tumit. Oleh karena itu, sandal yang satu ini merupakan opsi terbaik untuk dikenakan. Sebab Zara Pleated Flat Sandals memiliki hak setinggi 0,9 cm dengan insole yang terbuat dari busa lateks. Sehingga dijamin kamu akan merasa nyaman saat menggunakannya.

Apalagi dengan strap yang dibuat menyilang, membuat alas kaki ini semakin menarik untuk dipakai. Cobalah padukan sandal untuk flat foot tersebut dengan rok plisket dan kardigan warna lembut, seperti pink pastel misalnya.

London Rag Black by the Beach Flat Sandal

Berniat untuk pergi berlibur ke pantai? Jangan lewatkan alas kaki yang satu ini. Sebab, produk ini dirancang dengan poliuretan yang nyaman untuk dikenakan.

Tak hanya itu, London Rag Black by the Beach Flat Sandal juga tahan terhadap air, sehingga sangat cocok untuk kamu kenakan. Meski desainnya terlihat tebal namun ternyata bobot alas kaki ini sangat ringan.

Jika kamu berniat untuk menggunakan sandal ini, maka cukup pasangkan dengan celana chino pendek dan blus warna terang.

Hamlin Coots Sandal Unisex Anti-Slip Slippers Light Comportable Material EVA Soft

sandal untuk flat foot

Slippers dari Hamlin ini memang dibuat dari material EVA yang mengutamakan kenyamanan untuk penggunanya. Dibuat dkhusus untuk sandal rumahan, alas kaki ini memang ditujukan untukmu yang ingin tampil kasual.

Cukup pasangkan dengan celana pendek dan atasan santai berwarna gelap agar penampilanmu tetap terlihat bergaya meski hanya di rumah.

Birkenstock Gizeh Birko-flor Nubuck Sandals

sandal untuk flat foot

Sandal thong yang satu ini memang menjadi produk yang paling ikonik dari Birkenstock. Dengan desain yang sempurna, membuat alas kaki ini akan cocok untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan. Terlebih desainnya memang dirancang khusus mengikuti bentuk kaki yang nyaman.

Berkat strap-nya yang terbuat dari kulit, membuat model Gizeh memang menjadi item favorit kebanyakan orang. Sandingkan alas kaki ini dengan celana kotak-kotak warna biru dan kaus grafis yang menggambarkan penampilan kasual.