Kapan Saat yang Tepat Melakukan Kardio? Ini Jawabannya

melakukan kardio di pagi hari
Foto: www.gettyimages.com

Meski memang olahraga baik dilakukan kapan saja, tetapi sepertinya pagi hari adalah saat yang tepat melakukan kardio. Yep, ini ada hubungannya dengan jam biologis dan level kortisol. Hormon yang diberi nama hormon steroid ini berada pada level lebih tinggi di pagi hari. Hormon ini jugalah yang membuat tubuh bangun dan siap menjalani hari.

Allison Brager, Ph.D, seorang ahli saraf dan fisiologi dari National Collegiate Athletic Association di Amerika Serikat, menuliskan di National Academy of Sports Medicine (NASM) bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan rutinitas kardiomu. “Kartisol membebaskan persediaan energi, glukosa dan terutama lemak, sehingga kardio lebih mudah dilakukan dan latihan yang lebih tinggi pun lebih mudah dicapai,” tulisnya.

Bagaimana dengan angkat beban? Brager menyarankan untuk melakukannya pada sore hari. “Pada sore hari, norepinephrine dan lonjakan adrenalin akan membantu melatih otot lebih mudah. Faktanya, dalam sebuah studi terhadap atlet angkat beban elit, dibutuhkan stimulan peningkatan performa (kafein) di pagi hari untuk mencapai performa angkat beban yang sama dengan level di sore hari,” jelasnya. FYI, norepinephrine adalah hormon dan juga sekaligus neurotransmitter dari sistem sympathetic nervous. Salah satu peran utamanya adalah meningkatkan kontraksi detak jantung.

Brager juga menekankan bahwa ada baiknya mendengarkan jam biologis saat melakukan olahraga. Bahwa dengan mengetahui apakah kamu seorang ‘morning person‘ dan ‘night owl‘ maka hasil lebih baik akan tercapai saat melakukan sesuatu. Termasuk, olahraga.

Oh, satu lagi: Usahakan untuk konsisten saat berolahraga, termasuk soal waktu. Jika lebih suka berolahraga di pagi hari, sebisa mungkin tepati jadwal yang sudah kamu tetapkan. “Konsistensi membantu jam biologis bekerja dengan sinkron, sehingga perilisan hormon, perbaikan otot dan pemulihan simpanan energi bisa diatur, diprioritaskan dan dieksekusi sebaik mungkin.”

Itu ya, tentang kapan saat yang tepat melakukan kardio. Sementara ini adalah panduan yang wajib kamu baca sebelum mencoba angkat beban. Dan ini adalah rekomendasi sepatu terbaik agar betah di gim.

podcast button