Harus Baca: Untuk yang Ingin Mengecilkan Betis

Foto: www.shutterstock.com

Di dunia yang ideal, kita semestinya puas dengan ukuran betis masing-masing. Namun, apa dikata keinginan manusia lebih banyak daripada kekayaan Melinda Gates. Setiap kali melihat ukurannya yang sebesar pohon kelapa, ah… hati menciut menjadi sekecil biji kelengkeng. Perlu diperhatikan ada beberapa faktor penyebab betis menjadi besar, misalnya karena timbunan lemak maupun faktor keturunan. Namun, jika salah satu wish list kita adalah mengecilkan betis, adakah caranya? … Ada.

Bagaimana Caranya?

Robin Sinurat, seorang GGX instruktur dari Golds Gym Indonesia, menjelaskan bahwa untuk mengecilkan betis, kamu sebaiknya memilih jenis olahraga yang menggunakan otot kaki/betis. Misalnya, “running, cycling, aerobic. Dan olahraga permainan seperti basket, volley, tennis, bulutangkis, dan sejenisnya,” ucapnya.

Robin juga menyebutkan calf-raises juga bisa membantu mengecilkan betis! Tidak perlu ke gim, olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan di mana pun! Dengan alat atau pun tanpa alat tambahan.

“Cara latihannya cukup mudah, kita hanya berdiri atau duduk dengan posisi telapak kaki jinjit. Angkat tumit naik turun, sampai terasa otot betisnya sedikit pegel berasa panas. Lakukan 3-4 set, dan tiap setnya15-20 pengulangan,” jelas Robin ketika kepada LIMONE ketika dihubungi lewat WhatsApp.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan…

Selain berolahraga, ternyata makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh besar terhadap ukuran betis, lho. Untuk mengurangi lemak pada betis, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Makan lebih banyak protein tanpa lemak, biji-bijian dan sayuran segar.

“Makanan pasti berhubungan dengan seluruhnya yang ada di badan kita. Jika aktivitasmu rendah, kurangi makanan yang mengandung minyak/lemak. Sebaliknya, jika kamu sering beraktivitas sesuaikan berapa banyak makanan yang diperlukan dengan tenaga yang kamu keluarkan. Untuk info jelasnya minta saran dari ahli gizi,” sarannya.

Beberapa Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Betis

Dikutip dari sfidn.com, berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan agar betis ramping tidak hanya menjadi ‘wishlist‘ tapi kenyataan.

  • Pilates

    Olahraga pilates ini merupakan salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk mengecilkan betis. Gerakan peregangan dan penguatan otot betis yang dilakukan akan membuat betis menjadi lebih ideal.

  • Kardio

    Jenis olahraga selanjutnya adalah olahraga kardio. Olahraga ini terdiri dari berbagai jenis dimulai dari berlari, berenang, jalan cepat, dan olahraga lain. Intinya yang melibatkan ketahanan dan penggunaan kaki dan betis ketika melakukannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara rutin.

  • Ankle Circle

    Olahraga ini cukup sederhana dan tujuannya untuk membakar lemak di sekitar betis. Berikut cara melakukan latihan ankle circle:
    – Mulai dengan duduk di atas kursi dengan posisi tubuh yang tegak.
    – Selanjutnya angkat salah satu kaki kalian sejajar dengan permukaan lantai.
    – Putarlah pergelangan kaki yang telah terangkat tadi searah dengan jarum jam sebanyak 6 kali putaran.
    – Ulangi langkah di atas dengan kaki satunya.

  • Berlatih menggunakan elliptical trainer

    Latihan ini bisa melatih otot bagian quadriceps sekaligus membakar lemak di sekitar betis kalian. Lakukanlah secara rutin dan semangat agar hasilnya lebih efektif dan terlihat.

Selamat mencoba, ya! Jangan lupa bagikan ceritamu tentang usahamu mengecilkan betis. Dan jangan lupa juga baca juga tips ini jika kamu butuh ide untuk mendandani rumah.