Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli

cara mengatasi cedera engkel | | Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli
Foto: www.canva.com

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami cedera engkel. Meski termasuk kondisi yang hampir sering dialami oleh banyak orang, namun disarankan untuk tidak mengabaikan cedera yang satu ini.

Sebab dengan menyepelekan kondisi tersebut, kemungkinan cedera engkel ini bisa berbahaya dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karenanya, LIMONE telah menghubungi Habibah Amelia, NASM Certified Personal Trainer dan seorang Coach dari Hustle House, guna mengetahui penanganan lebih lanjut terkait cedera yang menyerang bagian engkel kaki.

Apa Itu Cedera Engkel?

cara mengatasi cedera engkel
Foto: www.freepik.com

Coach Bibah menjelaskan bahwa cedera engkel adalah cedera yang terjadi ketika pergelangan kaki bergerak ke posisi yang salah secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan muscle dan jaringan ikat di engkel meregang serta memanjang di luar kerjanya.

“Cedera ini bisa terjadi ketika pergelangan kaki bergerak di posisi yang salah. Ini bisa disebabkan karena kelelahan atau overuse akibat aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang,” tuturnya.

Selain itu, kondisi tersebut juga bisa disebabkan karena penyebab lain, seperti terjatuh atau cedera pada saat olahraga yang berlebihan, yang dominannya banyak menggunakan sendi engkel. Serta juga bisa dikarenakan pemakaian sepatu yang kurang tepat.

Bagaimana Gejala Cedera Engkel?

cara mengatasi cedera engkel
Foto: www.canva.com

Menurut Coach Bibah, terdapat tanda-tanda yang bisa dirasakan ketika tubuh mengalami cedera di bagian kaki ini.

“Hal ini bisa dirasakan dengan merasa tidak nyaman di bagian sendi engkel ketika sedang berjalan atau berdiri. Selain itu, bisa juga ditandai dengan adanya memar dan bengkak di daerah engkel,” ujarnya.

Lantas, apakah kondisi ini berbahaya?

“Segala sesuatu yang cedera, bila dibiarkan maka akan berbahaya. Sama halnya dengan cedera engkel, walaupun terkadang masih banyak orang yang kurang memerhatikan risiko dari cerea ini,” jawab Personal Trainer yang satu ini.

Apa Saja Faktor Risiko yang Bisa Memperparah Cedera Ini?

apa saja faktor risiko yang bisa memperparah cedera engkel | | Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli
Foto: www.freepik.com

Saat mengalami tanda-tanda dari cedera ini, sangat disarankan untuk segera mengatasinya dengan tepat. Soalnya, jika tidak diberi tindakan penyembuhan dan hanya dibiarkan, nantinya kondisi ini akan semakin parah.

“Ketika kita sadar ketika bagian engkel merasa sakit, tetapi masih dibawa beraktivitas yang banyak melibatkan kerja engkel, ini dapat memperparah kondisi cedera tersebut,” papar Coach Bibah.

Bagaimana Cara Mengatasi Cedera Engkel?

bagaimana cara mengatasi cedera engkel | | Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli
Foto: www.canva.com

Personal Trainer yang satu ini memaparkan bahwa “ketika merasa sudah tidak nyaman pada daerah engkel saat sedang berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lain, alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli,” sarannya.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah cedera tersebut dan tindakan apa yang harus diberikan.

Untuk mengatasi cedera engkel sendiri, biasanya akan tergantung pada tingkat keparahan dari cedera yang dialami.

“Jika cedera tersebut tergolong ringan, umumnya akan diberikan perawatan secara mandiri dengan metode RICE atau rest, ice, compression, dan elevation,” paparnya.

Namun, bolehkah kita melakukan teknik urut untuk mengatasi cedera engkel?

“Tidak disarankan untuk langsung pergi diurut ketika mengalami kondisi ini. Karena kita tidak tahu cedera yang dialami termasuk ke dalam kategori ringan atau tidak,” ungkapnya.

Adakah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengobati Cedera Ini?

cara mengatasi cedera engkel
Foto: www.canva.com

Saat kita melakukan pengobatan cedera ini, Coach Bibah menyarankan agar memperhatikan waktu beristirahat.

“Karena ini merupakan salah satu faktor untuk menunjang kesembuhan dari cedera engkel. Usahakan kaki untuk tidak banyak bergerak apalagi melakukan aktivitas yang berat,” katanya.

Selain itu, dianjurkan untuk mengompres bagian engkel menggunakan es batu guna mengurangi rasa sakit dan peradangan nyeri pada derah engkel tersebut.

Berapa Lama Biasanya Cedera Ini Akan Sembuh?

berapa lama biasanya cedera engkel akan sembuh | | Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli
Foto: www.freepik.com

“Sayangnya, cedera ini tidak bisa diperkirakan jangka waktu penyembuhannya. Sebab, kesembuhan ini akan tergantung dari kategori cederanya,” ujar Coach Bibah.

Selain itu, cara penanganan yang dilakukan juga akan sangat memengaruhi waktu penyembuhan dari kondisi ini.

Oleh karenanya, seperti kata pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, maka kamu bisa mencegah agar tidak mengalami kondisi cedera yang satu ini.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan diri mengalami cedera engkel, di antaranya adalah:

  • Disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman dan sesuai dengan bentuk serta ukuran kaki
  • Cobalah untuk berolahraga dengan tujuan melatih otot-otot yang menunjang aktivitas sehari-hari, terutama bagian engkel
  • Dianjurkan untuk menghindari penggunaan high heels yang terlalu lama
  • Melakukan latihan mobility dan stability yang khusus untuk menunjang serta menguatkan engkel

Kesimpulan

cedera engkel | | Bolehkah Cedera Engkel Diurut? Ini Jawaban Dari Ahli
Foto: www.canva.com

Coach Bibah menuturkan bahwa sesungguhnya cedera ini merupakan salah satu cedera yang sering terjadi. “Oleh karenanya, disarankan untuk memberikan penanganan yang tepat, jangan sampai dibiarkan secara berkepanjangan karena hal ini bisa memperparah gejala yang dialami,” katanya.

Selain itu, Personal Trainer yang satu ini juga menganjurkan agar kita rutin untuk melakukan olahraga. Sebab hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.