Selain Bikin Sedap Makanan, Ini 8 Manfaat Merica Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat merica
Foto: www.freepik.com

Bagi kamu yang senang memasak, tentu sudah akrab dengan aneka bumbu dapur dan kegunaannya. Merica pun menjadi salah satu bumbu yang paling sering digunakan sebagai bahan penambah rasa ini. Tak hanya itu, ternyata tanaman yang memiliki bentuk bulat ini juga bisa memberikan beragam dampak baik bagi tubuh. Berikut 8 manfaat merica yang bisa kamu dapatkan.

Apa Itu Merica?

manfaat merica
Foto: www.freepik.com

Merica merupakan salah satu bumbu yang paling umum digunakan hampir di seluruh dunia. Dengan bentuk bulat dan tekstur yang sedikit keras, biasanya bumbu dapur ini memiliki aroma yang cukup menyengat dan rasa yang pedas. Sehingga merica pun sering dianggap sebagai raja dari rempah-rempah.

Akan tetapi, sebagian orang sering kali menganggap bahwa merica dan lada merupakan hal yang sama. Lantas apakah hal tersebut benar?

Ternyata, merica yang sudah dihaluskan dan berbentuk bubuk memang disebut sebagai lada. Sehingga merica dan lada memang merupakan saudara kembar—dua bumbu dapur yang sama. Hanya saja berbeda pada bentuknya, karena merica berbentuk bulat dan keras, sementara lada merupakan merica yang telah dihaluskan.

Apa Manfaat Merica?

Foto: www.freepik.com

Ini 8 manfaat merica yang bisa kamu dapatkan.

Tinggi akan antioksidan

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh. Beberapa radikal bebas memang dibuat secara alami seperti ketika sedang berolahraga dan mencerna makanan. Namun radikal bebas yang berlebihan dapat terbentuk dari paparan polusi, asap rokok, dan sinar matahari.

Kerusakan dari radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang utama, seperti peradangan, penuaan dini, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu. Dan kabar baiknya, merica hitam kaya akan senyawa tanaman yang disebut dengan piperin yyang memiliki sifat antioksidan kuat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah atau menunda efek merusak dari radikal bebas.

Memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan yang kronis mungkin menjadi faktor yang mendasari banyak kondisi, mulai dari radang sendi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa piperin – senyawa aktif utama dalam lada hitam – dapat secara efektif melawan peradangan.

Bermanfaat bagi otak

Salah satu manfaat merica selanjutnya adalah bisa berdampak baik bag iota. Menurut sebuah studi, piperin menunjukkan manfaat potensial untuk gejala yang berkaitan dengan kondisi otak degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak piperin dapat mengurangi pembentukan plak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Namun tentunya penelitian pada manusia masih perlu dilakukan lebih jauh untuk melihat manfaat merica pada otak.

Mengontrol gula darah

Ternyata piperin juga dapat membantu meningkatkan metabolisme gula darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 86 orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi suplemen yang mengandung piperin serta senyawa lainnya selama 8 minggu, ternyata mengalami peningkatan sensitivitas insulin yang signifikan.

Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak lada hitam ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, termasuk kolesterol LDL (jahat). Selain itu, merica dan piperin diyakini dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki potensi menurunkan kolesterol, seperti kunyit dan beras merah ragi.

Melawan kanker

Menurut para peneliti, senyawa aktif yang ada dalam lada hitam mungkin memiliki sifat melawan kanker. Dalam sebuah penelitian tabung menemukan bahwa piperin dapat memperlambat aplikasi sel kanker payudara, prostat, dan usus besar.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Merica dapat meningkatkan penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan selenium, serta beberapa senyawa tanaman bermanfaat lainnya seperti teh hijau dan kunyit.

Meningkatkan kesehatan usus

Susunan bakteri yang ada dalam ususmu ternyata dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh, suasana hati, penyakit kronis, dan lainnya. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa kembarannya lada ini dapat meningkatkan bakteri baik yang ada di dalam usus.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Merica?

manfaat merica
Foto: www.rawpixel.com

Untuk mendapatkan manfaat merica, maka kamu bisa mengonsumsi tanaman yang bentuk bulat dan tekstur yang sedikit keras ini dengan menambahkannya sebagai bumbu dapur. Baik ditambahkan pada sup, atau pada daging yang akan dibakar. Berkat rasanya yang menyengat dan sedikit pedas, tentu merica bisa digunakan untuk menambahkan cita rasa pada makanan dan sebagai pengganti cabai.

Selain itu, beberapa produk perawatan tubuh juga mengandung black pepper yang akan memberikan beragam manfaat pada kulit, seperti mencegah penuaan dini misalnya. Untuk itu, kamu bisa mengaplikasikan produk tersebut pada kulit secara rutin sesuai dengan kebutuhan.

Namun untuk kamu yang meiliki masalah kulit seperti rosacea perlu berhati-hati mengonsumsi merica. Pasalnya, makanan dan minuman pedas merupakan termogenik, yang artinya memproduksi panas di dalam tubuh. Ini artinya, makanan seperti merica bisa memperparah kondisi rosacea.

Rekomendasi Produk

Bulldog Vetiver & Black Pepper Body Wash

Sabun pembersih tubuh ini menawarkan 100% wewangian alami, mulai dari merica hitam, jeruk segar, cengkeh, akar wangi, dan patchouli yang akan membuat kulit menjadi lembut, lembap, segar, dan nyaman. Produk ini khusus untuk laki-laki, sehingga cocok diberikan untuk pasangan atau teman baik yang suka dengan sabun mandi yang lembut dan segar.

Bliss Blood Orange & White Pepper Body Butter

Pelembap yang satu ini dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit dan berfungsi untuk membuatnya menjadi lebih halus, kenyal, dan lembut. Produk ini juga menawarkan aroma khas yang menyegarkan.

Meski diperkaya dengan tambahan shea butter untuk memerangi kekeringan dan pengelupasan, serta minyak kelapa yang melembapkan, akan tetapi body butter ini tidak meninggalkan bekas minyak pada kulit.

Plant Theraphy Black Pepper Magnolia Body Oil

Minyak yang dibuat dari merica, jeruk manis, dan magnolia ini dilengkapi dengan bunga matahari, jojoba, serta argan, sehingga dapat menghidrasi dan meremajakan kulitmu agar tampak lebih muda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengoleskan minyak ini setelah mandi secara rutin.

Huda Beauty Kayali Sweet Diamond Pink Pepper

Pembuat parfum ini adalah Mona Kattan, co-founder dari Huda Kattan. Menurutnya, ide pembuatan parfum dengan campuran manis dan pedas ini berasal dari ketika di 2018 mempelajari tentang bahan merica pink. Sejak saat itu, parfum ini telah melalui 25 modifikasi (tertulis di botolnya) sehingga menghasilkan wangi seperti sekarang ini: campuran floral, kayu dan aroma merica.

Byredo 1996 Eau de Parfum

Produk nostalgia dari 1996, tapi tetap saja memiliki banyak penggemar sampai sekarang. Mungkin karena wanginya yang bak surga berkat perpaduan elemen kulit, merica hitam, dan patchouli. Saat mnghirupnya, kamu akan bernostalgia, meski mungkin memorinya bukan dari tahun 1996.