Jadi, Apakah Memakai Maskara Tiap Hari Membahayakan Mata?

Foto: www.shutterstock.com

Maskara terbaik? Kamu sudah tahu. Cara memakainya agar terlihat sempurna? Kamu pun adalah ahlinya. Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya-tanya (misalnya, saat mengaplikasikannya di depan kaca): apakah memakai maskara tiap hari sehat bagi mata?

Pendapat Ahli…

Berbicara kepada The Sun Online, Ceri Smith-Jaynes, seorang optometris dan juru bicara dari Association of Optometrists, mengatakan maskara tiap hari bisa menyebabkan kerusakan serius pada matamu. Wadaw! Eh! Ooops! Tenang, jangan panik dulu (tuh ‘kan, maskaramu jadi berantakan!). Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemakaian konstan produk ini bisa mengakibatkan “infeksi serius” dan bahkan merusak “selaput air mata.” Pasalnya, kosmetik apa pun yang dipakai di sekitar area mata bisa bermigrasi ke dalam mata dalam waktu beberapa menit saja.

James Chelnis, M.D., seorang ahli bedah okulofasia dari New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, juga menjelaskan kepada mind body green bahwa pemakaian produk ini tiap hari bisa melukai kelopak mata, yang pada akhirnya bisa menyakiti mata. FYI, kelopak mata memiliki fungsi super penting karena di dalamnya terdapat tiga kelenjar: air (air mata), mukus (lendir), dan minyak. Dan unsur terakhir ini sangat penting karena menjaga mata tetap terhidrasi.

Jadi, Kesimpulannya…

Dan apa pengaruh maskara terhadap area kelopak mata? Cairan produk ini bisa menyumbat pori-pori di area tersebut, sehingga produksi minyak berkurang. “Tidak hanya menyebabkan kekeringan, tapi juga menimbulkan bintil dan inflamasi pada kelopak mata,” jelas Chelnis. Dan akan lebih serius jika tidak dibersihkan dengan benar dari mata. Jadi, pastikan kamu melepaskan sisa-sisa maskara—setiap hari—dengan produk yang super lembut (seperti minyak zaitun)—untuk mengurangi risiko iritasi dan inflamasi.

Selain itu, ada saran yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Pertama, memilih clean product karena kulit di sekitar mata sangat tipis sehingga mudah menyerap apa pun. “Dan dengarkan, meski itu areanya kecil dan serapan dari setiap aplikasi tidak banyak, tapi bisa menumpuk,” saran Keira Barr, M.D., seorang dermatolog holistik. Kedua, singkirkan maskaramu yang sudah dibuka dan sudah berumur lebih dari dua bulan—dan jangan pernah menggunakan maskara orang lain. Maskara lama dan kebiasaan berbagi maskara bisa menyebabkan infeksi.

Rekomendasi Produk Maskara

Diorshow Iconic Overcurl Mascara

L’Oreal Voluminous Lash Paradise Lengthening Washable Mascara

Maybelline New York Full ‘N Soft Waterproof Mascara

Too Faced Better Than Sex Waterproof Mascara

Tarte Gifted Amazonian Clay Smart Mascara

Lancôme Hypnôse Drama Waterproof Mascara

Benefit They’re Real Mascara

podcast button