Nasi vs Sereal: Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan?

Foto: www.gettyimages.com

Apa menu favorit sarapan pagimu di saat pandemik ini? Bubur ayam (plus sate hati ayam dan usus), mie ayam (pakai bakso dan pangsit)? Atau semangkuk sereal dicampur susu segar? Yum. LIMONE bertanya kepada seorang ahli gizi: manakah di antara keduanya yang paling sehat dan ideal menjadi menu sarapan pagi, nasi atau sereal?

Elyana, seorang nutrisionis, menjelaskan bahwa sarapan dengan nasi maupun sereal sama-sama bernutrisi. “Hanya saja nasi dan sereal itu sama-sama produk karbohidrat, alangkah lebih baiknya jika ditambahkan dengan asupan protein, mungkin dengan daging-dagingan, telur, keju atau susu.”

Itu yang direkomendasikan olehnya. Di sisi lain, Elyana ada makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi di pagi hari. Yakni, keripik-keripik atau ciki-cikian.

Lebih lanjut, Elyana menyampaikan bahwa sarapan dengan sereal cukup sehat untuk memenuhi nutrisi tubuh baik untuk anak-anak maupun dewasa.

nasi atau sereal
Foto: www.gettyimages.com

Menurutnya, apabila anak-anak dan dewasa mengonsumsi sereal untuk sarapan, biasanya mereka akan lebih bersemangat. “Jika kita mengonsumsinya sebagai sarapan pagi, tubuh lebih cukup berenergi untuk beraktivitas, serta pikiran lebih fokus karena adanya energi yang digunakan untuk berpikir,” terangnya.

“Tentu efektif dan sangat baik asalkan ditunjang dengan asupan protein hewani dan nabati lainnya,” ucap Elyana. “Selain sereal, menu sarapan baik lainnya adalah buah-buahan dan sayur,” tambahnya.

Akan tetapi jika tujuanmu, #resolusi2020, adalah mengecilkan lingkar pinggang, maka sereal bukanlah sarapan ideal. Pasalnya, sereal biasanya mengandung banyak gula, rendah karbo berkualitas, dan minyak yang terhidrogenasi serta adalah produk makanan olahan.

Eits, bukan berarti dilarang menyantap sereal, ya. Pastikan saja sereal yang kamu pilih sehat. Yakni, yang mengandung banyak serat (5 gram atau lebih) dan protein (kacang-kacangan dan biji-bijian) serta sedikit gula (kurang dari 5 gram). Hindari juga sereal dengan buah kering, karena mereka adalah penambah kalori gula. Untuk lebih sehat, tambahkan sendiri buah-buahan segar ke dalam sereal.

Selanjutnya: Apakah kamu sedang berdiet? jika kamu mengalami gejala-gejala ini, itu menandakan bahwa dietmu sudah berlebihan.

podcast button