13 Rekomendasi Primer Terbaik yang Berfungsi Sebagai Base Makeup

fungsi primer
Foto: www.freepik.com

Primer menjadi produk riasan wajah yang tidak asing bagi para perempuan. Pasalnya, produk ini menjadi kosmetik dasar yang diaplikasikan sebelum menggunakan riasan lain seperti foundation dan bedak. Fungsi primer itu sendiri adalah untuk membuat riasan menempel dengan sempurna sehingga membuat wajah terlihat segar dan flawless.

Fungsi Primer

fungsi primer | | 13 Rekomendasi Primer Terbaik yang Berfungsi Sebagai Base Makeup
Foto: www.freepik.com

Primer merupakan produk yang dapat menyamarkan pori-pori wajah, kerutan, dan warna kulit yang tidak rata. Sehingga fungsi primer adalah untuk membuat riasan terlihat lebih sempurna dan tampak lembut.

Selain itu, beberapa produk riasan wajah ini juga memiliki kandungan UV protection yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari, radiasi, dan polusi. Nantinya produk ini dapat mencegah munculnya masalah kulit seperti bintik hitam, kulit kusam, dan kulit kering.

Jenis Primer

jenis jenis primer | | 13 Rekomendasi Primer Terbaik yang Berfungsi Sebagai Base Makeup
Foto: www.freepik.com

Terdapat lima jenis primer yang perlu kamu ketahui, yakni:

Blurring atau Pore-Minimizing

Jenis primer yang satu ini berfungsi mengecilkan pori-pori pada wajah dan menyamarkan kerutan, sehingga wajah terlihat lebih mulus dan sempurna. Jenis ini bisasanya menggunakan bahan dasar silikon yang mengandung sedikit pelembap.

Color-Correcting

Fungsi primer yang satu ini berguna untuk meratakan warna kulit. Biasanya jenis ini memiliki dua pilihan warna yakni hijau yang dapat menyamarkan warna jerawat dan merah muda yang dapat mencerahkan area bawah mata.

Mattifying

Primer ini biasa digunakan oleh pemilik wajah berminyak karena akan memberikan hasil akhir matte. Jenis riasan dasar ini juga dapat menjaga wajahmu agar tidak terlalu berminyak, sehingga riasan wajah akan bertahan lebih lama.

Illuminating

Jika pecinta hasil makeup glowing dan lembap, maka kamu dapat memilih jenis illuminating yang dapat membuat wajahmu menjadi kilau yang natural. Pemilik kulit normal dan kering akan sangat cocok menggunakan jenis riasan wajah yang satu ini.

Hydrating

Pemilik kulit kering dapat mencoba produk dengan jenis yang satu ini. Sebab, riasanmu akan terlihat lebih halus dan kenyal, karena primer ini akan memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Cara Memilih Primer Sesuai Jenis Kulit

cara pilih primer | | 13 Rekomendasi Primer Terbaik yang Berfungsi Sebagai Base Makeup
Foto: www.canva.com

Terdapat beragam jenis primer yang beredar dipasaran dan sebelum memutuskan untuk membeli, kamu perlu menyesuaikan produk tersebut dengan kondisi kulit wajahmu.

Kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak perlu untuk memilih produk yang memberikan hasil akhir matte. Primer ini akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajahmu, sehingga membuat riasan tidak mudah luntur dan tahan lebih lama.

Kulit kering

Kondisi kulit kering perlu menggunakan primer dengan bahan pelembap sehingga akan membantu menempelkan riasan di atasnya. Selain itu, pemilik kulit kering juga dapat memilih produk yang memberikan efek glowing.

Kulit berjerawat

Sementara untuk kulit berjerawat disarankan untuk memilih produk yang mengandung non-comedogenic. Hal ini untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

Kulit kombinasi

Pemilik kulit kombinasi dapat memilih produk color-correcting yang dapat meratakan warna kulit. Kamu dapat mengurangi kemerahan pada kulit dengan menggunakan primer berwarna hijau di area tersebut. Kemudian menggunakan primer berwarna merah muda di bagian lainnya.

Cara Menggunakan Primer

cara memilih primer | | 13 Rekomendasi Primer Terbaik yang Berfungsi Sebagai Base Makeup
Foto: www.canva.com

Cara menggunakan produk riasan ini adalah dengan memastikan kulitmu terasa lembap sebelum mengaplikasikannya. Untuk itu kamu dapat menggunakan pelembap dan menunggu beberapa saat.

Kemudian mulai aplikasikan primer dengan mengoleskannya di beberapa bagian wajah secara merata. Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan foundation dan rangkaian riasan lainnya.

Rekomendasi Primer

Berikut 13 rekomendasi primer yang dapat kamu pilih.

Maybelline Baby Skin Pore Eraser

Primer yang satu ini memiliki formula yang ringan serta non-comedogenic. Produk ini juga mampu membantu mengecilkan pori-pori dan cocok untuk seluruh jenis kulit karena mengandung bahan yang mudah diserap oleh kulit.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan ekstrak cherry yang dapat menangkal radikal bebas.

NYX Pore Filler Primer

Primer ini memiliki fungsi sebagai dasar dari riasanmu yang dapat menyamarkan pori-pori wajah dan membuat tampilan wajah menjadi lembut sekaligus flawless.

Produk ini juga mengandung vitamin E dan formula yang bebas minyak sehingga mencegah wajahmu terlihat berkilap karena minyak.

Make Up For Ever UV Prime Daily Protective Make Up Primer

Keunggulan dari primer yang satu ini adalah kandungan UV protection yang tinggi sehingga dapat mengganti penggunaan tabir surya. Produk ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit dan sangat cocok digunakan untuk aktivitas di luar ruangan.

Givenchy Prisme Primer

Primer yang lembut ini dapat digunakan langsung sebelum penggunaan riasan. Dibuat dari ekstrak magnolia, ternyata bisa membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan pastinya berkilau.

Selain itu, lingkaran hitam pada mata juga bisa tersamarkan dengan baik. Jika kulitmu berminyak, tidak perlu khawatir karena formula produk ini dapat mengurangi minyak pada wajah.

Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer

Produk riasan wajah ini memiliki formula yang ringan dan breathable sehingga membantu pori-pori wajahmu dapat bernapas lega.

Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer juga cocok digunakan untuk seluruh tipe kulit dan dapat membuat kulit terasa halus dan lembut.

Becca First Light Priming Filter Instant Complexion Refresh

Tipe kulit normal dan kering dapat memilih primer yang satu ini karena akan membuat tampilan wajahmu terlihat segar, glowing, dan lembap. Hal ini dikarenakan kandungan shimmer yang pada kandungan Becca First Light Priming Filter Instant Complexion Refresh.

Selain itu, produk ini juga dapat membuat wajah terlihat cerah dan mengatasi kulit kusam pada wajah.

Make Over Powerstay Color Correcting Primer

Make Over Powerstay Color Correcting Primer merupakan produk yang cocok untuk semua tipe kulit. Produk dasar riasan wajah yang berwarna hijau ini efektif untuk meredam kemerahan yang ada pada kulitmu.

Selain itu, wajahmu juga akan terlihat lembut setelah mengaplikasikan primer ini.

Tarte Poreless Mattifying Primer

Pemilik kulit berminyak dapat mencoba primer dari Tarte yang diformulasikan dengan optical matte-blur technology. Sehingga memberikan hasil akhir yang matte dan dapat bertahan hingga dua belas jam.

Selain itu, produk ini juga mengandung formula waterproof sehingga tidak akan luntur meski terkena air atau keringat.

Benefit The POREfessional Face Primer

Benefit The POREfessional Face Primer dapat meratakan warna kulit dan menyamarkan pori-pori serta kerutan, sehingga membuat wajahmu terlihat lebih mulus. Produk ini juga dilengkapi dengan formula translucent yang membuat primer dapat menyatu dengan berbagai warna kulit.

Selain itu, riasan wajah ini juga dapat bertahan lama karena memiliki kandungan bebas minyak.

Innisfree No Sebum Blur Primer

Produk riasan dasar ini dapat menghasilkan kulit wajah yang bersih dan lembut, serta menutupi pori-pori dan kerutan pada wajah. Dengan mengandung mineral dan ekstrak mint, produk ini dapat mengontrol minyak berlebih dan menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, Innisfree No Sebum Blur Primer juga dapat membuat riasanmu lebih tahan lama.

Studio Tropik Priming Water

Berbeda dengan primer jenis lainnya, produk ini berbentuk cairan yang disemprotkan pada wajah. Dengan mengandung air mawar dan lidah buaya, Studio Tropik Priming Water dapat melembapkan kulit dan membuat wajah menjadi lebih lembut.

Produk ini juga menjadi multifungsi karena selain dapat digunakan sebelum pengaplikasian make up, kamu dapat menggunakannya sebagai setting spray dan face mist.

M.A.C Prep + Prime CC Colour Correcting

Primer yang satu ini memiliki fungsi seperti concealer yang dapat meratakan warna wajah. Produk ini juga dapat menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam pada kulit wajah, serta dilengkapi dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Estée Lauder Illuminating Perfecting Primer

Kulit dengan jenis kering dan normal dapat memilih produk Estée Lauder yang satu ini. Riasan wajah ini akan melembapkan, menghaluskan, sekaligus mencerahkan warna kulit. Yang terpenting adalah produk ini akan membuat riasanmu terlihat glowing dan bersih.