12 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berminyak dan Bruntusan

facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan
Foto: www.canva.com

Setiap orang memiliki masalah kulitnya masing-masing, mulai dari komedo, berjerawat, hingga berminyak. Untuk itu, kamu wajib memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit, termasuk saat membeli pembersih wajah. Berikut 12 rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan yang bisa kamu pilih.

Penyebab Kulit Berminyak dan Bruntusan

facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, terdapat berbagai penyebab kulit berminyak dan bruntusan.

Kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, penyebab pertama adalah faktor genetik atau keturunan yang berasal dari keluarga. Selain itu, ukuran pori-pori wajah yang membesar juga bisa menjadi faktor penyebab dari masalah kulit yang satu ini.

Karena pada wajah berminyak, kelenjar sebasea akan menghasilkan sebum atau minyak alami yang lebih banyak. Hal ini juga bisa disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan hormon, sehingga membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan.

Kulit bruntusan

Penyebab munculnya bintik-bintik kecil yang menonjol pada kulit ini bisa juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jerawat kecil yang biasanya muncul di dahi, hidung dan dagu ini umumnya dipengaruhi karena adanya komedo, iritasi wajah dermatitis, atau milia.

Akan tetapi, masih banyak hal yang bisa memicu munculnya bruntusan di wajah dan terkadang kondisinya akan menyerupai dengan masalah kulit lain. Sehingga ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Memilih Facial Wash

facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan 14 | | 12 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berminyak dan Bruntusan
Foto: www.canva.com

Cara memilih facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat memang tidak boleh asal-asalan. Soalnya, produk ini akan menjadi kunci yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut langkah yang bisa kamu tiru:

Perhatikan bahan aktifnya

Jangan lupa untuk memilih sabun cuci muka dengan melihat bahan-bahan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan aktif yang disarankan untuk kulit berminyak dan bruntusan adalah asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, niacinamide, gliserin, dan hyaluronic acid.

Nantinya, kandungan tersebut dapat membantu mengatur produksi sebum atau minyak alami di wajah, sehingga bisa mencegah munculnya bruntusan.

Pilih produk oil-free dan nonkomedogenik

Paling penting, pilihlah produk yang memiliki label bebas minyak (oil-free) atau nonkomedogenik. Sebab keduanya tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Sehingga sangat cocok untukmu yang memiliki masalah kulit berminyak dan bruntusan.

Hindari kandungan alkohol

Selain kulit sensitif, pemilik kulit berminyak dan bruntusan juga sebaiknya tidak menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung alkohol. Sebab, bahan tersebut bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Rekomendasi Sabun Pembersih Wajah

Berikut 12 rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan:

Alpha-H Clear Skin Daily Face and Body Wash

Pembersih wajah berbahan gel ini mengandung campuran ekstrak herbal antibakteri yakni thyme, tea tree, dan eucalyptus yang berfungsi untuk membantu mengurangi minyak berlebih.

Produk yang mengandung asam salisilat ini akan sangat cocokmu yang memiliki tipe kulit berminyak dan tengah mengalami bruntusan.

Foreo Micro-Foam Cleanser

Produk pencuci wajah dengan tekstur busa ini dapat mengangkat kotoran dari dalam pori-pori sehingga mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Tak hanya itu, facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan ini juga dapat menghilangkan kotoran dan sebum berlebih, membuat kulit pun menjadi lebih bersih.

Laneige Homme Active Water Foam Cleanser

Rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan selanjutnya adalah Laneige Homme Active Water Foam Cleanser. Produk yang satu ini diperkaya dengan busa yang dapat membersihkan pori-pori dan melembapkan kulit.

Berkat hal tersebut, pori-pori pun tidak tersumbat dan mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Mario Badescu Acne Facial Cleanser

Pemilik kulit berminyak dan bruntusan sangat disarankan untuk tidak melewatkan produk yang satu ini. Sebab Mario Badescu Acne Facial Cleanser memang dirancang untuk membantu eksfoliasi kulit yang diperkaya dengan asam salisilat.

Selain itu, produk ini juga mengandung lidah buaya dan chamomile yang dapat membuat kulit yang meradang

Glamglow Supercleanse Clearing Cream-to-Foam Cleanser

Punya berbagai masalah kulit berminyak? Cobalah untuk menggunakan produk Glamglow Supercleanse Clearing Cream-to-Foam Cleanser.

Sebab pembersih wajah ini mengandung arang yang dapat mendetoksifikasi kulit dengan menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa riasan yang menyumbat pori-pori.

Nantinya, tampilan pori-pori pun dapat berkurang, dan pastinya tekstur wajah menjadi lebih halus, lembut, dan bercahaya.

Nudestix Gentle Hydra Gel Face Cleanser

Meski tidak berbahaya, terkadang bruntusan akan menimbulkan rasa yang gatal. Untuk itu, kamu bisa menggunakan produk yang satu ini karena dapat menenangkan kulit.

Tak hanya itu Nudestix Gentle Hydra Gel Face Cleanser juga mengandung gliserin yang dapat membantu membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Menariknya, produk ini memiliki kemasan yang ramah lingkungan dan mudah untuk dibawa berpergian, karena ukurannya tidak terlalu besar.

Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash

Facial wash yang satu ini mengandung oat yang dapat membantu mengangkat kotoran secara maksimal hingga ke dalam pori-pori. Sehingga nantinya mencegah timbulnya komedo yang menjadi penyebab bruntusan.

Tak perlu khawatir kulit menjadi kering setelah menggunakan produk ini, karena di dalamnya terdapat kandungan susu yang dapat membuatnya menjadi lembut.

Joylab Gotta Matcha Facial Wash

Berkat kandungan sweet almond oil dan ekstrak oat, membuat sabun ini dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Serta pastinya mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit.

Wajah juga akan lebih segar, bersih, dan bercahaya karena ekstrak witch hazel dan pro vitamin B5 yang ada di dalamnya.

Sukin Blemish Control Clearing Facial Wash

Kelebihan dari facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat ini terbuat dari bahan alami yang akan terasa lebih lembut untuk kulit.

Kandungan yang ada di dalamnya terdiri dari eucalyptus, tea tree, dan pomegranate yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan membersihkan kulit secara lembut namun tetap maksimal.

Innisfree Bija Trouble Facial Foam

Sengaja dirancang dengan nonkomedogenik, produk ini akan sangat cocok untuk digunakan bagi pemilik kulit berminyak dan bruntusan. Manfaat minyak bija yang ada di dalamnya juga dapat meningkatkan kondisi kulit menjadi lebih baik.

Diformulasikan dengan asam salisilat, menjadikannya mampu mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut, sekaligus membersihkan pori-pori secara optimal.

The Bath Box Salted Honey Moisturizing Facial Wash

Sabun pembersih wajah ini mengandung sea salt dan 35% madu asli yang dapat mengangkat sisa-sisa kotoran dengan maksimal tanpa membuat kulit terasa kering.

Tak berhenti di sana, ekstrak edelweiss dan glisern yang ada di dalamnya juga dapat bermanfaat untuk kulit berminyak.

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Pemilik wajah yang cenderung berjerawat dan berminyak, jangan sampai ketinggalan untuk memakai produk yang satu ini. Karena, Cetaphil Oily Skin Cleanser tidak mengandung pewangi dan dapat membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Bahkan ternyata pembersih wajah ini terbukti secara klinis mampu mengurangi sebum dalam waktu dua minggu.