Ciptakan Ruang Baca Nyaman dengan 6 Tips Ini

Foto: www.shutterstock.com

ICYDK, membaca buku bisa membuat kamu lebih berempati. Rileks. Membantu memori lebih tajam. Plus, membuatmu tidur lebih nyenyak. Yang ini juga berlaku untuk anak-anak.

Nah, bagaimana caranya agak terdorong untuk membaca lebih sering di rumah? Menjauhkan diri sebentar dari sosial media dan meraih buku-buku yang selalu kamu beli tiap tahun—tapi hanya Tuhan yang tahu kapan akan dibaca? Berikut beberapa tips agar sebuah sudut di rumah bisa menjadi ruangan membaca yang nyaman dan aman (dari gangguan notifikasi Instagram).

Kreasikan agar Ruangan Tenang

SoiyaSoy Scented Candle – Full Size 200 gr

Kondusif adalah salah satu syarat agar membaca bisa melaju seperti jaringan internet 5G. Jadi memilih ruang yang tepat, jauh dari keributan merupakan hal yang pertama kamu perhatikan. Pilihlah ruangan yang memiliki atap plafon tinggi dan ruang yang cukup untuk menempatkan rak buku. Kamu juga bisa memanfaatkan ruangan-ruangan nanggung, misalnya area di bawah atau samping tangga.

Pilih Rak Buku yang Tepat

Fabelio – Rak Leander Series B

Ada buku, ada rak. Ini berguna agar koleksimu tersebut tetap dalam kondisi dengan baik. Juga, membuat “perpustakaan” pribadimu lebih rapi. Jika ruangan terbatas, kamu bisa memasang rak buku di dinding. Gaya penyusunan buku bisa bermacam; ada yang mengurutkan berdasarkan subjek, abjad, warna bahkan ukurannya.

Pilih Cat Ruangan agar Lebih Kondusif

InformaApetite Set Mug Cappucino 580 Ml 3 Pcs

Ini mungkin langkah yang cukup ekstrim, tapi bila perlu cat ulang ruangan yang kamu pilih menjadi sudut membaca di rumah. Carilah warna yang menambah kesan semangat—atau warna favoritmu. Lalu, padupadankan dengan tiga warna lainnya dalam bentuk furnitur maupun ornamen hias yang ingin kamu tambahkan. Tips: gunakan warna netral untuk bagian furnitur yang berukuran besar.

Tidak Kalah Penting: Perhatikan Pencahayaan

Informa – Fenet Lampu Lantai

Pencahayaan yang kurang tepat akan membuat aktivitas membaca menjadi tidak nyaman. Jadi, pastikan ruangan tersebut dekat dengan jendela atau memilliki lampu cukup terang. Kamu bisa menempatkan lampu baca pada meja atau berikan lampu kecil pada bagian rak buku. Pilih lampu yang sesuai desain dengan furnitur lain di ruangan itu.

Tambahkan Pernak-Pernik Mendukung

FabelioGreat Minds Wall Art

Agar ruang bacamu lebih “mengundang”, tambahkan pernak-pernik unik lain. Salah satunya menempelkan jam dinding atau pajangan berupa kata-kata inspirasi.

Untuk ruangan berukuran kecil, pajang foto-foto favoritmu dengan bentuk bingkai yang menarik. Selain itu, kamu bisa juga pertimbangkan untuk mendekorasi ruang baca dengan pernak-pernik dengan warna tembaga untuk kesan hangat dan elegan. Warna ini akan sangat cocok jika dipadukan dengan elemen berbahan kayu. Untuk ruang baca kecil, kuncinya adalah tidak menambahkan terlalu banyak aksesoris warna-warni. Meski sebenarnya, yah… ruang bacamu = hias sesukamu.

Lengkapi dengan Furnitur Cantik dan Nyaman

Fabelio Joe 3 Seater Sofa (Blue Jay)

Pilih perlengkapan yang menambah kenyamanan membaca, seperti sofa, daybed, atau karpet empuk. Tambakan furnitur sesuai ukuran ruangan yang tersedia. Jika ruangannya terbatas, pilihlah meja dan kursi yang minimalis. Atau gunakan sofa dan karpet beserta bantal-bantal yang berwarna-warni bila ruang bacamu cukup luas. Diyakini, bahwa penggunaan karpet serta gorden di ruang membaca bisa mengurangi kebisingan.

Urban QuarterFio Home Batik Blue Rug

Selamat mencoba tips, di atas ya! Dan seandainya selama ini kamu ingin mencoba retinol tapi ragu—coba baca tips super berguna dari ahli kulit ini.

podcast button