Sering Digunakan untuk Masak, Ini 11 Manfaat Minyak Zaitun Asli

minyak zaitun asli
Foto: www.freepik.com

Apa yang biasa kamu lakukan dengan minyak zaitun asli? Mungkin kebanyakan orang akan mengoleskannya pada roti atau digunakan untuk memasak, karena minyak alami ini memiliki fungsi yang beragam.

Selain itu, terdapat banyak manfaat minyak zaitun asli yang bisa kamu dapatkan untuk tubuh hingga kulit. Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan dampak baik dari olive oil.

Apa Itu Minyak Zaitun Asli?

minyak zaitun asli
Foto: www.freepik.com

Minyak ini berasal dari buah zaitun, yang merupakan tanaman tradisional daerah Mediterania. Biasanya minyak alami ini digunakan untuk memasak, bahan riasan, obat-obatan, atau bahkan menjadi bahan bakar lampu tradisional.

Minyak zaitun asli atau yang sering disebut dengan istilah extra virgin olive oil ini merupakan minyak yang diekstrak dengan menggunakan metode alami tanpa pelarut. Sehingga memiliki rasa yang berbeda dan kaya akan antioksidan.

Untuk itu, extra virgin olive oil dianggap sebagai minyak zaitun murni dengan kualitas tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Keunggulan dari minyak zaitun asli juga ternyata cukup tahan terhadap panas yang tinggi. Dalam sebuah penelitian yang memanaskan extra virgin olive oil hingga 356 F selama 36 jam, menunjukkan bahwa minyak tersebut sangat tahan terhadap kerusakan.

Sementara minyak zaitun biasa, butuh 24-27 jam untuk mencapai tingkat kerusakan yang dianggap berbahaya.

Meski minyak zaitun asli lebih sehat dan bermanfaat, namun banyak produk yang memiliki label bertuliskan extra virgin tetapi ternyata telah diencerkan dengan minyak olahan lainnya. Untuk itu, kamu perlu hati-hati ketika membeli minyak zaitun asli, dan pastikan membaca daftar bahan yang terkandung di dalam produk tersebut.

Apa Manfaat dari Minyak Zaitun Asli?

Foto: www.pexels.com

Meski minyak zaitun sering digunakan dengan cara yang berbeda-beda, akan tetapi biasanya minyak alami yang memiliki rasa enak ini akan cocok ditambahkan ke salad, roti, atau pun pengganti minyak goreng.

Jenis lemak utama dalam minyak zaitun, sebagian besar terdiri dari asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal, yang sering kali disebut sebagai lemak yang menyehatkan.

Dalam satu sendok makan atau setara dengan 13,5 gram minyak zaitun mengandung 119 kalori, 13,5 gram lemak, 1,9 mg vitamin E, 8,13 mcg vitamin K, dan kalsium, kalium serta polifenol.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun asli yang dapat berdampak baik bagi tubuh.

Kaya akan lemak tak jenuh tunggal

Minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun ini mengandung sekitar 14% lemak jenuh, sedangkan 11%nya merupakan lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Namun, asam lemak utama dalam minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang disebut dengan asam oleat, yang merupakan 73% dari total kandungan minyak.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa asam oleat mampu mengurangi peradangan dan memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Mengandung antioksidan

Minyak zaitun asli ternyata mengandung asam lemak yang bermanfaat serta vitamin E dan K. Tidak hanya itu, minyak alami ini juga kaya akan antioksidan yang kuat, sehingga dapat mengurangi risiko penyait kronis, seperti kanker.

Selain itu, olive oil juga dapat membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat

Peradangan yang kronis dianggap sebagai pemicu utama berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, dan diabetes tipe-2. Kabar baiknya, minyak zaitun asli dapat mengurangi peradangan dan mencegah munculnya penyakit-penyakit tersebut. Efek anti-inflamasi utama akan dimediasi oleh antioksidan.

Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa dalam 3,4 sendok makan atau sebanyak 50 ml minyak zaitun asli memiliki efek yang sama dengan 10% dari dosis ibuprofen. Studi lain menunjukkan bahwa antioksidan yang ada dalam minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang bisa mendorong peradangan.

Membantu mencegah stroke

Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara ekstensif. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

Sementara dalam studi lain yang membuktikan pada 140.000 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Perlindungan terhadap penyakit jantung

Miyak zaitun asli merupakan salah satu bahan utama dalam diet yang terbukti secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, minyak alami ini juga dapat melindungi kolesterol LDL (jahat) dan membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Ekstrak dari buah zaitun itu juga telah terbukti menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan obat tekanan darah sebesar 48%.  

Tidak terkait dengan penambahan berat badan

Meski makanan lemak yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, namun dalam sebuah studi yang dilakukan selama 30 bulan yang mengonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada 187 peserta menemukan bahwa diet yang kaya akan minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan kadar antioksidan dalam darah, serta penurunan berat badan.

Melawan penyakit Alzheimer

Manfaat minyak zaitun asli ternyata dapat berdampak baik bagi fungsi otak. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa dalam minyak alami ini dapat membantu menghilangkan plak yang ada di dalam sel otak, yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Mengurangi risiko diabetes

Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek yang menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin. Sementara uji klinis yang dilakukan pada orang-orang sehat menunjukkan bahwa terdapat adanya efek perlindungan ketika mengonsumsi olive oil.

Memiliki sifat anti kanker

Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang mana diyakini sebagai pemicu utama penyakit kanker. Terdapat beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun bisa melawan sel kanker.

Mengobati penyakit autoimun

Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian yang nyeri. Meski penyebab pastinya belum dipahami dengan baik, tetapi penyakit ini melibatkan sistem kekebalan yang dapat menyerang sel normal. Suplemen minyak zaitun dapat meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis.

Sifat antibakteri

Ekstrak zaitun ini mengandung banyak nutrisi yang bisa menghambat atau membunuh bakteri berbahaya, salah satunya adalah helicobacter pylori yang hidup di dalam perut dan menyebabkan sakit maag.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun asli yang diminum setiap hari dapat menghilangkan infeksi H.pylori pada 10-40% orang hanya dalam dua minggu.

Selain itu, jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, maka menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun ternyata dapat mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebabnya. Selain itu, minyak alami ini juga dikenal untuk melembapkan kulit.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Zaitun Asli?

minyak zaitun asli
Foto: www.pexels.com

Terdapat beberapa tips untuk menggunakan minyak zaitun asli, di antaranya:

  • Menambahkan ke dalam salad
  • Mengoleskan di atas roti
  • Menggunakan sebagai pengganti minyak ketika menggoreng

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggoreng makanan dengan minyak zaitun dapat membantu mempertahankan dan bahkan meningkatkan nilai gizi dari minyak alami ini. Karena, makanan akan mengambil zat antioksidan yang ditransfer dari minyak.

Sementara untuk mendapatkan manfaat dari ekstrak buah zaitun untuk kulit, maka kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung olive oil.

Rekomendasi Produk

The Body Shop Olive Exfoliating Cream Body Scrub

Untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran, tentunya kamu bisa menggunakan scrub eksfoliasi yang satu ini. Pasalnya, produk ini diperkaya dengan minyak zaitun asli yang diformulasikan dengan tekstur berbentuk seperti krim. Kulit pun akan terasa lebih halus dan lembut setelah pemakaian.

Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Sabun pembersih wajah ini mengandung nutrisi olive organik yang kaya akan pelembap dan vitamin. Dengan tekstur yang lembut, tentunya dapat membantu menghapus sisa make up dan mengangkat kotoran serta pori-pori yang terseumbat.

Serious Skincare Olive Oil Moisture Cream

Diformulasikan dengan minyak zaitun murni serta bahan lainnya, pelembap ini mudah meresap ke dalam kulit untuk membantunya menjaga kelembapan. Kulit pun akan terasa halus serta terhidrasi dengan baik, sehingga bye-bye kulit kering dan kusam.

Wardah Pure Olive Oil

Produk multifungsi ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah, melembapkan bibir, menyamarkan kantung mata, serta mengurangi kerutan dan garus-garis halus. Hal ini berkat kandungan pure olive oil-nya, yang ringan dan tentu saja tidak meninggalkan bekas lengket setelah pemakaian.